Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariCegah Corona, Pengendara yang Lewati Perbatasan Ciamis-Pangandaran Diperiksa

Cegah Corona, Pengendara yang Lewati Perbatasan Ciamis-Pangandaran Diperiksa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menindaklanjuti intruksi Bupati Ciamis terkait pencegahan penyebaran virus Corona, Muspika Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membentuk posko lapangan di Desa Ciulu atau tepatnya di perbatasan Ciamis-Pangandaran.

Puluhan personil yang tergabung dalam satgas pencegahan penyebaran virus Corona dipimpin langsung oleh Camat Banajarsari melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara yang masuk dari arah Kabupaten Pangandaran menuju Ciamis, Rabu (01/04/2020).

Camat Banjarsari, Dedi Mudyana kepada HR Online mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari intruksi Bupati Ciamis untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus Corona Covid-19.

“Hari ini merupakan hari pertama kegiatan ini, dimana petugas gabungan yang terdiri dari personil Polisi, TNI, Tagana serta unsur lembaga yang lainnya termasuk tim medis dari Puskesmas melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara yang datang dari Kabupaten Pangandaran menuju kabupaten Ciamis. Untuk kegiatan ini kita berlakukan dua shift dalam sehari semalam,” katanya.

Menurut Dedi, selama pemeriksaan pengendara, pihaknya melakukan pemeriksaan kondisi pengemudi dan penumpang serta melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan.

“Untuk penyemprotan kita berlakukan terhadap benda mati seperti kendaaran, dan untuk para pengemudinya kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh serta memeriksa tujuan,” terangnya.

Jika tujuan mereka tidak jelas, lanjut Dedi, maka pengemudi diimbau untuk putar arah dan kembali pulang ke Kabupaten Pangandaran.

“Hingga siang ini sudah ada 24 kendaraan roda empat dan 21 roda dua kami halau dan suruh putar arah, karena mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas saat diperiksa Tim Satgas,” katanya.

Sementara itu, Aang Mulyadi, salah seorang anggota DPRD kabupaten Ciamis yang ikut dalam kegiatan tersebut mengaku sangat mengapresiasi serta mendukung langkah kongkrit yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan Banjarsari. 

“Sebagai wakil rakyat, saya merasa bangga akan antusias para petugas serta relawan lainnya yang mau turun tangan dalam upaya kegiatan pencegahan penyebaran virus Corona,” ungkap Aang.

Aang menuturkan kegiatan yang dilakukan di perbatasan Ciamis-Pangandaran tersebut sedikit bisa menjadi pengobat keresahan warga ketika merebaknya virus Corona saat ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, jelas masyarakat mulai mempunyai rasa tenang saat petugas memeriksa setiap kendaraan yang datang dari luar,” katanya

Pantauan HR Online di lapangan, petugas Satgas gabungan yang berjaga di perbatasan Kabupatennl Ciamis dan Pangandaran melakukan razia terhadap pengendara yang masuk dari Kabupaten Pangandaran menuju Ciamis.

Begitupun sebaliknya, aparat gabungan wilayah Kabupaten Pangandaran memberlakukan hal yang sama. Mereka menghalau dan memeriksa kendaraan dari Ciamis yang masuk ke wilayah Kabupaten Pangandaran. (Suherman/R7/HR-Online)