Desain Dapur Rumah Type 21 Bikin Memasak Lebih Semangat

Desain Dapur Rumah Type 21
Desain Dapur Rumah Type 21. Foto: Istimewa

Desain dapur rumah type 21 adalah jenis dapur yang sering diterapkan di dalam rumah minimalis dengan ukurannya yang sederhana. Jenis dapur seperti ini sering menjadi favorit para ibu rumah tangga untuk aktivitas memasak sehari-hari.

Seperti yang kita tahu, dapur merupakan ruangan yang wajib dimiliki oleh semua rumah. Sebab, dapurlah yang menjadi tempat membuat makanan lezat yang dihidangkan untuk semua anggota keluarga.

Seiring dengan perkembangan zaman, dapur bukan hanya menjadi ruang bagi para ibu saja, akan tetapi anggota keluarga lainnya juga bisa ikut memasak bersama.

Inspirasi Desain Dapur Rumah Type 21

Rumah type 21 memiliki keunikan tersendiri dan sangat cocok digunakan sebagai hunian baru. Ada banyak desain rumah minimalis seperti yang sudah pernah kita bahas beberapa waktu yang lalu.

Ada rumah minimalis dengan konsep memanjang, rumah minimalis type 21 model minimalis modern, minim sekat, dan lain sebagainya.

Di dalam rumah minimalis, tentunya bagian dapur juga menerapkan konsep yang sama.  Dapur rumah minimalis dapat dimodifikasi dengan berbagai tampilan yang semakin menarik. Dengan demikian, proses memasak di dapur bisa semakin nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini adalah berbagai macam desain dapur rumah type 21 dengan gaya dan juga penataan yang membuat anda semakin bersemangat dalam memasak. Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi ketika menata dapur rumah type 21 yang anda miliki.

Desain Dapur dengan Kabinet

Ketika menerapkan dapur rumah type 21, supaya anda bisa merasa lebih nyaman saat memasak, maka anda bisa membuat tempat kompor menjadi lebih rendah.

Sementara itu, di bagian atasnya bisa anda manfaatkan untuk membuat kitchen set yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Baca juga: Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang

Supaya tidak makan tempat, ruang penyimpanan juga bisa dibuat di bawah wastafel atau di bawah tempat kompor.

Pemilihan Warna Cerah

Konon katanya, penggunaan warna yang cerah dalam desain dapur rumah type 21 dapat menaikkan mood dan bisa membuat masakan menjadi lebih enak.

Agar semakin segar, dapur dapat ditambahkan dengan berbagai macam tanaman hijau yang anda tempatkan di sudut dapur.

Sebagai pilihannya, maka anda bisa memilih warna putih. Sebab warna putih bisa membuat ruangan dapur terkesan lebih luas.

Membuat Rak Gantung

Saat anda memiliki dapur minimalis pada rumah type 21, maka untuk memberikan kesan lebih luas pada dapur, anda bisa menempatkan rak gantung yang menempel pada tembok sebagai tempat penyimpanan berbagai macam bumbu dapur.

Disamping itu, anda juga bisa membuat pengait untuk menempatkan berbagai macam peralatan kecil seperti gunting atau saringan dalam desain dapur rumah type 21.

Ventilasi yang Cukup

Agar desain dapur minimalis anda semakin nyaman, maka harus disertai dengan ventilasi udara yang cukup. Anda bisa membuat area dapur di dekat jendela.

Hal ini bertujuan agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan dapur dengan sempurna. Selain itu, di sela-sela kitchen set dan juga area memasak, anda bisa menempatkan rak gantung yang ditempel pada keramik yang bermotif agar desainnya ini semakin unik dan menarik.

Memanfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Agak mirip dengan langkah yang sudah disampaikan sebelumnya, disini anda harus bisa mencari celah untuk dimanfaatkan supaya dapur anda yang kecil biar terkesan lebih lapang.

Walaupun desain dapurini berukuran kecil, akan tetapi pasti ada ruang yang dapat disiasati untuk anda manfaatkan.

Misalnya ruang bawah wastafel dalam desain dapur rumah type 21 yang dapat anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan berbagai macam perlengkapan seperti penyimpanan cairan atau sabun pembersih, tong sampah atau tempat panci besar.

Baca juga: Rancangan Denah Rumah 3 Kamar yang Nyaman dan Fungsional

Pemilihan Furniture yang Tepat

Dalam pemilihan desain dapur ini, anda harus menyesuaikan perabotan atau furniture untuk dapur anda yang memiliki ukuran kecil ini.

Pastinya perabotan yang besar akan memerlukan ruang penyimpanan yang besar pula. Dengan demikian, saat anda membeli berbagai macam perlengkapan atau furniture dapur harus mempertimbangkan kembali berdasarkan pada kebutuhan dan juga kondisi dapur anda.

Untung saja saat ini sudah banyak penyedia berbagai macam furniture yang didesain untuk ruang dapur terbatas. Seperti kursi dan meja lipat.

Kelebihan furniture ini dapat digunakan saat anda perlu saja. Sementara itu, saat anda tidak membutuhkannya, maka bisa dilipat dan disimpan tanpa memakan banyak ruang.

Dengan memilih berbagai macam furniture yang tepat, maka desain dapur rumah type 21 bisa semakin nyaman digunakan untuk kegiatan memasak. Dapur anda juga akan terlihat lebih rapi dan terkesan luas. (R10/HR-Online)