Fitur di Aplikasi Zoom yang Memudahkan Pertemuan Online

fitur di aplikasi zoom
Fitur di aplikasi Zoom yang memudahkan untuk pertemuan online. Foto: Ist/Net

Fitur di aplikasi Zoom sangat mempermudah para penggunanya. Aplikasi ini begitu terkenal di berbagai kalangan. Terutama untuk kalangan yang terkena dampak kebijakan work from home. Pengguna aplikasi ini sangat meningkat akibat pandemi Corona.

Aplikasi ini bergerak pada layanan panggilan video. Sehingga para pengguna bisa berkomunikasi seperti panggilan video. Aplikasi ini sangat menarik perhatian banyak orang karena fungsinya.

Aplikasi ini menjadi salah satu fasilitas unggulan untuk kegiatan WFH. Aplikasi ini bisa dioperasikan menggunakan mobile phone.

Kemudian bisa digunakan untuk melakukan konferensi video jarak jauh. Tidak heran jika aplikasi ini disukai oleh banyak orang.

Fitur di Aplikasi Zoom Untuk Berbagai Kemudahan

Wabah virus Corona semakin hari semakin menyebar. Bahkan selalu menambah orang yang terjangkit. Hal ini membuat kebijakan WFH diberlakukan.

Tidak hanya bekerja dari rumah saja, tetapi juga para siswa. Sebab, kegiatan belajar mengajar juga harus diliburkan dan diganti di rumah. Sehingga semua kegiatan dilakukan secara daring.

Hal ini membuat banyak orang harus memanfaatkan teknologi yang tersedia. Salah satunya adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan konferensi dalam jarak yang begitu jauh. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan konferensi video yang dilakukan

Sama halnya dengan beberapa aplikasi lain, Zoom juga telah dibekali dengan beberapa fitur. Fitur di aplikasi Zoom bisa dimanfaatkan agar kegiatan konferensi video lebih lancar lagi.

Aplikasi Zoom ini memang menjadi solusi untuk media komunikasi jarak yang begitu jauh. Berikut ini beberapa fitur yang ada di dalam Zoom.

1. Rekam Panggilan Video

Salah satu fitur yang juga menjadi kelebihan aplikasi Zoom adalah perekaman. Aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam sekaligus menyimpan video selama panggilan berlangsung. Kehadiran fitur ini tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi para pengguna.

Sebab, hasil rekaman tersebut nantinya bisa disimpan di dalam komputer. Setelah itu, bisa diunggah ke berbagai layanan seperti dropbox.

Fitur di aplikasi Zoom ini terbilang cukup menarik. Sebab, anda bisa mendapatkan hasil rekaman dengan berbagai jenis format. Diantaranya adalah MP4, M4A, bahkan M3U.

Cara untuk menggunakan fitur ini terbilang cukup mudah. Sebab, anda hanya perlu memilih menu rekam atau record pada bar yang sudah disediakan.

2. Touch Up My Appearance

Fitur selanjutnya juga tidak kalah menarik. Sebab, fitur yang satu ini berfungsi untuk memfilter tampilan wajah. Fitur ini sangat berguna untuk menunjang tampilan wajah.

Seperti menghaluskan wajah, kemudian mencerahkan warna kulit dan sebagainya. Fitur ini memang sengaja ditambahkan agar pengguna lebih nyaman.

Fitur di aplikasi Zoom ini bisa diaktifkan dengan mudah. Anda bisa membuka menu Profil Image, klik Settings atau Pengaturan.

Setelah itu, anda bisa mengeklik Video Touch Up My Apperance. Kemudian anda bisa menyesuaikan tampilan wajah yang diinginkan.

3. Virtual Background

Aplikasi Zoom masih memiliki beberapa fitur lainnya. Salah satunya adalah fitur Virtual Background. Terkadang pengguna merasa terganggu dengan latar belakang yang tidak menarik. Hal ini membuat panggilan video merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, aplikasi Zoom menghadirkan sebuah fitur. Fitur Virtual Background ini memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang.

Aplikasi ini memiliki beragam latar belakang yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Fitur di aplikasi Zoom ini juga memungkinkan anda untuk merubah gambar sesuai dengan selera.

4. Host a Meeting

Fitur yang selanjutnya adalah Host a Meeting. Fitur ini memberikan kesempatan salah satu peserta untuk menjadi pemimpin.

Setelah menjadi pimpinan meeting, maka anda bisa melakukan pengaturan pada meeting tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kekondusifan saat melakukan konferensi video.

5. Scedhule and Join a Meeting

Aplikasi Zoom juga telah menyematkan fitur lainnya. Fitur tersebut berkaitan dengan jadwal kegiatan meeting yang akan dilakukan.

Pemimpin dari sebuah meeting bisa mengatur jadwal pertemuan online. Dengan adanya fitur ini, anda bisa melakukan meeting secara terjadwal.

Beberapa fitur di aplikasi Zoom diatas memang menunjang kegiatan konferensi video. Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan agar pengguna lebih nyaman ketika meeting. Kegiatan work from home juga lebih lancar meski dengan suasana yang berbeda. (R10/HR-Online)