Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series yang Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series masih ada yang ‘tersembunyi’, membuat jarang orang mengetahuinya. Padahal fitur pada Samsung Galaxy S20 Series itu sangat berguna.

HP Samsung Galaxy S20 series yang hadir di pasa ponsel Tanah Air, 6 Maret 2020 lalu, membawa 3 varian, S20 reguler, S20+ (Plus) dan S20 Ultra.

Kehadiran varian terbaru asal vendor Korea Selatan di Indonesia itu, bisa mengubah cara pengguna mengabadikan momen penting dengan memakai kamera berteknologi canggih.

Selain itu, Samsung Galaxy S20 Series ini hadir dengan beragam fitur unggulan, yang bisa membantu pengguna lebih produktif selama #DiRumahAja.

Hal tersebut dikatakan Head of Product Marketing IT dan Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant.

“Samsung Galaxy S20 Series bukan cuma menawarkan spek yang mutakhir, tapi juga didukung software atau perangkat lunak yang intuitif,” ucapnya.

Menurutnya, selama #DiRumahAja, pengguna bisa memanfaatkan waktu untuk menjelajahi fitur “tersembunyi” yang inovatif dari ponsel ini.

“Fitur yang ‘tersembunyi’ itu bisa membantu pengguna memudahkan aktivitas harian serta menjadi lebih produktif,” katanya.

Menjelajahi Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series

Sejatinya, smartphone flagship dibekali dengan fitur yang lebih diunggulkan ketimbang kelas di bawahnya. Seperti halnya yang ada pada Galaxy S20 Series.

Lantas apa saja fitur “tersembunyi” yang ada pada smartphone besutan Samsung itu? berikut ini ulasannnya.

Mode Rekam di Kamera Samsung Galaxy S20

HP Samsung Galaxy S20 Series memang terkenal dengan kecanggihan di sektor kameranya, baik itu di kamera belakang ataupun depan.

Salah satu fitur HP Samsung Galaxy S20 Series yang “tersembunyi” namun sangat bermanfaat adalah mode rekam ‘instan’ yang ada di kameranya.

Untuk menggunakan mode tersebut berikut penjelasannya. Pada tombol ‘foto’ ketika masuk ke fitur kamera, ternyata tombol tersebut bisa multifungsi.

Bukan hanya untuk mengambil foto, pengguna pun bisa mengambil video dengan mudah. Jadi, cukup tahan tombol ‘foto’ lebih lama sampai merubah otomatis ke mode video.

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series ini sangat cocok dipakai, ketika Anda memiliki rencana memotret, tapi menemukan momen yang sayang jika tidak direkam dengan video.

Contohnya, ketika memotret anak saat belajar di rumah, Anda bisa dengan mudah mengabadikan momen itu ke dalam bentuk video, tanpa perlu mengubah pengaturan.

Belum lagi, adanya fitur tersebut memudahkan pengguna yang bisa dengan langsung menjadikan atau membuat GIF.

Cara itu bisa dengan mengusap tombol ‘foto’ ke bawah, kemudian secara otomatis perangkatini mengambil gambar berbentuk GIF.

Langkah tersebut bisa dengan usap tombol ‘foto’, lalu membuka menu pengaturan kamera, setelah itu pada pilihan ‘usap tombol rana tepi’ tekan mode ‘buat GIF’, atau gambar berulang-ulang.

Fitur Bixby Layaknya Asisten Pribadi

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series lainnya, yang sangat jarang diketahui pengguna padahal sangat bermanfaat adalah Bixby.

Fitur ini merupakan teknologi pada HP Samsung Galaxy S20 series, yang bisa pengguna maksimalkan manfaatnya yang lebih dari sekedar asisten pribadi.

Jadi, selama menjalankan #DiRumahAja, fitur Bixby ini bisa membantu penggunanya untuk mengatur ponsek pintar itu dengan mudah.

Seperti fitur Bixby Routine, yang memudahkan pengguna mengatur mode normal atau dering getar sesuai dengan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau lainnya.

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Series ini bisa berguna bagi yang hoby main game online, sehingga bisa mengaktifkan do not disturb/flight mode ketika bermain game.

Atau juga bisa secara otomatis menonaktifkan notifikasi di setiap aplikasi, supaya bisa lebih fokus pada aplikasi yang tengah dijalankan.

Manfaat lainnya, Bixby juga dapat mencatat tanggal penting seperti ulang tahun atau lainnya yang dimasukkan ke dalam kalender.

Guna mengaktifkan fitur ini, yang pertama Swipe down dropdown menu yang ada pada home, serta tekan tombol pengaturan yang posisinya di kanan atas.

Setelah itu, pilih menu Fitur Lanjutan atau Advanced Feature. Lalu mengaktifkan Bixby Routines caranya dengan menggeser tombol ke sebelah kanan.

Setelah itu, atur rutinitas sesuai keinginan dengan memilih menu Bixby Routines. Untuk pada menu Bixby Routines itu, default-nya disediakan 14 rutinitas.

Namun, jika pengguna mau menambahkan rutinitas terbaru, tinggal tekan tombol “+” yang ada di pojok kanan atas menu.

Fitur Live Caption

Fitur HP Samsung Galaxy S20 Sseries selanjutnya adalah Live Caption. Fitur ini bisa dengan otomatis mendapatkan caption atau transkrip di media tertentu secara real-time.

Sebagai contoh, saat pengguna sedang menyaksikan video dari YouTube tentang diskusi berbahasa Inggris, maka fitur ini bakal memberikan transkrip dengan langsung di bagian bawah layar.

Jadi, pengguna dengan mudahnya membaca semua percakapan yang ada pada video tersebut.

Guna menyalakan fitur Live Caption, langkah pertama swipe down dropdown menu yang ada pada home, kemudian tekan tombol pengaturan yang berada di kanan atas.

Setelah itu, menekan menu aksesibilitas, tekan juga menu peningkatan pendengaran, lalu tekan atau pilih menu Live Caption.

Langkah terakhir aktifkan fitur Live Caption atau teks otomatis dengan cara menggeser tombol ke sebelah kanan.

Nah, setelah tahu fitur HP Samsung Galaxy S20 Series yang “tersembunyi” tapi kaya kaan manfaatnya itu, mulai dari sekarang mumpung #DiRumahAja, Anda bisa menjelajahi dengan santai. (Adi/R5/HR-Online)