Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan

buah yang cocok untuk diet
Ilustrasi buah yang cocok untuk diet. Foto: Istimewa

Buah yang cocok untuk diet tak cukup hanya yang banyak mengandung serat. Buah untuk diet juga harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membakar lemak sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.

Menjalankan diet sehat juga tidak bisa dijalankan hanya dengan mengurangi porsi makan. Diet yang baik bukan pula dengan meninggalkan sarapan pagi. Terlebih jika Anda adalah wanita karier atau orang yang sibuk.

Menjalankan diet dengan menggunakan cara konvensional atau sekedar ikut-ikutan bukannya akan menurunkan berat badan. Namun juga bisa membuat tubuh lemas. Akibatnya, pekerjaan di kantor bisa berantakan.

Selain itu tidak setiap buah yang mengandung serat baik dan efektif untuk menurunkan berat badan. Karena itu penting mengenali jenis makanan atau buah yang cocok untuk diet.

Menyusun Menu Buah yang Cocok Untuk Diet

Menjalankan diet untuk menurunkan berat badan akan berjalan efektif jika direncanakan dengan baik. Langkah terpenting adalah memilih makanan dan buah dalam menu diet sehat yang akan dijalankan.

Dalam menyusun menu diet sangat penting mengetahui kandungan nutrisi buah atau makanan yang akan dikonsumsi. Nah, berikut ini daftar buah yang baik untuk diet yang sebaiknya Anda kenali.

Buah Persik

Buah persik atau peach diketahui banyak mengandung serat dan air untuk mencegah dehidrasi. Buah ini juga kaya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Buah Kiwi

Kiwi dikenal tak hanya kaya serat namun juga mengandung karbohidrat, vitamin C, dan air. Buah yang cocok untuk diet ini baik dikonsumsi sebagai sarapan karena akan memberikan energi untuk aktivitas seharian. Namun hindari memasak buah ini.

Buah Apel

Apel termasuk buah yang sangat bagus untuk diet. Selain rasanya yang enak, buah ini juga kaya serat dan air namun rendah kalori. Apel juga kaya vitamin C dan mineral penting untuk membakar lemak dan menjaga kesehatan jantung.

Buah Pepaya

Pepaya termasuk buah yang bagus untuk diet. Kandungan serat, vitamin C, flavonoid, dan karoten buah ini efektif melindungi kesehatan. Enzim papain juga berguna meningkatkan efektivitas pengolahan makanan dalam tubuh.

Buah Semangka

Semangka juga kaya serat dan air namun rendah kalori. Buah ini baik dikonsumsi untuk menu makan siang, malam, atau untuk camilan. Kandungan asam amino arginin buah ini juga berguna untuk membakar lemak tubuh.

Buah Tomat

Buah sayuran ini juga termasuk buah yang cocok untuk diet sehat. Selain banyak mengandung serat, buah ini kaya vitamin dan antioksidan namun rendah kalori. Konsumsi buah ini dalam bentuk segar atau dibuat jus.

Buah Jeruk

Jeruk diketahui kaya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk membakar lemak dan melindungi tubuh dari penyakit. Buah ini juga kaya serat dan air yang akan menghalau keinginan ngemil atau makan.

Buah Lemon

Berbeda dengan jeruk biasa, lemon mengandung nutrisi yang penting untuk detoksifikasi dan membersihkan darah. Buah yang bagus untuk diet dan rendah kalori ini juga berguna melancarkan sistem pencernaan.

Buah Jeruk Bali

Jeruk berukuran besar ini sangat baik untuk diet atau pelangsing. Selain mengandung serat dan air, kandungan kalori buah ini juga cukup tinggi. Karena itu makan buah ini akan membuat perut kenyang lebih lama dan bersemangat.

Buah Kelapa Muda

Untuk melengkapi menu buah untuk diet Anda, kelapa muda sangat baik untuk meningkatkan efektivitas diet menurunkan berat badan. Air dengan selain kaya ion untuk mencegah dehidrasi, nutrisinya juga mampu membakar lemak tubuh.

Itulah berbagai jenis buah yang cocok untuk diet sehat. Selain akan meningkatkan efektivitas dalam menurunkan berat badan, buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan dari penyakit. (R9/HR-Online)