Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Smartphone Android Gratis Penunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Aplikasi Smartphone Android Gratis Penunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Apliksi smartphone android gratis untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan bisa diunduh di Google Play Store. Ada 11 aplikasi smartphone android gratis yang direkomendasikan.

Di era digital sekarang ini, kemajuan teknologi turut berkontribusi dalam berbagai aspek, termasuk mendukung kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan.

Selama bulan Ramadhan, umat muslim biasanya selalu berupaya untuk meningkatkan kegiatan ibadahnya.

Untuk menunjang ibadah tersebut, tidak ada salahnya mengunduh aplikasi gratis penunjang ibadah puasa yang bisa membantumu menjadi lebih baik lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Google Play Store menyiapkan sejumlah aplikasi android yang bisa digunakan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan, berikut ini rekomendasinya.   

Aplikasi Smartphone Android Gratis Penunjang Ibadah Ramadhan

Muslim Pro-Ramadhan 2020

Aplikasi ini cukup lengkap dan banyak fitur pilihan, seperti pengingat adzan, pengatur waktu shalat, serta dan pengingat waktu Imsak dan Iftar saat Ramadhan.

Selain itu, ada juga fitur kalender Hijriah, penunjuk arah kiblat, Al-Qur’an berikut terjemahannya, fonetik, audio, dan tasbih digital guna menghitung zikir.

Shaum

Shaum merupakan salah satu aplikasi smartphone Android gratis sebagai penunjang ibadah puasa Ramadhan.

Aplikasi Shaum ini artinya puasa yang bisa digunakan sebagai alarm pengingat jadwal waktu imsak dan berbuka puasa atau iftar.

Dengan aplikasi Shaum pengguna bisa maksimalkan ibadahnya selama bulan Ramadhan, sehingga pengguna tidak ketinggalan momen terbaik.

Mengunduh aplikasi ini gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Untuk bisa mengunduh aplikasi ini, ponsel androidmu harus memiliki versi 4.2 Jelly Bean.

Al Qur’an Tajwid

Aplikasi smartphone Android gratis penunjang ibadah di bulan Ramadhan yang berikutnya ada Al Qur’an Tajwid.

Aplikasi Al-Qur’an ini dilengkapi tajwid berwarna yang menawarkan sejumlah fitur, dari mulai Tafsir Al-Muyassar lengkap dengan 30 juz.

Serta variasi Murottal dapat diunduh per surah, dan Murottal juga bisa dijalankan sesuai dengan ayat yang sedang diputar.

Qur’an for Android

Aplikasi smartphone Android gratis yang satu ini sesuai namanya sebagai penunjang ibadah puasa di bulan Ramadhan terbaik.

Hal itu karena selama bulan Ramadhan biasanya orang-orang suka melaksanakan kegiatan tadarusan atau mengaji bersama.

Namun, karena mungkin kamu terlalu sibuk sehingga malas jika membawa Al-Qur’an, dan nantinya kamu tidak akan mengaji saat ada waktu luang.

Nah, bagi kamu yang pekerjaannya super sibuk dan tidak mau ribet, kamu bisa mengunduh aplikasi Qur’an for Android di Google Play Store.

Aplikasi Qur’an ini sangat praktis, mudah dibaca, dan bisa dibawa kemana pun. Aplikasi ini juga terhitung ringan, sehingga kamu tak perlu takut memori ponsel penuh.

Marbel-Panduan Puasa Ramadhan

Aplikasi Marbel merupakan aplikasi smartphone Android gratis yang biasa digunakan para orang tua melatih anaknya belajar berpuasa.

Di dalam aplikasi ini ada sejumlah materi ibadah puasa, seperti penjelasan mengenai puasa, keutamaan di bulan Ramadhan.

Kemudian, amalan yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadhan, serta masih banyak lagi beragam materi yang disajikan.

Semua materi tersebut ditampilkan dengan ilustrasi animasi yang menarik, sehingga dapat mempermudah anak-anak belajar.

Buku Saku Ramadhan

Aplikasi smartphone Android gratis berikutnya adalah aplikasi Buku Saku Ramadhan yang menyediakan beragam informasi seputar Ramadhan.

Termasuk pula materi mengenai keutamaan puasa, keutamaan Ramadhan, syarat wajib berpuasa, shalat tarawih, doa-doa.

Kemudian, materi mengenai amalan-amalan utama di bulan Ramadhan, dan malam Lailatul Qadar.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat memperkaya wawasan serta ilmu pengetahuan seputar bulan Ramadhan.

Masjeed

Perjalanan jauh tidak menjadi penghalang bagi kamu untuk tetap menjalankan ibadah dengan maksimal.

Aplikasi Masjeed merupakan aplikasi smartphone android gratis untuk menunjang ibadah puasa dan membantu kamu saat menempuh perjalanan jauh.

Aplikasi Masjeed memberikan informasi mengenai lokasi masjid terdekat saat kamu berada dalam perjalanan.

Qibla Compass

Aplikasi Android ini wajib kamu punya di bulan Ramadhan, karena puasa erat kaitannya dengan kebiasaan berbuka bersama.

Kalau lokasi untuk berbuka bersama ternyata jauh dari masjid, dan kamu bingung arah kiblat, maka dengan aplikasi Qibla Compas kamu tak perlu khawatir lagi.

Karena, aplikasi ini dibuat untuk menunjukkan dan memudahkan pengguna mengetahui arah kiblat saat sedang tidak berada di dalam masjid.

Panduan Tarawih dan Do’a Ramadhan

Aplikasi Panduan Tarawih dan Do’a Ramadhan ini adalah aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan dengan menyediakan beragam do’a lengkap dengan terjemahan.

Aplikasi ini khusus untuk panduan salat tarawih dan do’a Ramadhan. Terdapat fitur tips dan informasi yang berguna dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. 

Aplikasi Tarawih dan Do’a Ramadhan yang bisa memaksimalkan ibadah puasa ini hanya tersedia untuk smartphone Android.

Lagu Ramadhan 2020 Offline

Rekomendasi aplikasi smartphone Android gratis yang terakhir adalah aplikasi Lagu Ramadhan 2020 Ofline.

Aplikasi ini berisi kumpulan lagu-lagu Ramadhan terbaik dan terlengkap. Pengguna juga bisa mendengarkannya secara offline.

Tampilan aplikasi ini user interface (UI) yang sederhana tetapi menarik. Koleksi lagu-lagunya dari penyanyi religi, Opick, Maher Zain, Wali Band, dan banyak lagi. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru