Etika Penumpang Pesawat, Jangan Bikin Malu!

Etika Penumpang Pesawat, Jangan Bikin Malu!

Berita Travel, (harapanrakyat.com).- Etika penumpang pesawat, jangan bikin malu! Belakangan sempat viral sebuah video yang menangkap adegan seorang penumpang pesawat melakukan tindakan tidak menyenangkan terhadap pramugari.

Video ini menjadi luas diperbincangkan dan banyak orang menyayangkan perbuatan tersebut. Sejatinya ada etika penumpang pesawat yang wajib diterapkan oleh siapapun, termasuk Anda.

Berikut perilaku yang tepat di pesawat yang perlu diingat!

Duduk Sesuai Nomor pada Boarding Pass

Setiap calon penumpang, akan diberikan tiket yang di dalamnya sudah tertera nomor kursinya. Nah, ini bermaksud supaya tidak adanya perebutan antara satu dengan penumpang lain.

Kemudian, yang perlu dilakukan oleh penumpang ialah duduk sesuai dengan nomor kursi. Awas jangan asal duduk sekenanya, karena bisa saja jadi kursi itu milik orang lain.

Mengikuti Perintah Kru Pesawat

Menggunakan pesawat tidak sama seperti berkendara dengan mobil atau transportasi lainnya. Ada lebih banyak risiko dalam perjalanan.

Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat naik pesawat, yang perlu penumpang lakukan adalah menaati apa yang dikatakan oleh kru.

Selanjutnya, jalankan apa yang diminta oleh mereka sebagai bagian dari cara keselamatan.

Menaruh Barang pada Loker

Jika ini akan menjadi perjalanan pertama naik pesawat, Anda perlu tahu bahwa barang bawaan tidak bisa dibawa bersama. Nantinya, akan disediakan loker khusus untuk masing-masing penumpang.

Menyimpan barang pada loker ini menjadi salah satu etika penumpang pesawat. Etika ini wajib dilakukan supaya barang bawaan tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan anda dan penumpang lain.

Dilarang Masuk ke Kokpit

Hal yang perlu Anda garis bawahi adalah larangan untuk masuk ke dalam ruang pilot atau kokpit.

Hal ini dikarenakan pilot membutuhkan ruang privacy yang sebaiknya tidak diganggu oleh orang lain, termasuk para penumpang.

Masuk ke kokpit sama saja menghalangi pilot untuk melaksanakan tanggung jawabnya.

Dilarang Merusak dan Membawa Properti Pesawat

Sama ketika Anda menggunakan transportasi masal seperti kereta atau bus, etika sebagai penumpang yang harus dijalani adalah tidak mengambil atau merusak properti kendaraan.

Contohnya seperti mengambil dengan sengaja alat makan yang disediakan, mencoret-coret dinding dalam pesawat, dan tindakan tidak terpuji lainnya.

Sebagai pribadi yang menggunakan jasa penerbangan, menjaga dengan baik apa yang tersedia dalam pesawat sangat penting.

Tidak Mengganggu Penumpang Lain

Etika penumpang pesawat yang juga wajib dijalankan yaitu tidak mengganggu penumpang lain.

Mengganggu penumpang lain bisa terjadi dengan berbagai cara seperti mengajak bicara tanpa henti sehingga orang tersebut tidak bisa istirahat.

Mendengarkan musik dengan keras, menggunakan kursi penumpang lain untuk menaruh barang pribadi dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Itulah beberapa penumpang pesawat yang wajib ditaati oleh calon penumpang. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...