Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita NasionalIngin Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya

Ingin Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya

Kamu yang ingin daftar kartu pra kerja harus tahu jadwal dan cara pendaftarannya. Mendaftarkan diri menjadi calon peserta kartu Pra Kerja bisa dilakukan secara online. Itu artinya, pendaftaran bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah.

Minggu ini, pemerintah pusat secara resmi akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja secara online. Pemerintah Indonesia menggulirkan program Kartu Prakerja ini untuk mengurangi dampak ekonomi akibat kondisi darurat Covid-19 atau virus corona.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra kerja, Denni Purbasari, dalam keterangan resminya menyebut, program Kartu Prakerja ini sasaranya yakni 5,6 juta peserta pada tahun 2020 ini. Pekerja formal ataupun informal yang kena dampak virus corona atau Covid-19 bisa mendaftarkan diri untuk dapat kartu Pra kerja lewat website resmi www. prakerja.go.id. Pendaftaran bisa dimulai pada Minggu kedua bulan April 2020. 

Kartu Pra Kerja sendiri merupakan program pemerintah untuk pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja yang kena PHK, atau pekerja butuh peningkatan keahlian atau kompetensi.

Presiden Minta Gubernur Data Peserta Program Kartu Pra Kerja

Kartu Pra Kerja adalah salah satu janji Presiden Jokowi saat masa kampanye Pilpres 2019 lalu. Saat ini, program kartu pra kerja akan digulirkan dan masuk dalam stimulus ekonomi sebagai upaya menanggulangan dampak ekonomi akibat virus corona. Presiden dalam keterangannya menyebut, pendaftaran kartu pra kerja dimulai pada 9 April 2020.

Jokowi pun meminta kepala daerah mulai dari gubernur, Bupati dan Walikota agar membantu suksesi program kartu pra kerja tersebut. Para kepala daerah diminta segera mendata calon peserta kartu pra kerja.

Kata dia, Kartu Pra Kerja menjadi salah satu antisipasi bagi masyarakat atau pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat imbas virus corona. Kartu pra kerja ini juga sebagai upaya membantu pekerja atau buruh harian yang kehilangan penghasilan, dan para pengusaha mikro yang kehilangan omzet penjualan akibat dampak corona.

Anggaran kartu pra kerja ini semula Rp 10 triliun namun naik menjadi Rp 20 triliun, karena penerima manfaat kartu pra kerja sebanyak 5,6 juta orang.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Lalu bagaimana cara daftar kartu Pra Kerja secara online? Apa saja syarat dan ketentuannya?

Syarat Kartu Pra-Kerja:

1.Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar)

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Karena pendaftaran kartu pra kerja baru dibuka minggu ke dua bulan April 2020, peserta harus terus mengupdate berita di laman resmi www.prakerja.go.id. Para pekerja formal maupun informal bisa mendaftar lewat laman resmi tersebut untuk mendapatka Kartu Pra Kerja.

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, kamu harus tahu dulu cara daftar Kartu Pra Kerja secara online. Namun sebelum kamu mendaftar, kamu harus punya akun terlebih dahulu.

Mendaftar akun Kartu Pra Kerja ternyata sangat mudah. Kamu bisa pakai nomor telepon atau alamat email yang masih aktif. Pendaftar pun wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.

Berikut ini cara membuat akun di laman resmi prakerja.go.id:

1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang masih aktif.

2. Klik kolom Daftar

3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.

4. Lalu masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.

5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

Setelah beres membuat akun Kartu Pra Kerja, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Berikut ini kami jelaskan cara daftar Kartu Pra Kerja secara online lewat website www.prakerja.goi.d:

1. Setelah masuk laman prakerja.goi.id kamu tinggal login akun, dan klik menu daftar Kartu Pra Kerja

2. Setelah itu isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan

3. Lalu, klik selanjutnya

4. Setelah itu, kamu harus melakukan dan mengisi tes kemampuan dasar.

5. Kemudian, klik selesai.

6. Setelah beres melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu (peserta)  akan menerima notifikasi lewat akun kamu yang sudah terdaftar.

Kamu bisa langsung memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja lewat akun kamu di situs Kartu Pra Kerja (prakerja.goi.d), setelah masuk akun, kamu tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran.

Lewat akun tersebut juga, nantinya pihak Project Management Office (PMO) yang akan memberikan penilanan terhadap biodata serta pengalaman kerja masing-masing akun yang telah mendaftar. Perlu kamu diketahui, PMO inilah yang akan menjalankan program kartu pra kerja penuh, termasuk dalam menentukan di Balai Latihan Kerja (BLK) mana kamu akan ditempatkan.

Apabila hasil penilaian atau tes sudah ada, maka akan ada notifikasi yang masuk ke email yang didaftarkan menjadi akun. Lewat notifikasi tersebut, kamu akan tahu diterima atau tidak sebagai peserta kartu pra kerja. Namun bagi kamu yang belum lolos, bisa daftar kartu pra kerja lagi menggunakan akun yang sudah ada.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti tentang cara daftar kartu Pra Kerja secara online ini? Perlu diketahui anggaran yang digelontorkan untuk Kartu Pra Kerja ini senilai Rp10 triliun. Rencanaya akan diberikan kepada 2 juta calon penerima manfaat Kartu Pra Kerja tahun 2020.

Peserta Program Kartu Pra Kerja Dapat Rp 650 Ribu Perbulan

Para peserta yang berhasil mendapatkan program Kartu Pra Kerja akan menerima uang Rp 650 ribu perbulan untuk biaya transportasi. Nilai tersebut lebih besar dari rencana sebelumnya yang hanya Rp500 ribu/bulan. Rinciannya Rp 500 ribu untuk uang transport selama dua bulan pelatihan dan Rp 150 ribu untuk insentif survei kerja.

Kabar baiknya, selama masa pandemi virus corona atau covid-19, peserta penerima manfaat kartu Prakerja akan mendapat uang total senilai Rp 3.550.000. Rinciannya sebagai berikut: Untuk biaya pelatihan Rp1.000.000, untuk insentif penuntasan pelatihan senilai Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan, dan terakhir insentif survei kebekerjaan senilai Rp 150 ribu/bulan.

Setelah pandemi corona berakhir, maka besaran uang yang diterima akan kembali menjadi Rp 650 ribu perbulan. Dana untuk program kartu Prakerja ini akan diberikan secara non tunai bisa melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Nah itulah cara daftar kartu Pra Kerja yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba, semoga berhasil. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -