Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BisnisKenapa Membeli Bisnis Waralaba Murah? Ini Keuntungan dan Kerugiannya!

Kenapa Membeli Bisnis Waralaba Murah? Ini Keuntungan dan Kerugiannya!

Membeli bisnis waralaba murah belakangan menjadi pilihan banyak orang yang ingin sukses secara instan. Benarkah waralaba murah merupakan pilihan tepat menjalankan dan membangun sebuah usaha baru?

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang langkah yang bisa dilakukan dalam membangun branding bisnis yang akan dijadikan waralaba. Silahkan baca pada artikel tentang usaha franchise makanan terlaris sebelumnya.

Dalam bisnis waralaba murah ini pemilik brand menjual merk beserta sistemnya kepada orang lain yang ingin menjalankan bisnis yang sama. Namun untuk area atau wilayahnya biasanya ditentukan bersama kedua pihak.

Waralaba atau franchise dalam bahasa asing merupakan ikatan kerja sama dalam memberikan hak memanfaatkan dan menggunakan suatu merk, brand atau hak kekayaan intelektual beserta sistem dan manajemennya.

Keuntungan Membeli Bisnis Waralaba Murah

Orang yang tertarik untuk membeli usaha franchise umumnya memiliki pertimbangan tertentu ketimbang memulainya dari bawah. Berikut ini berbagai keuntungan menjalankan bisnis waralaba murah.

Manajemen Siap Pakai

Sebuah usaha waralaba memiliki sistem dan manajemen yang telah teruji mampu memberikan keuntungan yang nyata dengan berbagai keunggulannya. Dengan bisnis waralaba ini Anda tak perlu melakukan uji coba.

Merk yang Sudah Dikenal

Pemasaran produk dalam bisnis waralaba murah jauh lebih mudah karena merk yang sudah populer dan dikenal masyarakat. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi yang biasanya dilakukan jika membangun dari bawah.

Manajemen Keuangan yang Baku

Manajemen keuangan yang telah standar pada usaha waralaba membuatnya mudah dijalankan. Hal ini menguntungkan pemilik usaha agar lebih fokus dalam pengembangannya.

Sistem keuangan yang telah baku ini juga akan lebih memudahkan untuk mendapatkan investor baru jika ingin mengembangkan usaha. Apalagi calon investor umumnya lebih menyukai bisnis yang telah teruji.

Dukungan Penuh dari Pemilik Waralaba

Membeli bisnis waralaba juga lebih memberikan jaminan keberhasilan karena adanya dukungan penuh dari pemilik waralaba. Anda akan memperoleh berbagai pelatihan, dari manajemen keuangan, pemasaran, hingga produksinya.

Kelemahan Bisnis Waralaba Murah

Selain berbagai keuntungan yang akan diperoleh, usaha waralaba tentunya juga ada kelemahan dan kekurangannya. Berikut ini sejumlah kerugian dari bisnis franchise yang sebaiknya Anda kenali.

Membutuhkan Modal Besar

Kelemahan terbesar menjalankan bisnis waralaba murah tentunya adalah kebutuhan modal yang sangat besar. Umumnya bisnis fanchise ditawarkan dengan nilai hingga ratusan juta rupiah, atau bahkan miliaran.

Pembagian Keuntungan

Meskipun Anda sudah membeli hak waralaba, namun tak sedikit pemilik franchise yang menyertakan ketentuan royalti. Model ini biasanya diterapkan pada waralaba makanan dimana resepnya selalu digunakan dalam pembuatan produknya.

Dengan adanya royalti ini maka keuntungan yang akan Anda dapatkan mesti dipotong sekian persen untuk disetorkan pada pemilik brand. Royalti ini biasanya berjalan selama kontrak waralaba berlangsung.

Benarkah Bisnis Waralaba Murah Menjamin Keberhasilan?

Semua bentuk penawaran franchise, termasuk bisnis waralaba memang telah teruji keberhasilannya. Apalagi membangun bisnis semacam ini umumnya dilakukan bertahun-tahun melalui proses yang berliku.

Namun persoalannya, apakah menjalankan bisnis franchise juga memberikan jaminan keberhasilan bagi pembeli atau pemilik baru? Ternyata fakta membuktikan bahwa tak semua usaha waralaba memberikan kesuksesan yang sama.

Ada banyak faktor yang ikut mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Baik karena kebutuhan atau demand suatu wilayah yang berbeda dengan wilayah lain, jenis produk, hingga perilaku konsumen juga ikut menentukan.

Karena itulah jika Anda tertarik membeli bisnis waralaba murah sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimanapun, sistem yang telah baku pada franchise tentunya mengurangi waktu, tenaga, dan biaya melakukan uji coba dari bawah. (R9/HR-Online)

- Advertisment -