Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruBuah Tinggi Serat yang Kaya Manfaat untuk Berbagai Penyakit

Buah Tinggi Serat yang Kaya Manfaat untuk Berbagai Penyakit

Makan buah tinggi serat sangat dianjurkan buat Anda yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Buah kaya serat ini juga baik untuk mengatasi gangguan diare dan mengendalikan kolesterol tubuh.

Ada dua jenis serat makanan yang diketahui, yaitu serat yang bisa larut dan serat yang tidak larut. Serat juga tidak menghasilkan energi dan juga bukan tergolong nutrisi yang sepenuhnya akan diserap tubuh.

Meskipun begitu keberadaan serat dalam makanan sangat berguna. Antara lain dalam melancarkan pencernaan, menyerap kolesterol tubuh, dan membuat kenyang lebih lama. Bahkan kekurangan serat makanan juga bisa menyebabkan sakit.

Ada banyak jenis makanan atau buah tinggi serat yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan. Anda bisa memilih buah jenis ini sesuai tujuan Anda mengonsumsinya, seperti untuk diet atau mengatasi gangguan penyakit.

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, sebaiknya konsumsi buah yang mengandung banyak serat ini dikombinasikan atau variatif. Hal ini penting agar nutrisi yang diserap tubuh lebih lengkap.

Buah Tinggi Serat yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Mengonsumsi buah-buahan yang direkomendasikan ini bukan hanya baik untuk meredakan dan mengatasi gangguan pencernaan, namun juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini daftar buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi secara rutin.

1. Buah Pepaya

Buah yang rasanya manis ini juga banyak mengandung serat hingga 1,3 gram per-100 gram. Masyarakat mengenal pepaya tinggi serat ini baik untuk melancarkan pencernaan dan juga untuk mereka yang diet sehat.

2. Buah Alpukat

Dalam sebuah alpukat terkandung 10 gram serat. Manfaat buah alpukat terutama untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan maupun mengontrol kolesterol tubuh. Buah ini juga baik untuk diet.

3. Buah Pisang

Pisang termasuk jenis buah kaya serat yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 0,6 gram per 100 gram. Pisang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

4. Buah Mangga

Buah ini diketahui mengandung 20 jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Buah ini baik dikonsumsi untuk diet maupun meredakan keluhan diare atau sembelit.

5. Buah Apel

Apel juga merupakan buah tinggi serat yang mencapai 4,4 gram per-100. Buah ini sangat populer di kalangan pelaku diet karena rasanya yang enak. Makan buah apel juga baik untuk menurunkan kolesterol tubuh.

6. Buah Berry

Buah-buahan kelompok berry, seperti strawberry, blackberry, dan raspberry kaya dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan seratnya mencapai 5,5 gram.

7. Buah Jambu Biji Merah

Kandungan buah ini sebesar 7.3 gram per-100 gram namun rendah kalori dan glukosa. Buah tinggi serat ini juga mengandung vitamin C, antioksidan, dan antikanker yang berkhasiat menurunkan kolesterol, mengatasi diare, dan melancarkan darah.

8. Buah Sawo

Sawo juga diketahui kaya dengan kandungan serat yang sangat baik untuk mengatasi gangguan sembelit. Makan buah kaya serat ini juga baik untuk menjaga pencernaan dan kesehatan tubuh.

9. Buah Pir

Pir juga termasuk buah tinggi serat yang mencapai 3,1 gram per-100 gram. Buah ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah, mencegah diabetes, dan baik untuk diet.

10. Buah Nanas

Nanas mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan. Kandungan serat pada nanas ini sebesar 1 gram per-100 gram. Kombinasikan buah ini dalam bentuk jus agar lebih optimal manfaatnya.

Itulah berbagai jenis buah tinggi serat yang baik untuk diet, atasi diare dan menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi buah jenis ini secara rutin sangat baik untuk menjauhkan tubuh dari penyakit. (R9/HR Online)