Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Interior Rumah Ala Maroko dengan Sentuhan Etnik dan Dekoratif

Desain Interior Rumah Ala Maroko dengan Sentuhan Etnik dan Dekoratif

Desain interior rumah ala Maroko umumnya identik dengan pemilihan berbagai warna cerah. Selain itu, interiornya juga memiliki sentuhan etnik dan dekoratif.

Hal ini terlihat dari banyaknya penggunaan motif tumbuhan dan juga bunga pada desain interiornya. Salah satu ciri khas dari arsitektur Maroko adalah Marrakech atau Moroccan Style.

Baca juga: Desain Interior American Classic Style, Gaya Hunian yang Lebih Mewah

Dekorasi interior yang mengusung gaya Maroko umumnya memiliki kesan mewah, kaya dan juga eksotis. Mengekspresikan sejarah berbagai negara melalui tekstur, detail dan juga geometri.

Rumah ala Maroko memiliki bentuk dan juga warna yang berani dan ini menjadi favorit bagi banyak desainer interior.

Elemen Desain Interior Rumah Ala Maroko

Gaya yang diterapkan pada rumah ala Maroko cukup populer untuk orang-orang yang suka dengan gaya bohemian. Karena bisa memberikan aksen yang meriah dan cerah tanpa terlihat berlebihan di dalam penggunaan interior yang modern.

Bila anda bosan dengan tampilan interior rumah yang monoton, anda bisa saja mencoba untuk mendandani berbagai macam ruangan yang ada di dalam rumah anda dengan menerapkan gaya Maroko.

Sebelum anda memutuskan untuk mengaplikasikan gaya dekorasi interior ala Maroko. Ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal seperti apa karakteristiknya. Dengan demikian, anda tak akan salah pilih dalam mendesain interior rumah anda.

Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat menjadi karakteristik dari elemen desain interior rumah ala Maroko.

Penggunaan Palet Warna yang Berani dan Kuat

Pemilihan gaya Maroko khas sekali dengan berbagai macam warna cerah, berani dan juga kuat. Hal ini karena gaya interior ini terinspirasi dari lanskap Maroko.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Cantik, dari Gaya Vintage Hingga Pedesaan

Warna tersebut merupakan perpaduan warna hijau dari pegunungan. Kuning dari sinar matahari yang menerangi sepanjang tahun. Warna biru dari samudra, warna coklat dan merah dari warna khas gurun pasir.

Kuncinya, bila anda ingin menerapkan desain interior untuk rumah bergaya Maroko, anda harus memilih warna yang meriah dan cerah.

Hamsa, Simbol Khas Maroko

Di dalam desain interior rumah ala Maroko, terdapat salah satu simbol yang sering muncul di dalam berbagai aksesoris dan perabot yang digunakan.

Simbol tersebut adalah Hamsa, ini merupakan simbol tangan Fatimah yang merupakan anak perempuan nabi Muhammad SAW.

Simbol tersebut dipercaya bisa menjauhkan pemilik rumah dari pengaruh buruk dan juga hal negatif. Bukan hanya sebagai sebuah dekorasi yang cantik, tetapi juga bisa memberikan energi positif di dalam interior rumah anda.

Anda dapat meletakkan dekorasi Hamsa ini pada knop pintu, windchime, dan juga artwork atau lukisan. Ini akan membuat interior rumah bergaya Maroko yang anda miliki semakin sempurna.

Ubin Motif Khas Maroko

Karena memperoleh pengaruh budaya Islam yang kuat, Maroko juga sangat terkenal dengan seni kaligrafi yang dimilikinya. Kaligrafi tersebut terukir cantik dengan berbagai macam warna cerah pada ubin dan juga artwork.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mewah Klasik Ala Berbagai Negara di Dunia

Ubin dengan motif yang khas ini sontak menjadikan ruangan rumah anda menjadi lebih berwarna. Penggunaan ubin pada desain interior rumah ala Maroko biasanya fokus pada bentuk geometris.

Penempatannya diaplikasikan pada bingkai jendela dan pintu. Lalu dekorasi lantai, dinding dan juga air mancur serta aksen yang muncul sebagai sebuah potongan karya seni.

Paduan Berbagai Motif dan Corak

Maroko kaya dengan berbagai macam bahan tekstil yang memiliki motif beragam. Tentunya semua itu hadir dalam berbagai pilihan warna yang cerah. Anda bisa mendandani interior rumah dengan berbagai hiasan dinding berupa tapestry.

Lalu di bagian ruang tamu atau kamar tidur, anda bisa menerapkan sarung bantal, karpet dan Throw. Supaya tampak tidak terlalu ramai, anda bisa memadupadankan beragam motif tersebut hanya dalam satu atau dua warna yang sangat komplemen.

Adanya Unsur Metal

Bahan metal dan juga logam Maroko sudah diturunkan dari ke generasi. Sehingga hal ini menghasilkan sebuah desain interior rumah ala Maroko dengan aksesori yang dekoratif, indah dan sekaligus rumit.

Vas bunga, cermin logam, ceret, lentera dan juga nampan merupakan beberapa bagian dari barang-barang yang terbuat dari logam atau metal secara tradisional.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghiasi interior rumah anda yang mengusung gaya ala Maroko.

Supaya nuansa Maroko semakin terasa, anda bisa memberikan pencahayaan berupa lampu gantung dengan desain eksotis.

Dimana lengkap dengan tirai kanopi yang menjuntai. Hal ini bisa menjadi alternatif dekorasi instan yang bisa diterapkan pada desain interior rumah ala Maroko. (R10/HR Online)