11 Buah Untuk Melancarkan Bab Ini Ampuh Atasi Sembelit

11 Buah Untuk Melancarkan Bab Ini Ampuh Atasi Sembelit
11 buah untuk melancarkan bab ini ampuh atasi sembelit. Foto:Ist/Net

Mengonsumsi buah untuk melancarkan BAB atau susah buang air besar merupakan solusi alami yang murah dan bisa cepat dilakukan. Selain melancarkan BAB buah ini juga kaya nutrisi untuk mengembalikan kekebalan tubuh.

Problem susah BAB bisa dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Kesulitan untuk buang air besar juga kerap diikuti dengan kondisi sakit perut, mual, dan nyeri.

Susah BAB yang biasa disebut konstipasi atau sembelit merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Seperti dikutip dari Wikipedia, gangguan ini bisa berupa pengerasan tinja yang menyebabkan rasa sakit saat dikeluarkan.

Selain dengan mengonsumsi buah untuk melancarkan BAB, penanganan juga bisa dilakukan dengan memberikan obat pencahar. Namun sebelum menggunakan obat kimia kenapa tidak dicoba yang alami dahulu.

Penanganan segera terhadap gangguan konstipasi perlu dilakukan. Sebab kondisi ini bukan saja sangat mengganggu namun juga bisa berakibat buruk jika tidak segera diatasi. Termasuk bisa memicu kanker usus.

Rekomendasi Buah Untuk Melancarkan BAB

Susah BAB dan gangguan pencernaan akan efektif diatasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan air. Nah berikut ini jenis buah yang bagus untuk mengatasi sembelit:

1. Buah Apel

Apel juga termasuk buah yang banyak mengandung serat yang sangat baik untuk mengatasi susah BAB. Kandungan pektin dalam buah ini juga merupakan pencahar alami yang efektif mengatasi sembelit.

2. Buah Pepaya

Pepaya juga termasuk buah untuk melancarkan BAB yang efektif. Dikenal sebagai pencahar alami, pepaya kaya serat, vitamin C, dan mineral. Kandungan papain buah ini juga efektif mengubah protein menjadi mudah dicerna oleh usus.

3. Buah Kiwi

Kiwi juga dikenal sebagai buah diet yang kaya dengan kandungan seratnya. Buah ini juga memiliki enzim actinidine yang bisa meningkatkan saluran pencernaan atas sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi BAB.

4. Buah Pir

Pir juga direkomendasikan sebagai buah yang bagus untuk mengatasi sembelit. Selain kaya serat, pir juga diketahui mengandung sorbitol dan fruktosa yang berfungsi sebagai pencahar dan menguatkan usus.

5. Buah Plum

Buah plum juga merupakan buah untuk melancarkan BAB. Dikenal kaya dengan kandungan serat yang berguna untuk meredakan gangguan BAB. Selain bisa dimakan langsung, buah ini juga bisa dikonsumsi dengan dibuat jus dengan buah lainnya.

6. Buah Tin

Kandungan serat buah ini mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh mencapai 30 persen. Didukung kandungan airnya yang juga tinggi membuat buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi gangguan sembelit.

7. Buah Anggur

Anggur juga dikenal sebagai buah yang baik untuk mengatasi sembelit. Buah ini kaya dengan kandungan serat dan banyak air yang sangat baik untuk meredakan gangguan sembelit.

8. Buah Berry

Blackberry dan raspberry merupakan jenis buah pelancar BAB keras yang efektif. Buah berry ini kaya dengan kandungan serat dan air yang efektif untuk meredakan sembelit. Makan langsung buah ini atau dibuat jus.

9. Jeruk

Meskipun rasanya yang manis asam, jeruk juga termasuk buah untuk melancarkan BAB dan mengatasi konstipasi. Selain kaya serta dan air, buah ini juga mengandung flavanol yang memberikan efek pencahar juga.

10. Buah Pisang

Buah pisang yang matang banyak mengandung serat yang baik untuk mengatasi gangguan konstipasi. Namun sebaknya hindari pisang yang masih mentah karena justru bisa memicu sembelit.

11. Buah Salak

Salak bukan hanya banyak mengandung serat namun juga kaya dengan kalsium, flavonoid, saponin, dan tannin. Nutrisi ini bukan saja baik untuk meredakan BAB namun juga efektif mengatasi diare.

Itulah berbagai jenis buah untuk melancarkan BAB yang sangat direkomendasikan. Namun jika kondisi tak membaik setelah mengonsumsi buah ini maka perlu segera diperiksakan ke dokter. (R9/HR Online)

Loading...