Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Buah yang Bagus untuk Kulit Mulus dan Awet Muda

Jenis Buah yang Bagus untuk Kulit Mulus dan Awet Muda

Memanfaatkan buah yang bagus untuk kulit bukan saja penting untuk perawatan kulit namun juga akan membuat kulit menjadi lebih halus, mulus, dan glowing. Namun pemanfaatan buah ini harus seimbang dari dalam dan luar.

Seperti organ tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Nutrisi bukan saja penting untuk kesehatan kulit namun juga melancarkan proses regenerasi sel-sel kulit yang telah mati.

Ada banyak jenis buah yang memilki manfaat baik untuk kulit. Buah merupakan makanan alami yang kaya vitamin, mineral, dan senyawa aktif. Dan tentu sangat dibutuhkan oleh kulit. Namun agar efektif tentunya Anda harus memilih yang sesuai untuk kulit Anda.

Namun asupan nutrisi akan lebih optimal dilakukan baik dari dalam dengan mengonsumsinya maupun dari luar. Untuk memberikan asupan nutrisi dari luar, Anda bisa membuat masker atau menghaluskan buah dan mengoleskan langsung pada kulit.

Buah yang Bagus untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit, menggunakan buah yang mengandung unsur pelindung juga tak kalah pentingnya. Berikut ini berbagai jenis buah yang bagus untuk wajah dan tubuh indah.

1. Buah Kiwi

Kiwi kaya vitamin C dan asam lemak omega-3 yang berguna untuk mencegah kulit kendur sekaligus melindungi kulit dari kuman dan infeksi. Nutrisi ini juga meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan kulit.

2. Buah Apel

Buah apel juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Nutrisi dari apel ini juga baik untuk mencerahkan kulit dan mengontrol minyak.

3. Buah Pisang

Pisang bagus untuk kulit kering karena bisa menjadi pelembab alami. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan buah ini juga berkhasiat dalam mengusir jerawat dan melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Buah Jeruk dan Lemon

Jeruk dan lemon tak hanya kaya vitamin C namun juga nutrisi penting yang efektif untuk mencegah kulit kusam dan kering. Mengonsumsi buah ini juga penting untuk mencerahkan wajah dan mengatasi komedo dan jerawat.

5. Buah Alpukat

Alpukat termasuk buah untuk masker wajah karena kaya dengan kandungan vitamin A, C, E, K, B6, serat, asam folat, dan antioksidan. Buah ini akan membuat kulit menjadi lebih kencang, bersinar dan lebih sehat.

6. Buah Mangga

Buah yang bagus untuk kulit ini kaya dengan kandungan flavonoid, beta karotin, vitamin A, E, C, dan K yang menyegarkan kulit dan menghalau noda wajah. Selain dimakan gunakan masker mangga untuk perawatan optimal.

7. Buah Semangka

Semangka dikenal kaya kandungan air, serat, vitamin A, C, B1, B6, flavonoid, carotenoid, dan lycopene. Kandungan ini bermanfaat mencegah kulit kusam dan keriput sekaligus membuat wajah lebih cerah dan segar.

8. Buah Delima

Kandungan buah delima diantaranya vitamin C, K, asam folat, kalsium, dan magnesium yang penting untuk proses regenerasi sel kulit. Sedangkan bagian biji dan kulitnya yang kaya antioksidan bisa dibuat masker wajah.

9. Buah Stroberi

Stroberi bagus untuk kulit wajah jerawat. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan salicylic acid. Selain enak dimakan, Anda bisa menumbuk buah dan kulit buah ini sebagai masker wajah.

10. Buah Anggur

Anggur juga diketahui mengandung resveratrol yang ampuh dalam melindungi kulit tubuh dari paparan sinar UV. Buah ini juga kaya asam folat, vitamin C, K, kalsium, fosfor, dan potasium yang mampu mencerah dan menghaluskan kulit.

11. Buah Pepaya

Pepaya kaya dengan kandungan vitamin A, B, C, magnesium, dan potasium yang penting untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Enzim papain dan chymopapain ampuh dalam melindungi kulit dari radikal bebas.

Itulah berbagai jenis buah yang bagus untuk kulit kering maupun wajah jerawat. Kandungan nutrisinya dan rasanya yang enak bisa dipadukan dengan mengonsumsinya secara langsung dan membuatnya menjadi masker. (R9/HR Online)