Di Tengah Pandemi Covid-19, Aksi Pencurian Ternak Ayam Resahkan Warga Banjaranyar Ciamis

Aksi pencurian ternak ayam mulai resahkan warga Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Ilustrasi.
Aksi pencurian ternak ayam mulai resahkan warga Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Ilustrasi.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Di tengah pandemi Covid-19, aksi pencurian ternak ayam mulai resahkan warga Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Kabar terebut dibenarkan oleh Nana, salah seorang perangkat Desa Cigayam, saat di hubungi HR Online, Senin (13/04/2020). Ia menyebutkan, saat ini banyak ternak ayam milik warga hilang dalam kurun waktu bersamaan.

“Informasi yang masuk begitu. Malam kemarin juga ada empat kandang ayam milik warga Dusun Sidamulya yang disatroni oleh maling,” terang Nana.

Sementara itu, Sahyo, salah seorang warga kampung Cigarut, Dusun Sidamulya, mengatakan, maling ayam tersebut bukan hanya beraksi  saat malam hari, namun juga terjadi di siang hari.

“Ayam saya juga banyak yang hilang, kejadiannya siang hari. Saat itu kan seperti biasa saya selalu memberi pakan ayam peliharaan saya setiap sorenya, nah saat memberi pakan itulah saya baru ngeuh jika ada beberapa ayam milik saya yang hilang,” tuturnya.

Bahkan, lanjut Sahyo, bukan hanya ayam  miliknya saja yang berhasil dicuri, tapi ayam peliharaan warga lainnya juga sama banyak yang hilang.

“Ayam milik Pak Dodo dan Endang juga sama pada hilang tuh” kata Sahyo.

Hal senada dikatakan Abdul Mugni (32), warga lainnya, bahwa saat ini lingkungan­nya sudah mulai tidak aman. Dalam rentan waktu beberapa hari ini sejumlah kandang ayam milik warga disatroni maling.

“Sekarang ini warga jadi resah akibat setiap malam ada saja yang kehilangan ayamnya. Entah ini efek dari banyaknya warga yang kehilangan pencaharian akibat Covid-19 atau apalah, yang jelas saat ini kampung kami sudah tidak aman dari aksi maling ayam,” kata Mugni. (Suherman/R3/HR-Online)