Cara Corona Merusak Tubuh Manusia yang Perlu Diwaspadai Beserta Bahayanya

Cara Corona Merusak Tubuh Manusia
Ilustrasi Cara Corona Merusak Tubuh Manusia. Foto: Istimewa

Tidak hanya cara penularannya saja yang membuat virus Corona ini diwaspadai, melainkan cara Corona merusak tubuh manusia juga menjadi perbincangan yang tak luput dari pandangan masyarakat saat ini.

Virus Corona ini muncul karena disebabkan oleh adanya infeksi SARS-Cov-2, yang mana kita ketahui bersama bahwa virus tersebut telah mengakibatkan ribuan orang di seluruh dunia meninggal dunia.

Cara Corona Merusak Tubuh Manusia

Saking banyaknya penyebaran virus Corona di sejumlah negara di seluruh dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan secara resmi bahwa virus Corona menjadi pandemi secara global.

Tentu saja hal ini benar adanya. Pasalnya, penyebaran virus Corona ini sudah menjadi permasalahan di setiap negara yang terjangkit.

Baca juga: Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19, Berikut Ini Jenis-Jenisnya

Virus Corona bisa menular melalui kontak fisik dengan orang yang positif terinfeksi. Hal ini berkaitan dengan droplet atau cairan yang dikeluarkan oleh seseorang yang terinfeksi dari bersin, batuk, maupun saat berbicara.

Lalu bagaimana sebenarnya virus ini dapat merusak tubuh manusia setelah berhasil menginfeksi? Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Virus Corona Merusak Sistem Pernafasan

Salah satu cara Corona merusak tubuh manusia adalah dengan menyerang sistem pernafasannya. Ketika virus Corona mulai berkembang di dalam tubuh seseorang, virus tersebut akan mulai menginfeksi sel-sel yang ada di sekitarnya.

Saat virus Corona berhasil menginfeksi, maka akan mulai muncul gejala yang biasanya terasa di belakang tenggorokan, seperti rasa nyeri serta diikuti dengan batuk kering.

Dalam hitungan waktu yang cepat, virus Corona akan mulai merambat ke dalam saluran pangkal paru-paru hingga masuk ke dalam paru-paru.

Proses infeksi ini akan menyebabkan kerusakan jaringan yang ada di dalam paru-paru. Sehingga, membuat jaringan tersebut mengalami pembengkakan.

Ketika seseorang terinfeksi virus Corona dan sudah memasuki tahap semacam ini, maka akan mengalami kesulitan dalam saluran pernafasannya. Sebab, kinerja paru-paru mulai terganggu untuk memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Cara Corona merusak tubuh manusia pada sistem pernafasan ini tak dapat diabaikan. Pembengkakan yang terjadi pada jaringan paru-paru serta kurangnya oksigen di dalam darah, berdampak buruk pada jaringan tersebut.

Dimana jaringan akan terisi dengan nanah, cairan, serta sel mati. Sehingga menyebabkan seseorang yang terinfeksi virus tersebut mengalami pneumonia ataupun radang paru-paru.

Jika hal ini sampai terjadi, maka seseorang tersebut akan mengalami kesulitan saat bernafas dan harus segera mendapatkan alat bantu pernafasan atau ventilatior.

Bahkan banyak kasus yang terjadi ketika Acute Respiratory Distress Syndrome atau Sindrom Kesulitan Pernapasan Akut mulai terjadi, meskipun sudah menggunakan alat bantu pernafasan, pasien tetap merasa kesulitan untuk bernafas yang berujung pada kematian.

Cara Corona Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Corona merusak tubuh manusia juga dapat terjadi pada sistem kekebalan tubuhnya. Seperti layaknya fungsi dari sistem imun di dalam tubuh.

Baca juga: Gejala Awal Virus Corona, Dari Flu Sampai Diare

Ketika terdapat benda asing yang masuk ke dalam tubuh atau tubuh itu sendiri terkena infeksi virus maupun bakteri, sistem kekebalan tubuh kita akan merespon dengan cara menyerang dan melawan virus atau bakteri tersebut.

Meskipun respon sistem kekebalan tubuh sangat baik dan dapat membersihkan tubuh dari infeksi virus ataupun bakteri, akan tetapi terkadang sistem imun ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh itu sendiri.

Penjelasan soal ini adalah ketika sel-sel kekebalan tubuh memproduksi sitoksin, maka akan digunakan untuk melawan terjadinya infeksi. Namun, jika sitoksin yang diproduksi terlalu banyak dilepaskan, dapat menimbulkan masalah pada tubuh.

Cara Corona merusak tubuh manusia dengan mengganggu sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan sindorm sepsis. Sindorm sepsis ini terjadi ketika reaksi imun yang kompleks.

Terjadinya infeksi tersebut bisa menghasilkan sebuah respon peradangan yang intens di dalam tubuh seseorang, kemudian dapat mempengaruhi fungsi berbagai sistem organ di dalam tubuh.

Baca juga: Catat, Ini 6 Makanan Penangkal Virus Corona!

Cara Virus Corona Merusak Jantung dan Pembuluh Darah

Infeksi yang disebabkan karena virus Corona, selain dapat mempengaruhi sistem pernafasan dan kekebalan tubuh seseorang, juga dapat mempengaruhi jantung dan pembuluh darah.

Hal ini dapat dideteksi karena akibat irama detak jantung yang tidak teratur. Sehingga membuat darah yang masuk ke dalam jaringan tidak cukup atau mengakibatkan tekanan darah yang cukup rendah. Maka dibutuhkan obat-obatan untuk memberikan bantuan.

Itulah tadi penjelasan terkait cara Corona merusak tubuh manusia. Semoga dengan adanya informasi ini, kita selalu dapat berhati-hati dengan penyebaran virus Corona. (R10/HR-Online)