Fitur Baru Di Google Meet yang Perlu Diketahui

fitur baru di Google Meet
Fitur Baru di Google Meet. Foto: Ist/Net

Fitur baru di Google Meet akan segera dihadirkan sebagai upaya dalam memanfaatkan masalah keamanan dengan layanan saingan Zoom.

Google berencana untuk menambahkan tampilan seperti galeri Zoom pada layanan video konferensi yang dimilikinya, yakni Google Meet.

Layanan yang berfokus pada bisnis dan pendidikan tersebut memungkinkan para pengguna untuk memulai panggilan. Selain itu juga bisa bergabung dengan rapat langsung dari Gmail. Fitur baru tersebut mulai ditawarkan Google pada tanggal 16 2020.

Fitur Baru di Google Meet

Empat fitur terbaru yang terdapat di layanan video konferensi Google Meet telah resmi diumumkan oleh pihak raksasa teknologi Google pada pekan lalu.

Fitur baru ini diantaranya meliputi tampilan ataupun tata letak layar. Hal ini dapat mengingatkan penggunanya pada aplikasi Zoom.

Berdasarkan Tech Republic pada Kamis tanggal 23 April 2020 lalu, menyatakan aktivitas dari rumah sangatlah penting demi kesehatan. Apalagi di tengah mewabahnya virus Corona di berbagai wilayah negara di dunia.

Adanya aplikasi video konferensi merupakan salah satu solusi untuk mendukung aktivitas sehingga tetap bisa berjalan dengan baik.

Mengetahui Empat Fitur Baru di Google Meet

Telah diketahui Google Meet hanya tersedia untuk bisnis, pemerintah, serta sekolah-sekolah. Hal ini berbeda dengan Google Hangouts yang lebih berfokus pada konsumen biasa. Fitur yang telah diluncurkan oleh Google Meet antara lain:

Berbagi Video dan Audio dengan Kualitas Tinggi

Salah satu fitur yang ditambahkan pada Google Meet adalah fitur yang mampu berbagi video. Termasuk juga audio yang berkualitas tinggi yang menjadi salah satu keunggulannya.

Google menyatakan bahwa fitur tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dalam rapat jarak jauh.

Mode Low-Light di Ponsel

Google juga menambahkan adanya mode minim cahaya pada versi seluler Google Meet. Fitur baru di Google Meet ini dapat menerangi video pengguna. Penerangan ini mengkompensasi pencahayaan yang kurang ideal pada lingkungan mereka.

Untuk saat ini fitur tersebut telah tersedia pada ponsel, akan tetapi Google menyatakan fitur mode low-light akan segera ditambahkan ke versi web Meet.

Fitur ini diketahui telah menggunakan AI yang secara otomatis dapat menyesuaikan kecerahan video para pengguna.

Hal ini dapat menghasilkan rekaman gambar anda pada layar pengguna lain menjadi lebih terlihat jelas meskipun dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Google menyatakan bahwa fitur baru di Google Meet ini diluncurkan pada smartphone serta akan tersedia untuk web di masa depan.

Filter Noise Latar Belakang

Bagi para user Google Meet yang mempunyai G Suite Enterprise serta Suite For Education dimana bisa memakai perangkat cerdas filter bising yang sumbernya berasal dari latar belakang user.

Adanya gangguan bising alias noise bisa berasal dari gonggongan anjing, obrolan orang lain, teriakan anak, serta suara dari mesin bermotor.

Pada awalnya fitur baru di Google Meet tersebut tersedia pada klien web, akan tetapi sekarang semakin diperluas pada perangkat seluler di masa yang akan datang.

Tampilan Video Diperluas

Saat ini Google semakin memperluas tampilan video yang hadir pada Google Meet dari empat orang secara bersamaan menjadi 16 orang. Hal ini sangat mirip dengan aplikasi Zoom.

Perusahaan Google pun sangat berharap para pengguna menjadi punya pilihan tata letak video tambahan serta dukungan guna bertemu dengan peserta lain yang terlihat lebih banyak.

Banyak lembaga bisnis atau pemerintahan saat ini sangat mengandalkan fitur baru di Google Meet sebagai salah satu alat video konferensi. Hal ini tentunya akibat dampak dari penyebaran wabah virus Corona yang mengharuskan mereka untuk work at home.

Selain itu, pilihan antar muka baru dari Google meluncurkan fitur bernama Present A Chrome Tab pada aplikasi video conference Hangouts Meet.

Dalam hal ini, Google menyebutkan bahwa fitur tersebut memiliki fungsi yang hampir serupa dengan fitur sharing layar monitor yang telah terdapat pada aplikasi mereka.

Kelebihan penggunaan fitur ini, anda akan memperoleh kualitas video dan audio dengan tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan fitur sharing pada layar biasa. Fitur Present A Chrome Tab telah resmi hadir mulai tanggal 22 April 2020.

Dengan adanya fitur baru di Google Meet, dapat memudahkan anda dalam berbagi video serta audio bersama orang lain dengan kualitas yang sangat baik serta beragam kelebihan lainnya. (R10/HR-Online)