Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariCamat Banjarsari Ciamis Sosialisasikan Penyediaan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

Camat Banjarsari Ciamis Sosialisasikan Penyediaan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Camat Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Dedi Mudyana melakukan sosialisasi kepada para Kepala Desa, terkait intruksi Bupati Ciamis soal penyediaan lahan pemakaman bagi jenazah yang meninggal dunia akibat positif corona.

Dedi pun membagikan surat pemberitahuan tersebut kepada para kepala desa se-Kecamatan Banjarsari, untuk selanjutnya di sosialisasikan lagi kepada masyarakat.

Sosialisasi ini merupakan bentuk tindaklanjut surat edaran dari Bupati Ciamis terkait kesadaran masyarakat terhadap pasien yang meninggal akibat corona.

“Meski di wilayah kecamatan Banjarsari ini belum ada, namun tetap imbauan ini harus kami sampaikan untuk menjadi pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya Senin (6/4/2020).

Adapun isi surat edaran tersebut kata Dedi yakni tentang penyediaan tempat pemakaman untuk pasien/korban virus corona dan mempertimbangkan permasalahan yang terjadi di dalam pemulasaran jenazah pasien korban covid-19 di kabupaten Ciamis, khususnya dalam proses pemakaman.

Surat edaran tersebut mengintruksikan agar Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Camisagar menyediakan tempat pemakaman untuk pasien/korban covid-19, yang merupakan penduduk sesuai administrasi kependudukan yang dimiliki pasien tersebut.

Selain itu, Camat dan Kepala Desa mesti memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai protokol pemulasaran jenazah pasien/korban covid-19.

“Dalam surat edaran tersebut juga kita harus menyiapkan petugas pemakaman untuk melaksanakan pemakamansesual protokol pemulasaran jenazah pasien/korban covid-19 serta melengkapi mereka dengan Alat Pelindung Diri (ADP) sesual standar World Health Organization (WHO),” jelas Dedi.

Dalam melaksanakan ketentuan tersebut, Camat, Kepala Desa dan Lurah mesti berkoordinas dengan unsur TNI, Kepolisian dan Puskesmas setempat.

“Alhamdulillah para Kepala Desa bisa mengerti dan akan melakukan sosialisasi lanjutan kepada masyarakat,” katanya.

Kades Siap Sosialisasikan Kepada Masyarakat

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Sukasari, Kecamatan Banjarasri, Iyon Zain Triyono mengaku pihaknya telah siap untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya edaran dari Bupati Ciamis.

“Secara tugas saya siap untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pengertian kepada masyarakat. Bagaimana pun ini sudah menjadi tugas dan kewajiban kami selaku pemangku kebijakan,” ungkapnya.

Pihaknya optimis masyarakat akan bisa lebih mengerti dengan kondisi saat ini. Dia pun meminta masyarakat tidak perlu was-was dengan edaran ini. Karena seandainya pun ada warga yang meninggal akibat virus corona, maka semua proses pemulasaraan hingga pemakamannya melalui prosedural dan tidak akan melibatkan langsung masyarakat.

“Masyarakat disini hanya di minta untuk menyiapkan lokasi pemakaman khususnya,” pungkas Iyon. (Suherman/R8/HR Online)