spot_imgspot_img
BerandaArtikelCemilan Sehat Ibu Hamil yang Enak, Bergizi, dan Anti Gemuk

Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Enak, Bergizi, dan Anti Gemuk

- Advertisement -

Memilih cemilan sehat ibu hamil merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai gangguan yang timbul. Mengonsumsi cemilan sehat juga penting untuk mendukung pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.

Ada banyak makanan yang bisa dipilih bagi wanita yang sedang hamil. Konsumsi camilan ini pun bisa disesuaikan dengan setiap tahapan trimester kehamilan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Namanya juga cemilan tentunya ini untuk mendukung asupan makanan pokok harian. Dengan memilih camilan yang tepat diharapkan kebutuhan nutrisi wanita hamil dan janin bisa terpenuhi secara optimal.

Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil akan memberikan banyak manfaat. Karena itu cemilan yang dipilih juga harus mengandung nutrisi yang sesuai kebutuhan ibu hamil.

Kandungan makanan yang dibutuhkan meliputi protein, serat, asam lemak omega 3, vitamin A, B, C, D, E, asam folat, zat besi, magnesium, potasium, kalium, dan kalsium.

Jenis Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Disarankan

Mengonsumsi camilan untuk wanita hamil akan melengkapi kebutuhan nutrisi di sela-sela makan utama. Nah, berikut ini berbagai jenis cemilan sehat ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

1. Buah-Buahan

Ibu hamil juga sangat membutuhkan buah-buahan. Buah segar tak hanya merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan wanita hamil namun juga mengandung serat dan air yang berguna mencegah konstipasi dan diare.

Buah juga penting untuk mendukung pertumbuhan janin agar lebih optimal. Pilih buah apel, alpukat, pisang, pepaya, jeruk, mangga, beri, atau semangka. Makan dalam bentuk segar atau dibuat jus agar nutrisinya utuh terserap tubuh.

2. Ubi

Ubi-ubian termasuk makanan penting sebagai cemilan sehat ibu hamil. Makanan ini banyak mengandung vitamin A, serat, dan beta-karoten yang dibutuhkan ibu hamil. Ubi ini disarankan dimasukkan dalam menu Anda pada trimester awal.

Sebenarnya ada banyak jenis ubi yang bisa dipilih untuk dikonsumsi wanita hamil. Untuk memberikan manfaat yang optimal, variasikan konsumsi ini dari ubi jalar, ubi rambat, cilembu, hingga ubi ungu.

3. Telur

Telur dikenal sangat kaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil.  Telur juga cemilan sehat ibu hamil trimester pertama yang penting karena peting dalam mendukung pertumbuhan otak janin.

Masukkan telur dalam daftar menu makanan ibu hamil yang dikonsumsi seara rutin khususnya pada trimester awal. Namun untuk menghindari nutrisinya agar tidak lenyap sebaiknya telur direbus dan bukan digoreng.

4. Roti Gandum

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi roti yang dibuat dari gandum. Cemilan sehat ibu hamil berguna untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu khususnya saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

5. Keju

Keju diketahui kaya vitamin A yang penting untuk ibu hamil di trimester awal, khususnya dalam memberikan asupan untuk janin. Keju juga kaya antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil.

6. Oats

Oats diketahui banyak mengandung protein yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan jaringan tubuh calon bayi. Kandungan seratnya juga berguna menjaga pencernaan dan kesehatan ibu hamil.

7. Yogurt

Yogurt juga termasuk cemilan sehat ibu hamil yang sangat penting. Selain untuk menaga kesehatan usus dan pencernaan, minuman ini juga berguna mengurangi dan mengatasi gangguan mual atau morning sickness.

8. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dikenal banyak mengandung protein yang penting baik untuk ibu hamil maupun janin. Apalagi dengan makin meningkatkan kebutuhan protein saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Itulah berbagai makanan sehat untuk ibu hamil yang disarankan. Untuk memberikan manfaat yang lebih optimal sebaiknya ibu membuat menu cemilan yang variatif agar nutrisi yang diserap tubuh lebih lengkap.

Begitu juga untuk cara mengolahnya sebaiknya hindari dengan menggoreng. Anda bisa membuat cemilan sehat ibu hamil ini dalam bentuk salad buah, salad sayur, jus, atau smoothie dari bahan buah dan sayuran segar. (R9/HR Online)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -