Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Ruang Kerja Rumah Minimalis, Kerja Lebih Produktif

Desain Ruang Kerja Rumah Minimalis, Kerja Lebih Produktif

Desain ruang kerja rumah minimalis tidak harus kaku. Ada berbagai macam ide inovatif dan kreatif yang dapat dituangkan di dalam ruang kerja yang efisien, nyaman dan juga fleksibel. Dengan demikian, kinerja anda di rumah bisa lebih produktif.

Melakukan pekerjaan kantor di rumah sendiri memang sangat fleksibel. Anda dapat mengatur waktu sendiri. Tidak ada bos yang mengawasi setiap saat dan bagi yang sudah mempunyai anak masih bisa tetap mengawasi anak sambil bekerja.

Baca juga: Desain Ruang Kerja di Rumah Anti Bosan dan Lebih Nyaman

Biasanya bekerja di rumah sering dilakukan oleh para freelancer. Tidak perlu berbentuk ruangan luas. Ruang kerja atau kantor di rumah dapat dibuat hanya dari meja dan kursi saja, bahkan ruangannya juga bisa hanya berukuran 1,5 m x1 m.

Inspirasi Desain Ruang Kerja Rumah Minimalis

Karena anda melakukan pekerjaan kantor di rumah, hal ini membuat anda dihadapkan pada kebutuhan akan ruang kerja yang nyaman. Ruang kerja dapat berbentuk privat atau semi privat.

Idealnya saat berada di ruang kerja, anda dapat bekerja sendiri dengan nyaman. Bisa menerima tamu dengan baik dan tetap bisa mengawasi anak-anak sambil bercengkrama dengan anggota keluarga lain.

Hal-hal kecil seperti interior ruangan bisa mempengaruhi produktivitas kerja anda. Mempunyai desain ruang kerja yang tepat yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan bisa menjadi penentu dari efisiensi dan juga semangat kerja.

Dengan berbagai tuntutan yang harus dipenuhi tersebut, berikut ini ada beberapa inspirasi desain ruang kerja rumah minimalis yang bisa anda jadikan sebagai panduan dalam membuat ruang kerja di rumah yang nyaman.

Memanfaatkan Space yang Tak Terpakai

Area kerja di rumah memang bisa dirancang dengan lebih fleksibel. Karena bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Bukan hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan space atau area yang tidak terpakai di rumah dan bisa mengubahnya menjadi ruang kerja.

Bila saat ini anda berencana membuat ruangan kerja minimalis, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan area kosong yang ada di dalam rumah.

Baca juga: Ruang Kerja Minimalis di Kamar Tidak Mengganggu Produktivitas

Anda bisa memanfaatkan area di bawah loteng atau di dekat jendela. Bisa juga mengambil sedikit area di kamar tidur, perpustakaan atau ruang keluarga.

Anda bisa memilih desain ruang kerja rumah minimalis yang jauh dari keramaian dan juga gangguan supaya bisa berkonsentrasi dan tetap fokus ketika bekerja.

Menentukan Tata Letak Ruang Kerja

Anda bisa melengkapi ruang kerja anda di rumah dengan berbagai macam peralatan pendukung yang dibutuhkan. Anda bisa menyusun semua peralatan tersebut secara rapi di area ruang kerja anda.

Ukuran ruang atau area kerja yang minimalis bisa disiasati dengan menentukan tata letak benda yang mudah dijangkau.

Seperti alat tulis, printer, arsip dan berbagai kebutuhan lain yang umumnya tersedia dan sering digunakan di dalam sebuah ruang kerja.

Warna Ruang Kerja Anda

Pemilihan warna untuk ruang kerja anda pasti sangat mempengaruhi suasana hati dan juga mood dalam bekerja. Pemilihan warna yang akan digunakan di dalam desain ruang kerja rumah minimalis haruslah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Anda bisa memilih berbagai macam warna gelap yang diklaim bisa menenangkan pikiran. Tetapi untuk ruangan yang berukuran kecil, anda bisa menghindari penggunaan warna gelap yang berlebihan dan juga mendominasi. Karena warna tersebut justru dinilai bisa membuat ruangan yang kecil terkesan sempit.

Rekomendasi terbaik bagi ruangan kerja minimalis yang ada di rumah anda adalah berbagai pilihan warna cerah. Karena bisa membangkitkan suasana yang ceria.

Baca juga: Kamar Tidur Plus Ruang Kerja, Buat yang Minimalis dan Nyaman

Anda juga bisa memilih warna-warna natural sehingga memberikan perasaan santai yang dapat menyegarkan pikiran. Anda tinggal menyesuaikan dengan konsep interior yang akan digunakan di dalam ruang kerja tersebut.

Furniture Ruang Kerja

Di dalam desain ruang kerja rumah minimalis, penempatan furniture sangatlah penting. Anda bisa menggunakan meja dan juga kursi yang memiliki ukuran kecil.

Sesuaikan ukuran, warna, serta bentuk interior dengan tema yang akan ditampilkan di dalam ruang kerja anda nantinya.

Anda tak perlu selalu menggunakan furniture unik. Karena ruang kerja anda juga bisa terlihat bagus dengan paduan interior polos. Seperti lantai yang berwarna putih, dinding putih, atau warna meja kalem.

Suasana tersebut akan menampilkan ruangan yang terkesan lebih menenangkan dan produktivitas kerja anda akan semakin meningkat.

Inspirasi desain ruang kerja rumah minimalis seperti ini bisa menjadi ide bagi anda yang ingin mendapatkan kenyamanan kerja di rumah. (R10/HR Online)