Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaTeknologiAplikasiNonton Streaming TVRI Program Belajar dari Rumah, Ini Cara dan Jadwalnya

Nonton Streaming TVRI Program Belajar dari Rumah, Ini Cara dan Jadwalnya

Cara nonton streaming TVRI untuk belajar dari rumah bisa jadi alternatif pilihan untuk kamu yang daerahnya tidak bisa menangkap siaran TVRI. Kamu masih tetap bisa menontonnya sesuai jadwal belajar di TVRI secara online.

Seperti diketahui mulai hari ini, Senin, 13 April 2020, Kemendikbud menggandeng TVRI untuk menayangkan Program Belajar dari Rumah.

Program ini seiring dengan kebijakan belajar dari rumah untuk antisipasi wabah Covid-19 di Indonesia. Sejumlah siswa ada yang memanfaatkan belajar secara online yang dipandu oleh guru-gurunya masing-masing.

Namun, bagi daerah yang tidak ada fasilitas internet, program belajar dari rumah lewat daring ini tidak bisa dilaksanakan. Hal ini mendorong Mendikbud Nadiem Makariem untuk menggandeng TVRI dan membuat program Belajar dari Rumah.

Meskipun demikian, ada juga siswa yang tidak bisa menonton TVRI karena tidak memiliki layanan TV analog. Karena itu alternatifnya bisa menonton Program Belajar dari Rumah TVRI secara online lewat live streaming.

Cara Nonton Streaming TVRI Program Belajar dari Rumah

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk tetap belajar dari rumah melalui program TVRI. Meski TV di rumahmu tidak ada siaran TVRI, namun kamu bisa mengakses acara TVRI ini lewat streaming sebagai berikut:

Situs Web TVRI

Kamu bisa langsung mengakses situs web TVRI, alamatnya tvri.go.id/live. Jika kamu menggunakan smartphone, kamu tinggal buka saja browser di HP kamu, dan langsung klik ke website TVRI.

Aplikasi Vidio

Ketika kamu berusaha mengakses situs TVRI, situsnya sudah dibuka karena banyak yang mengaksesnya. Alternatif lainnya kamu bisa tetap menonton Program Belajar dari Rumah TVRI lewat aplikasi Vidio.

Pertama kamu download dulu aplikasinya lewat Play Store jika kamu menggunakan HP Android. Sementara untuk kamu yang menggunakan iOS, kamu bisa mengunduhnya lewat App Store.

Selanjutnya kamu tinggal pilih menu live dan pilih TVRI. Selain TVRI, aplikasi Vidio juga menayangkan siaran Televisi lainnya lho.

Browser HP atau Desktop

Selain lewat aplikasi Vidio, jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasinya, kamu bisa juga langsung nonton streaming TVRI Program Belajar dari Rumah lewat browser langsung di HP atau desktop. Kamu tinggal klik aja ke tautan https://www.vidio.com/live/6441-tvri-tv-stream.

USeeTV

UseeTV merupakan layanan streaming dari Telkom. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menonton streaming TVRI Program Belajar dari Rumah. Langsung saja klik ke tautan .

Nah, kamu tidak bingung lagi untuk menonton Program Belajar dari Rumah di TVRI. Selanjutnya ingat-ingat jadwal belajar sesuai kelas dan tingkat sekolah kamu ya.

Jadwal Belajar di TVRI

Program belajar di TVRI ditayangkan mulai pukul 08.00 sampai pukul 23.00 WIB. Setiap jenjang Sekolah, mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA/SMK,punya jadwal masing-masing.

Program Belajar dari rumah, kamu pun bisa nonton streaming TVRI ini akan berlangsung selama 3 bulan. Selanjutnya bakal dievaluasi lagi saat bulan ketiga.

Berikut jadwal belajar di TVRI untuk jenjang sekolah PAUD, SD, SMP, sampai SMA:

Pukul 08.00-08.30 jadwal belajar untuk PAUD dan sederajat

Pukul 08.30-09.00 jadwal belajar untuk siswa SD dan sederajat mulai kelas 1 sampai kelas 3

Pukul 10.00-10.30 jadwal belajar untuk siswa SD dan sederajat kelas 4 sampai kelas 6

Pukul 10.30-11.00 jadwal belajar untuk siswa SMP dan sederajat

Pukul 14.03-14.30 jadwal belajar untuk SMA/SMK dan sederajat

Setiap jenjang sekolah akan diberi materi belajar yang berbeda tiap harinya. Tentunya disesuaikan dengan kurikulum masing-masing jenjang sekolah tersebut.

Selain jadwal belajar di TVRI tersebut, acara lainnya di TVRI juga berkaitan dengan proses belajar dari rumah.

Misalnya acara Keluarga Indonesia yang tayang di TVRI mulai pukul 14.30-15.00. Setiap harinya bakal ada tema-tema berbeda yang diperuntukkan bagi orang tua dan guru.

Selanjutnya ada juga Film Anak yang ditayangkan TVRI dari pukul  19.00-21.00. Setiap harinya bakal tayang Film Anak dengan judul berbeda-beda.

Jadwal tersebut, sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebutuhan penyiaran di TVRI maupun Mendikbud. Tapi jangan khawatir, perubahan jadwal bakal terus diinformasikan oleh TVRI.

Itulah cara nonton streaming TVRI Belajar dari Rumah. Bagi kamu yang TV-nya tidak ada siaran TVRI masih bisa belajar lewat streaming online. Selamat belajar. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -