9 Buah Untuk Maag yang Aman Dikonsumsi dan Meredakan Sakitnya

9 Buah Untuk Maag yang Aman Dikonsumsi dan Meredakan Sakitnya
9 buah untuk maag yang aman dikonsumsi dan meredakan sakitnya. Foto:Ist/Net

Memilih buah untuk maag mesti dilakukan dengan selektif. Sakit maag yang terjadi pada saluran pencernaan memang harus menjaga asupan makanannya. Selain menjauhi makanan yang terlarang, konsumsi buah yang tepat juga bisa mengurangi sakitnya.

Sakit maag berbeda dengan sakit akibat asam lambung naik atau GERD. Meskipun gejala kedua gangguan ini sama namun keduanya adalah gangguan yang berbeda.

Jika penyakit asam lambung terjadi akibat kadarnya yang naik, sedangkan maag terjadi karena ada luka pada lambung akibat lendir pelindungnya yang menurun. Asam lambung yang naik justru memperparah kondisi maag.

Mengonsumsi buah untuk maag merupakan solusi untuk meredakan nyeri yang ditimbulkannya. Apalagi beberapa faktor yang menyebabkan sakit maag karena makan yang tidak teratur hingga makan makanan yang berpotensi melukai lambung.

Luka pada lambung pada maag menyebabkannya sangat peka terhadap makanan yang bersifat asam, pedas, dan berlemak. Karena itu penderita maag harus menjauhi makanan terlarang tersebut untuk menjaga agar maag tidak kambuh.

Daftar Buah Untuk Maag yang Aman dan Bisa Meredakan

Sakit maag menyerang lambung yang merupakan bagian penting dari sistem pencernaan. Karena itu sangat penting memperhatikan asupan makanan agar tidak memperparah kondisinya. Berikut ragam jenis buah yang bagus dikonsumsi penderita sakit maag bahkan bisa meredakan sakitnya.

1.Buah Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dan enzim papain yang berfungsi menguraikan protein dalam tubuh. Enzim ini berguna untuk mengurangi dan meredakan sakit yang timbul akibat gangguan maag, sembelit, maupun gangguan pencernaan lainnya.

2. Buah Pisang

Pisang juga merupakan jenis buah untuk maag yang aman dan baik dikonsumsi. Buah ini mengandung banyak pektin, serat, dan antioksidan yang ampuh dalam meredakan gejala maag maupun gangguan lambung.

3. Buah Apel

Apel juga diketahui merupakan buah yang baik untuk lambung luka karena kandungan pektinnya berguna melapisi dinding lambung. Kandungan sorbitol dan serat buahnya juga baik untuk menurunkan asam lambung dan mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

4. Buah Persik atau Peach

Buah peach atau persik memiliki rasa yang manis yang kaya vitamin A, C, E, magnesium, fosfor, dan kalium diketahui sangat baik untuk ikut mengurangi nyeri maag. Makan buah persik ini juga bisa meredakan nyeri saat maag kambuh.

5. Buah Alpukat

Selain kaya serat, alpukat juga mengandung mineral dan senyawa aktif yang berkhasiat dalam meredakan sakit maag dan diare. Kandungan anti mikroba buah ini juga baik dalam mengatasi gangguan pencernaan.

6. Buah Pir

Pir juga diketahui merupakan buah untuk maag yang sangat baik. Selain banyak mengandung air dan serat, kandungan vitamin, mikroelemen, serta asam lemak dalam buah ini bersifat anti bakteri. Namun makan buah ini setelah makan nasi.

7. Buah Semangka

Buah yang rasanya manis dan menyegarkan ini juga sangat baik untuk meredakan sakit maag. Kandungan air, serat, dan nutrisinya sangat baik segera dikonsumsi saat maag kambuh untuk meredakannya.

8. Buah Kelapa Muda

Buah untuk maag yang tak kalah khasiatnya adalah kelapa muda. Air degan dan daging buahnya  yang kaya elektrolit, tanin dan asam laurat ini manjur untuk meredakan nyeri perut saat maag kambuh.

9. Buah Beri

Kelompok buah beries seperti blackberry, blueberry, ataupun raspberry termasuk aman dan baik dikonsumsi penderita maag. Selain banyak mengandung serat dan antioksidan, nutrisi buah ini berguna melancarkan pencernaan.

Itulah berbagai jenis buah untuk maag yang aman dan sangat disarankan. Selain enak rasanya, mengonsumsi buah-buahan di atas juga bisa meredakan nyeri sakit maag yang sering kambuh. (R9/HR Online)