Desain Interior American Classic Style, Gaya Hunian yang Lebih Mewah

Desain Interior American Classic Style
Desain Interior American Classic Style. Foto: Istimewa

Meskipun hidup di zaman yang lebih modern, akan tetapi pilihan konsep hunian tak dapat lepas dari gaya klasiknya, sebut saja dengan desain interior American Classic Style.

American Classic Style adalah desain interior yang biasa digunakan sebagai bentuk pembaruan dari gaya klasik Eropa. Desain interior semacam ini memiliki ciri vintage yang sangat khas.

Seperti halnya, desain interior yang lebih simpel, tidak banyak penggunaan ukiran, minimnya detail, hingga sangat identik dengan penggunaan warna-warna kalem. Mungkin menurut pandangan sebagian orang, penggunaan desain interior ini terlihat kuno.

Namun, tak sedikit orang justru menggunakan desain American Classic Style demi memperoleh kesan kekinian dan tampak berkelas. Bahkan tak jarang desain interior dengan konsep ini dijadikan inspirasi untuk mendapatkan hunian impian.

Ciri-ciri Desain Interior American Classic Style

Desain interior saat ini lebih cenderung terpaku dengan konsep desain minimalis. Dimana desain tersebut telah dikombinasikan dengan berbagai gaya modern lainnya.

Terutama bagi mereka generasi muda yang cukup sibuk dengan kegiatan hariannya, lebih senang menghadirkan kesederhanaan di dalam setiap ruangan rumahnya.

Tidak dapat kita pungkiri, fakta yang kini terjadi hampir sebagian masyarakat menjatuhkan pilihan mereka untuk menerapkan desain interior minimalis guna memenuhi kebutuhan interior rumahnya.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Cantik, Dari Gaya Vintage Hingga Pedesaan

Dari pemikiran tersebut, muncul sebuah ide untuk menerapkan desain interior American Classic Style. Gaya interior ini diyakini memiliki peluang yang cukup eksis di kalangan masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa ciri khas interior dengan konsep American Classic Style yang dapat diterapkan di setiap rumah.

Tentu saja informasi ini akan memberikan inspirasi bagi anda untuk mendesain setiap interior rumah dengan gaya American Classic Style. Berikut ini ulasannya.

Meletakkan Furnitur Berukuran Besar

Lain dengan desain interior gaya minimalis. Jika gaya tersebut lebih menonjolkan furnitur dengan ukuran yang standar, justru bertolak belakang dengan gaya American Classic Style.

Desain interior American Classic Style lebih cenderung mengusung konsep yang berbeda dengan menggunakan furnitur berukuran besar.

Tujuan penggunaan furnitur berukuran besar ini untuk memunculkan kesan ruangan yang lebih mewah dan elegan.

Hal tersebut terlihat jelas pada pemilihan kursi, meja, hingga lampu gantung yang digunakan untuk ruangan tertentu. Terkait bahan pelapis furnitur yang digunakan, terkadang menggunakan velvet atau kain.

Selain itu, juga diberikan tambahan sentuhan kaki ramping dengan bentuknya yang simetris, yang disertakan dengan dudukan oversize.

Penggunaan Material yang Lebih Alami

Bagi anda yang hendak menggunakan desain interior American Classic Style, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan material yang dipilih.

Pada umumnya, konsep American Classic Style ini paling banyak menggunakan material alami sebagai material dominan pada sebuah bangunan. Mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis, maka pilihan material alami ini juga harus disesuaikan.

Contoh material alami yang biasanya digunakan adalah kayu dengan urat dan serat yang masih terlihat atau juga dapat menggunakan material bertekstur kasar seperti batu.

Dari ciri material alami inilah, interior ala American Classic Style lebih mengarah pada rumah-rumah pedesaan.

Penggunaan Jendela dengan Ukuran Besar

Ciri desain interior American Classic Style berikutnya adalah terlihat pada ukuran jendela yang digunakan. Jendela dengan ukurannya yang besar tidak hanya serta merta dipasang untuk memberikan kesan estetika yang lebih saja.

Akan tetapi, jendela ini memiliki tujuan agar pencahayaan langsung yang masuk ke dalam sebuah ruangan dapat lebih maksimal. Bukan hanya ukurannya yang besar. 

Baca juga: Desain Interior Dengan Pola Garis dan Kombinasi Gaya

Interior yang menerapkan gaya American Classic Style juga memasang jendela dalam jumlah yang cukup banyak dengan variasi ukuran berbeda, mulai dari berukuran kecil hingga ukuran yang besar.

Pemilihan Warna-Warna yang Lembut

Masih berbicara soal ciri-ciri interior dengan konsep American Classic Stylenya. Memiliki palet warna yang lembut dengan satu tone yang persis merupakan penanda rumah bergaya American Classic Style yang tak dapat dilewatkan.

Warna yang digunakan pada desain interior ini biasanya putih atau krem. Warna-warna ini dipilih untuk menyesuaikan material alami yang digunakan seperti lantai dari kayu, batu, atau marmer. Sehingga menghadirkan kesan yang lebih hangat. (R10/HR-Online)