Film Tentang Virus, Ceritanya Mirip Wabah Covid-19

Film Tentang Virus
Contagion dan The Flu, film tentang virus yang mirip wabah Covid-19 saat ini. Foto : net/ist

Film tentang virus yang plot atau ceritanya mirip dengan pandemi wabah Covid-19 seperti saat ini, bisa menjadi referensi Anda yang sedang #dirumahaja.

Film tersebut dapat mengusir rasa bosan yang terus menerus di dalam rumah. Hal itu sesuai dengan anjuran dari pemerintah tentang pentingnya social distancing, agar menekan penyebaran virus mematikan ini.

Memang dengan mengurangi kegiatan di luar namun diganti dengan bekerja serta belajar di dalam rumah, awalnya tentu menyenangkan.

Namun, lambat laun rasa bosan, jenuh mau bikin apa lagi di dalam rumah pasti akan ‘menyerang’ Anda. Untuk itu salah satu cara mengusir rasa jenuh adalah dengan hiburan.

Hiburan tersebut dapat dilakukan bersama keluarga seperti bermain game atau bahkan menonton film, baik di televisi maupun via streaming.

Untuk Anda yang memerlukan rekomendasi, tidak salahnya menonton film tentang virus, atau wabah penyakit yang bisa dijagikan pelajaran untuk melawan pandemi Covid-19.

Seperti kita ketahui, bahwa virus Corona ini sungguh kejam, dengan tidak memandang bulu siapa yang menjadi target.

Bahkan, beberapa film yang sudah dirilis, memprediksikan tentang bahaya virus yang menyerang manusia dengan memakan korban jiwa tidak sedikit.

Salah satu film tentang virus yang ceritanya mirip dengan wabah Covid-19 saat ini adalah Contagion.

Di dalam alur cerita dari movie tersebut, sudah memprediksi akan adanya virus mematikan yang dengan mudahnya menular dan membunuh manusia.

Akan tetapi, bukan hanya Contagion saja yang mengisahkan mirip Corona. beberapa film lainnya juga ada yang memiliki plot sama tentang wabah virus mematikan.

Apa saja film tersebut? Berikut ini daftar movie yang menceritakan kekejaman virus sampai memakan korban jiwa tidak sedikit.

Contagion, Film Tentang Virus Mirip Corona

Contagion yang merupakan film besutan dari sutradara Steven Soderbergh terinspirasi dari wabah virus SARS yang terjadi pada tahun 2002 sampai 2004, serta flu tahun 2009.

Film yang tayang di bioskop pada tahun 2011, bercerita ternyang penyebaran virus yang asalnya dari hewan babi serta kelelawar, atau dinamakan MECV-1.

Contagion yang merupakan film tentang virus ini menceritakan seorang warga Amerika Serikat, Beth Emhoff yang diperankan Gwneth Paltrow, baru saja pulang dari negara Hongkong.

Namun saat tiba di rumahnya, Beth Emhoff langsung terserang flu. Sampai lama kelamaan kondisinya semakin memburuk.

Sehingga, Beth Emhoff harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. Namun sayang nyawa Beth Emhoff tidak bisa diselamatkan.

Tidak berselang lama, banyak orang jatuh sakit yang kondisinya serupa dengan Beth Emhoff, seperti demam tinggi, flu, sampai kejang-kejang.

Namun si penderita yang mengalami gejala tersebut tidak lama meninggal dunia. Selain itu, virus itu bisa menyebar ke manusia dengan cepat, sehingga korban jiwa menjadi bertambah dengan cepat.

Pemerintah AS langsung menyelidi dan berupaya mencegah agar virus tersebut tidak menular cengan cepat ke manusia.

Sesudah dilakukan penyelidikan mendalam, akhirnya penyebab awal dari virus misterius itu yaitu MEV-1 atau Virus Meningoencephalitis One, dari kelelawar.

Saat virus MEV-1 menyebar, Kota Chicago pun langsung mengkarantina diri atau kerennya dinamakan lockdown. 

Nah kisah dari film tentang virus, Contagion ini, mirip dengan yang terjadi sekarang ini. Seperti penyebaran virus yang cepat, hewan pembawa virus, sampai situasi lockdown.

The Flu

Cerita dari film yang ditayangkan di bioskop tahun 2013 ini, terjadi di negara Korea Selatan. Sehingga dari seluruh ceritanya mengisahkan perjuangan warga Korsel.

The Flu sendiri hampir sama dengan Contagion, yang merupakan film tentang virus Flu Burung yang mematikan dan dengan mudah menyerang manusia.

Media dari penyebaran virus dalam film The Flu ini adalah udara, sehingga dengan cepat menginfeksi masyarakat yang ada di Bundang, Korea Selatan.

Plot atau alur cerita dari The Flu adalah tentang Flu Burung atau wabah virus H5N1, yang dalam 36 jam memakan korban yang tidak sedikit.

The Flu garapan sutradara Kim Sung-su ini, mengisahkan tentang kelompok imigran dari Filipina, yang diselendupkan ke Korsel di dalam kontainer.

Di dalam kontainer tersebut, ada salah satu imigran yang membawa virus H5N1 ini. Sehingga seisi kontainer tersebut saat tiba di Korsel sudah tidak bernyawa.

Namun masalahnya, dalam cerita The Flu yang merupakan film tentang virus ini, saat dibukan kontainer tersebut malah menjadi malapetaka bagi negara Korsel.

Dengan cepatnya virus H5N1 atau flu burung ini, langsung menular ke kota di Korsel ini melalui udara.

Bisa dibayangkan berapa nyawa yang melayang setelah terpapar dengan mudahnya virus flu burung ini.

Bahkan dalam film tentang virus ini tidak hanya menyorot di Korsel saja, melainkan H5N1 ini juga menyerang negara di seluruh dunia.

Tentunya kejadian dalam film The Flu tersebut hampir mirip dengan apa yang terjadi saat ini, yaitu wabah virus Corona.

World War Z

Jika dua film di atas seperti kejadian nyata bukan seluruhnya fiksi, beda halnya dengan World War Z, walapun sama-sama bercerita tentang wabah virus.

Film tentang virus yang satu ini bertemakan zombie, yang asal muasalnya dari virus. Sehingga World War Z lebih menitik beratkan fiksi yang belum pernah terjadi.

Cerita dari film ini adalah perjuangan Gerry Lane yang diperankan aktor kawakan Brad Pitt, yang merupakan seorang mantan pegawai PBB.

Dia bersama istri serua dua anaknya terjebak kemacetan di salah satu kota di Amerika Serikat, saat segerombolan zombie menyerang kota tersebut.

Namun akhirnya, Gerry bersama keluarganya bisa diselamatkan, yang kemudian mengungsi di kapal milik US Navy.

Di kapal milik militer AS itu, terdapat beberapa anggota militer serta ilmuwan yang sedang menganalisis kejadian menakutkan akibat zombie tersebut.

Inti dari cerita dalam film tentang virus ini, selain sisi menegangkan juga sama penyebab menyerang manusia adalah virus mematikan. (Adi/R5/HR-Online)