Daftar Kartu Pra Kerja Alami Kendala, Hubungi Nomor Telepon Ini

Daftar Kartu Pra Kerja Alami Kendala, Hubungi Nomor Telepon Ini
Nomor layanan masyarakat kartu pra kerja yang bisa kamu hubungi. Foto:instagram @prakerja.go.id

Kamu yang sudah mencoba daftar kartu pra kerja ke website resmi www.prakerja.go.id, mungkin mengalami beberapa kendala dan masih belum berhasil.

Pasalnya saat ini, meski website tersebut sudah bisa dibuka, namun website prakerja.do.id belum menyediakan menu pendaftaran bagi untuk calon peserta.

Padahal sebelumnya, pemerintah menyatakan, pendaftaran kartu prakerja secara online sudah bsia dilakukan pada tanggal 11 April 2020. Namun ketika diakses, laman website tersebut belum menyediakan menu pendaftaran.

Namun kamu bisa mencari dan update informasi mengenai program kartu tersebut lewat nomor telepon dan media sosial resmi milik pemerintah. Kamu bisa mengikuti instagram @prakerja.go.id dan menghubungi nomor telepon layanan masyarakat  021-25541246.

Pantauan HR Online di Instagram resmi @prakerja.go.id, menyebutkan, jika masyarakat mengalami gangguan teknis atau kesulitan saat mendaftar di website www.prakerja.go.id, maka bisa menghubungi nomor layanan kartu pra kerja di nomor 021-25541246/

“Catat baik-baik nomornya ya, jangan sampai salah sambung!” tulisnya dalam instagram.

Lebih lanjut akun instagram @prakerja.go.id menginformasikan bahwa nomor layanan masyarakat tersebut hanya beroperasi hari Senin sampai Jumat, dari pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Netizen Kecewa Pendaftaran Kartu Pra Kerja tak Kunjung Dibuka

Informasi yang dibagikan akun @prakerja.go.id  dibanjiri ribuan komentar netizen. Kebanyakan dari mereka kecewa lantaran pendaftaran kartu prakerja tak kunjung dibuka. Seorang netizen @amalfathulloh_  berkomentar seperti ini. “Rencana pendaftarantangggal 9 tapi diundur ke tanggal 11, sekarang sudah tanggal 11 masih belum bisa daftar. Kakak tau dong kalau menunggu terus di PHP in tuh rasanya gimana? Sakit…sakit..” tulis akun @amalfathulloh_ .

Kemudian akun @prakerja.go.id membalas komentar netizen tersebut. “Hallo, mimin gak PHP, hanya saja meminta agar kamu tetap sabar menunggu ya, pasti info akan diumumkan jika pendaftaran sudah dibuka” tulisnya akun @prakerja.go.id.

Netizen lainnya pun berkomentar cukup kecut lantaran kesal pendaftaran kartu pra kerja tak kunjung di buka. “Jadi dibuka apa enggak sih” tulis akun @agusseptiiawan pada laman komentar.

“Udah buka webnya tapi belum ada tombol daftar atau login sama sekali” tulis akun @htrizandra dalam kolom komentar.

Atas komentar-komentar tersebut, akun @prakerja.go.id membalas dengan jawaban yang sama. “Hallo, pendaftaran memang belum resmi dibuka, mohon ditunggu ya, dan pendaftaran hanya melalui website resmi www.prakerja.go.id

Meski saat ini kamu belum bisa daftar kartu pra kerja di lama prakerja.go.id, kamu mesti tahu dulu cara daftarnya. Berikut cara daftar kartu prakerja secara online:

Cara Dafar Kartu Prakerja Secara Online

Sebelum kamu mendaftarkan diri, kamu harus menyiapkan dulu beberapa dokumen dan pribadi seperti:

1.Data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP

2. Nomor telepon (aktif)

3. Email (yang masih aktif)

Syarat Kartu Pra Kerja:

1.Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar)

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Karena pendaftaran kartu pra kerja baru dibuka tanggal 11 April 2020, peserta harus terus mengupdate berita di laman resmi www.prakerja.go.id. Para pekerja formal maupun informal bisa mendaftar lewat laman resmi tersebut untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

Untuk mendapatkan program kartu tersebut dari pemerintah, kamu harus tahu dulu cara daftar Kartu Pra Kerja secara online. Namun sebelum kamu mendaftar, kamu harus punya akun terlebih dahulu.

Mendaftar akun Kartu Pra Kerja ternyata sangat mudah. Kamu bisa pakai nomor telepon atau alamat email yang masih aktif. Pendaftar pun wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.

Berikut ini cara membuat akun pendaftaran kartu prakerja di laman resmi prakerja.go.id:

1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang masih aktif.

2. Klik kolom Daftar

3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.

4. Lalu masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.

5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

Setelah beres membuat akun Kartu Pra Kerja, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Berikut ini kami jelaskan cara daftar Kartu Pra Kerja secara online lewat website www.prakerja.goi.d:

1. Setelah masuk laman prakerja.goi.id kamu tinggal login akun, dan klik menu daftar Kartu Prakerja

2. Setelah itu isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan

3. Lalu, klik selanjutnya

4. Setelah itu, kamu harus melakukan dan mengisi tes kemampuan dasar.

5. Kemudian, klik selesai.

6. Setelah beres melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu (peserta)  akan menerima notifikasi lewat akun kamu yang sudah terdaftar.

Kamu bisa langsung memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja lewat akun kamu di situs Kartu Pra Kerja (prakerja.goi.d), setelah masuk akun, kamu tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran. (Jujang/R8/HR Online)