Desain Taman Toga Minimalis yang Nyaman Dilihat dan Kaya Manfaat

Desain Taman Toga Minimalis yang Nyaman Dilihat dan Kaya Manfaat
Desain taman toga minimalis yang nyaman dilihat dan kaya manfaat. Foto:Ist/Net

Desain taman toga minimalis cocok sekali dibuat bila anda memiliki pekarangan yang sempit. Di Indonesia, tanaman toga adalah budidaya tanaman rumahan yang bukan hanya nyaman dilihat, tapi kaya manfaat sebagai obat.

TOGA atau Tanaman Obat Keluarga sering dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Oleh sebab  itu, toga sering disebut juga dengan apotek hidup.

Biasanya apotek hidup ini ditanam di area sekitar rumah, seperti ditanam di halaman rumah, baik dengan pot atau media lainnya.

Desain Taman Toga Minimalis

Saat ini tidak banyak orang yang memiliki pekarangan luas di sekitar area rumah mereka. Khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Meski demikian, anda masih tetap bisa menanam toga sebagai apotek hidup yang bermanfaat.

Sebab tanaman toga membuat anda tak perlu mengeluarkan banyak ruang yang besar. Sebab mereka tidak akan tumbuh dan memakan banyak tempat. Ini bisa dilakukan dengan menanam toga menggunakan pot.

Berbagai macam tanaman toga seperti kunyit, kencur, lidah buaya, jahe, temulawak, lengkuas, sereh dan sebagainya bisa anda tanam dengan mudah.

Salah satu alternatifnya adalah dengan membuat desain taman toga minimalis. Dengan begitu, meski anda tidak punya pekarangan yang luas, anda masih tetap bisa memiliki taman toga yang membuat pemandangan rumah asri dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Memanfaatkan Pot Bekas

Pertama, yang bisa anda lakukan untuk menciptakan sebuah taman toga dengan desain yang cantik, anda bisa mempersiapkan potnya terlebih dahulu.

Anda tak perlu membeli pot baru sebagai wadah menanam toga. Anda bisa menggunakan berbagai macam benda bekas pakai yang ada di rumah yang bisa dimanfaatkan menjadi pot.

Misalnya, ban bekas yang sudah tidak dipakai. Anda bisa mengubahnya menjadi pot yang cantik dengan mengecat ban dengan warna cerah. Anda bisa menanam toga di dalamnya.

Sementara itu, bila tak cukup ruang untuk tempat pot, maka anda bisa menggantung bekas tempat nasi yang sudah tak digunakan lagi sebagai media tanam dalam desain taman toga minimalis.

Selain mendapatkan manfaat dari tanaman toga, anda juga sudah ikut memanfaatkan barang bekas menjadi lebih bernilai dan berguna. Desain taman toga gantung ini juga cocok sebagai hiasan teras rumah anda.

Sesuaikan Lahan dan Kebutuhan Aktivitas

Pada dasarnya ketika anda memutuskan untuk membuat taman toga, maka memilih desain tidak bisa dilakukan hanya berdasarkan dari selera anda saja. Akan tetapi, anda harus menyesuaikannya dengan seberapa luas lahan dan juga kebutuhan aktivitas anda.

Saat anda memilih desain taman yang pas, maka bukan hanya kebutuhan visual dari hunian anda saja yang bisa terpenuhi. Akan tetapi, kebutuhan lainnya juga bisa anda temukan melalui taman toga yang anda miliki.

Memanfaatkan berbagai material pendukung untuk memperindah taman juga penting untuk diperhatikan. Sebab, desain taman toga minimalis ini bukan hanya bisa memberikan manfaat sehat dari berbagai jenis tanaman yang ada.

Lebih dari itu, diharapkan taman toga ini juga bisa memberikan manfaat berupa keindahan, pemandangan yang mempercantik hunian rumah.

Taman Toga Bertingkat

Desain taman bertingkat ini sangat cocok bila anda aplikasikan untuk rumah minimalis yang memiliki lanskap naik turun. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman toga disini, seperti jahe, lidah buaya, jeruk nipis dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan batu berbentuk balok sebagai pembatas lahan dan juga untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman toga yang menghijau akan menyegarkan mata setiap kali anda memandang dan berjalan di jalan setapak yang ada di sampingnya.

Pagar Taman Toga

Anda bisa memanfaatkan tanaman beluntas atau kumis kucing sebagai pagar taman toga di pekarangan anda. Desain taman toga minimalis ini memanfaatkan tumbuhan sebagai pagar hidup yang asri.

Dengan demikian, taman yang ada di pekarangan rumah minimalis anda akan semakin asri dengan pagar hijaunya. Selain itu, taman toga yang anda buat juga menjadi semakin sejuk dipandang.

Disamping berbagai macam vegetasi, jangan sampai lupa untuk melengkapi taman toga anda dengan unsur-unsur dekoratif serta perabot yang pas.

Taman anda bukan hanya bermanfaat, tetapi juga menjadi taman toga yang nyaman dipandang dan menarik perhatian  banyak orang.

Hal ini pastinya akan membantu menciptakan desain taman toga minimalis yang lebih menarik dan juga fungsional. (R10/HR Online)