Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Tile untuk Interior Rumah yang Tidak Membosankan

Desain Tile untuk Interior Rumah yang Tidak Membosankan

Desain tile untuk interior rumah memang harus diperhatikan. Mengingat ada beberapa jenis tile yang bisa digunakan untuk menambah kemewahan desain interior rumah.

Namun kebanyakan orang akan menggunakan tile yang menarik. Tidak hanya itu saja, tile yang dipilih juga harus sesuai dengan selera.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mewah Klasik Ala Berbagai Negara di Dunia

Tile merupakan salah satu elemen yang dapat memberikan kesan menarik pada ruangan. Tidak heran jika tile juga digunakan untuk meningkatkan keindahan interior di dalam ruangan. Desain interior memang sangat penting.

Hal ini berkaitan dengan suasana rumah yang akan dihuni. Jika desain interior yang digunakan tidak diubah, maka akan terkesan membosankan. Oleh karena itu, anda bisa memilih desain tile yang menarik.

Tips Memilih Desain Tile Untuk Interior Rumah

Penggunaan tile kini sudah semakin populer. Bahkan tidak sedikit hunian yang menggunakan tile dengan motif menarik. Penggunaan tile yang menarik akan mengubah suasana interior rumah.

Kini perkembangan desain interior juga sudah semakin maju. Anda bisa memilih desain yang menarik dan dipadukan dengan berbagai gaya. Kemudian melibatkan penggunaan tile pada lantai.

Hal ini akan menambah keunikan pada rumah. Namun sebelum memilih tile ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis yang bisa digunakan.

Baca Juga: Desain Ruang Kerja di Rumah Anti Bosan dan Lebih Nyaman

Terutama desain tile untuk interior rumah. Selain jenis, ada beberapa ukuran tile yang perlu diketahui. Ukuran tile yang akan digunakan juga disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Selain itu, ada beberapa motif yang bisa dipilih untuk membuat interior rumah lebih baik. Namun terkadang selera seseorang dapat berubah-ubah.

Begitupun dengan motif dari tile itu sendiri. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini.

1. Warna dan Motif yang Dipilih

Salah satu tips yang bisa anda gunakan adalah memilih motif dan juga warnanya. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak jenis tile yang bisa dipasang. Begitupun dengan pilihan warna dan juga motifnya.

Desain tile untuk interior rumah juga harus disesuaikan dengan gaya rumah. Hal ini dikarenakan motif tile akan mempengaruhi tampilan ruangan. Jika tile yang dipilih tidak sesuai, maka tampilan juga akan semakin kacau.

Salah satu motif tile yang bisa digunakan adalah batu alam. Motif ini benar-benar menarik dan bisa digunakan untuk menunjang desain interior. Tile dengan motif batu alam juga dapat memberikan kesan alami dan santai.

2. Jenis Permukaan Tile

Tips selanjutnya dalam memilih tile adalah perhatikan permukaan tile. Seperti yang diketahui bahwa ada dua jenis permukaan tile yaitu polished dan unpolished.

Pastikan sebelum membeli tile, anda harus mengetahui kedua jenis permukaannya. Hal tersebut juga akan mempengaruhi tampilan ruangan. Terlebih lagi jika desain ruangan yang digunakan sudah ditentukan sebelumnya.

Desain tile untuk interior rumah bisa menggunakan polished atau unpolished. Keduanya menarik dan bisa digunakan sesuai selera. Lalu apa perbedaan kedua jenis permukaan tile ini?

Untuk tile dengan jenis polished terkesan lebih mewah dan elegan. Oleh karena itu, apabila anda menginginkan interior yang mewah bisa memilih polished. Efek yang diberikan begitu menarik dan mengkilap. Kesan yang mewah akan selalu tercipta.

Berbeda halnya jika anda menginginkan ruang yang hangat namun tetap elegan, maka anda bisa memilih jenis permukaan tile unpolished. Tile dengan jenis unpolished juga memberikan kesan alami dan natural.

Baca juga: 5 Model Sofa Ruang Tamu Minimalis untuk Gaya Interior Rumah Anda

Terkadang ada beberapa orang yang memilih tile polished dan juga sebaliknya. Pemilihan tersebut bisa disesuaikan dengan selera. Permukaan polished lebih mengkilap dibandingkan dengan unpolished. Namun keduanya tetap elegan.

3. Perhatikan Ukuran yang Dipilih

Tips selanjutnya adalah memilih ukuran tile. Desain tile untuk interior rumah juga harus memperhatikan ukuran. Sebab, ukuran tile akan berpengaruh pada desain interior itu sendiri.

Terkadang ada beberapa orang yang memilih ukuran besar agar tidak terlihat pola garisnya. Begitupun sebaliknya jika memilih ukuran yang lebih kecil, pola garisnya akan semakin terlihat.

Sehingga anda bisa memilih tile yang dapat menyatu dengan desain atau gaya yang digunakan pada ruangan. Kini perkembangan penggunaan tile berukuran besar sudah semakin meningkat. Terutama untuk gedung-gedung besar dan mewah.

Biasanya tile yang digunakan juga lebih besar. Beberapa tips diatas bisa anda gunakan untuk memilih desain tile untuk interior rumah. (R10/HR-Online)