Begini Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN untuk Pelanggan Prabayar!

Cara Mendapatkan Token Gratis Lewat WA
Cara Mendapatkan Token Gratis Lewat WA. Foto:Ist/Net

Cara mendapatkan listrik gratis PLN begini caranya. Kabar gembira kini diterima masyarakat di tengah darurat virus corona. Pemerintah Indonesia akan memberikan listrik gratis selama tiga bulan untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA (volt ampere).

Sementara itu, untuk golongan 900 VA akan mendapatkan subsidi 50 persen dari pemerintah. Kebijakan ini diberlakukan pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah virus corona.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN

Lalu bagaimana cara mendapatkan listrik gratis PLN, apa saja syarat dan ketentuannya? Bagi kamu yang ingin mendapatkan token gratis tersebut, pertama-tama kamu harus masuk ke website website www.pln.co.id untuk mengirimkan Nomor ID pelanggan. Kamu juga bisa meenggunakan Whatsapp 08122-123-123.

Adapun petunjuk lainnya yang dibutuhkan para pelanggan untuk mendapat token gratis, bisa dibuka di website resmi PLN. www.pln.co.id. Setelah membuka website tersebut, kamu tinggal masuk ke menu pelanggan yang tersedia di website.

Setelah itu, masuk ke menu pilihan stimulus Covid-19. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter listrik anda. Jika berhasil, token gratis akan tampil pada layar. Setelah itu, kamu (pelanggan) hanya  tinggal memasukkan nomor token gratis tersebut pada meteran.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, cara mendapatkan listrik gratis PLN, pelanggan hanya harus mengirimkan Nomor ID. “Pelanggan akan mendapat token gratis senilai pemakaian tertinggi dalam 3 kurun bulan terakhir,” ujarnya Kamis, (2/4/2020).

Pemerintah Alokasi Rp 3,5 Triliun untuk Subsidi Listik

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sekitar Rp3,5 triliun untuk membantu meringankan beban pembayaran listrik bagi masyarakat kurang mampu atau miskin.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana menyatakan, pembebasan tarif listrik diberikan kepada sekitar 24 juta pelanggan golongan 400 Volt Ampere (VA). Kata dia, rata-rata pelanggan ini memakai listrik sekitar 85,25 kWh per bulan atau hanya perlu Rp36 ribu per bulan.

Lanjut Rida, khusus bagi pelanggan listrik 450 VA pascabayar, maka penggunaan listrik selama tiga bulan yakni bulan April, Mei, dan Juni secara otomatis digratiskan. Selama tiga bulan kedepan, pelanggan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun walau menggunakan listrik sepuasnya, karena memang pemakaiannya juga terbatas.

Sementara untuk pelanggan listrik 900 volt ampere pascabayar, PLN hanya akan melakukan penagihan penggunaan listrik sebesar 50 persen saja dari total penggunaan selama tiga bulan. Untuk pelanggan listrik pasca bayar, pelanggan tidak perlu mendaftarkan diri dan memberikan nomor ID ke website PLN. Sehingga pelanggan ini tidak memerlukan bagaimana cara mendapatkan listrik gratis PLN.

Penggunaan Tertinggi Selama Tiga Bulan Terakhir

Rida Mulyana menambahkan, untuk pengguna listrik prabayar atau token golongan 450 VA, token gratis akan diberikan sebesar daya penggunaan paling tinggi selama tiga bulan terakhir. Misalnya, Januari 200 kwh, Februari 250 KWH dan Maret 300 KWH, maka PLN akan memberikan token gratis sebesar 300 KWH karena merupakan penggunaan tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Kata Rida, agar bisa mendapatkan token gratis tersebut, pelanggan cukup mendaftrakan diri ke website resmi PLN, lalu masukan nomor ID pelanggan atau meteran pelanggan. Cara mendapatkan listrik gratis PLN ini sudah kita sampaikan diatas ya.

Untuk pelanggan PLN prabayar atau token dengan daya 900 WA, maka token akan secara otomatis terisi setengah atau 50 persen dari daya penggunaan paling tinggi selama tiga bulan terakhir pemakaian. Contohnya, jika kamu menggunakan token paling tinggi 500 Kwh selama tiga bulan terakhir, maka meteran kamu akan secara otomatis terisi token sebesar 250 Kwh.

Cara mendapatkan litrik gratis PLN token ini pun sama. Pertama masuk ke website www.pln.co.id, lalu masukkan ID pelanggan atau Nomor Meter listrik anda. Jika berhasil, token gratis akan tampil pada layar. Setelah itu, kamu (pelanggan) hanya  tinggal memasukkan nomor token gratis tersebut pada meteran.

Lebih lanjut Rida Muyana mengatakan, kebijakan keringanan tarif listrik ini hanya berlaku tiga bulan ke depan saja. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan memperpanjang kebijakan ini bila darurat corona tidak segera selesai atau berakhir.

Sementara, pemberian subsidi bagi pelanggan komersil atau yang di atas 900 VA kebijakannya masih sedang dikaji. Tidak menutup kemungkinan pula pelanggan PLN diatas 900 VA bisa disubsidi pemerintah, jika dampak atau darurat corona belum berakhir. Nah itulah langkah dan cara mendapatkan listrik gratis PLN yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...