14 Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Disarankan

14 Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Disarankan
14 jenis buah untuk penderita diabetes yang baik dan disarankan. Foto:Ist/Net

Memilih buah untuk penderita diabetes yang baik merupakan langkah bijak untuk menjaga kadar gula darah agar tidak naik. Penderita diabetes memang harus menjaga asupan makanannya dan hanya memilih yang aman dan terbaik saja.

Banyaknya larangan yang ada membuat penderita diabetes arus selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Selain kadar gula, diabetes juga harus memilih buah atau makanan yang rendah indeks glikemiknya.

Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes Yang Aman dan Baik

Buah-buahan merupakan makanan alami yang menyehatkan meski tak semuanya baik untuk diabetes. Nah, berikut ini daftar jenis buah-buahan yang bagus dan bisa mencegah terjadinya diabetes seperti disarankan para ahli.

1. Buah Apel

Buah untuk penderita diabetes yang pertama adalah apel. Apel merupakan jenis buah yang mengandung indeks glikemik rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah ini juga diketahui mengandung zat anti-radang dan pektin baik untuk mengontrol gula darah.

2. Buah Alpukat

Alpukat juga bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan nutrisinya bukan saja baik mengontrol tekanan darah namun juga bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol yang memicu naiknya kadar insulin.

3. Buah Pisang

Buah pisang juga merupakan buah yang direkomendasikan untuk penderita gula karena kadar indeks glikemiknya yang cukup rendah. Buah ini juga kaya karbohidrat, vitamin, dan mineral yang aman dan bisa mengontrol tekanan darah.

4. Buah Jambu biji

Jambu biji termasuk buah rendah indeks glikemik yang aman dan baik mencegah timbulnya diabetes tipe 2. Kandungan seratnya juga berkhasiat menangkal sembelit yang biasanya dialami penderita diabetes.

5. Buah Mangga

Mangga juga termasuk jenis buah untuk penderita diabetes. Selain kaya vitamin A, B6, C, dan serat, mangga juga mengandung polifenol yang ampuh dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Buah Duwet

Buah dengan rasa agak sepet juga aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes. Apalagi kandungan nutrisi buah ini juga baik dalam membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah.

7. Buah Nangka

Nangka juga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah ini diketahui banyak kandungan vitamin A dan C yang sangat berguna untuk meningkatkan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

8. Buah Jeruk dan Lemon

Kedua jenis buah yang masih dalam satu keluarga ini rendah indeks glikemik namun kaya vitamin C dan serat yang baik untuk diabetes. Jeruk juga mengandung naringenin ampuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Jeruk dan lemon masuk dalam daftar buah untuk penderita diabetes yang direkomendasikan.

9. Buah Belimbing

Belimbing juga direkomendasikan untuk kamu yang memiliki penyakit diabetes. Tingginya serat dalam buah ini berguna untuk menyerap glukosa pati sehingga bisa menjaga kadar gula darah.

10. Buah Pir (Pear)

Buah berbentuk seperti jambu ini kaya antioksidan dan serat yang aman untuk diabetes. Buah ini juga mengandung antosianin yang efektif dalam menekan resistensi insulin sehingga baik dikonsumsi pasien diabetes.

11. Buah Kiwi

Selain rendah indeks glikemiknya, buah ini diketahui mengandung vitamin A, C,  fruktosa dan insitol yang mampu meningkatkan kerja insulin. Konsumsi buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

12. Buah Delima

Buah delima rendah kadar indeks glikemiknya dan mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

13. Buah Pepaya

Meskipun rasanya manis, pepaya termasuk buah rendah gula namun kaya serat dan antioksidan yang sangat baik untuk diabetes. Makan buah untuk penderita diabetes ini juga disarankan meski jangan berlebihan.

14. Buah Naga

Mengonsumsi buah naga untuk diabetes juga aman karena kadar gulanya yang sangat rendah. Apalagi kandungan nutrisinya juga terbilang lengkap yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah berbagai jenis buah untuk penderita diabetes yang aman dan disarankan. Selain rendah gula, beragam buah untuk diabetes dan kolesterol tersebut juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun konsumsi buah tetap tidak boleh berlebihan. (R9/HR Online)

Loading...