Jumat, Desember 9, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Quiet Mode di Facebook, Kemudahan dalam Berjejaring Sosial

Fitur Quiet Mode di Facebook, Kemudahan dalam Berjejaring Sosial

Pengguna sosial media kini tengah dihebohkan dengan munculnya fitur Quiet Mode di Facebook. Bagi anda yang gemar menggunakan Facebook sebagai media komunikasi dengan orang-orang terdekat, maka adanya fitur baru ini tentu saja akan memberikan kemudahan.

Facebook sendiri merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang begitu populer di kalangan anak muda. Sudah sejak lama ketika Facebook mulai diluncurkan, yaitu pada Februari 2004 yang lalu.

Sudah barang tentu, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Mengingat hal tersebut, bukan tidak mungkin bila pihak Facebook sendiri telah mengembangkannya menjadi lebih canggih dan juga modern.

Apa Itu Fitur Quiet Mode di Facebook?

Quiet Mode merupakan sebuah inovasi baru yang memungkinkan seluruh layanan yang ada di Facebook dibuat senyap atau diam sementara waktu.

Sehingga, dapat mengurangi dan meminimalisir gangguan yang dapat ditimbulkan dari adanya push notifikasi.

Baca juga: Fitur Transfer Foto dan Video Facebook Akan Segera Dirilis Tahun Depan

Bukan hanya itu saja, dengan fitur Quiet Mode, anda dapat membatasi diri sendiri untuk tidak kecanduan menggunakan hingga bermain media sosial.

Meskipun fitur tersebut terkesan hebat, akan tetapi terdapat beberapa kekurangan. Satu diantaranya dimana fitur Quiet Mode di Facebook ini baru akan dihadirkan untuk pengguna iOS saja.

Sedangkan untuk pengguna Android, harus menunggu hingga Mei 2020 mendatang guna menggunakan fitur Quiet Mode tersebut.

Fungsi Quiet Mode Dihadirkan di Facebook

Berdasarkan pernyataan sebelumnya, fitur Quiet Mode ini juga dapat disebut sebagai fitur tambahan untuk aplikasi mobile dengan fungsinya menghentikan pemberitahuan sementara waktu.

Bukan hanya itu saja, fitur tersebut juga dapat memungkinkan bagi anda untuk meminimalisir adanya gangguan.

Dimana para penggunanya diberikan kebebasan dalam mematikan push notifikasi aplikasi untuk jangka waktu tertentu yang diinginkan.

Fungsi lainnya dari fitur Quiet Mode di Facebook ini juga sebagai pembaruan di postingan Covid Newsroom.

Maksudnya, adanya Quiet Mode ini menjadi salah satu cara bagi para penggunanya untuk menetapkan batasan-batasan mengenai bagaimana mereka dalam menghabiskan waktu di Facebook saat sedang menyesuaikan diri dengan rutinitas keseharian yang baru. Terutama saat sedang bekerja dari rumah selama pandemi virus Corona.

Masih berbicara soal fungsi fitur Quiet Mode. Fungsi lainnya dari fitur ini juga bisa mempengaruhi pintasan preferensi umpan berita serta pengaturan pemberitahuan. 

Sebab inilah para pengguna mampu mengontrol apa saja yang akan ditampilkan di dalam Facebook yang dimiliki.

Alasan Fitur Quiet Mode di Facebook

Dibuatnya Quiet Mode di dalam Facebook ini tidak serta merta tanpa alasan begitu saja. Selain untuk mencapai fungsinya, juga ingin memberikan kenyamanan bagi para pengguna Facebook itu sendiri.

Ketika kita memasuki aplikasi Facebook, sadar ataupun tidak seringkali anda memperoleh notifikasi secara terus menerus. Tak jarang beberapa pengguna Facebook merasa jengkel dan terganggu dengan munculnya notifikasi tersebut.

Tak dapat kita pungkiri, sebagian besar orang memanfaatkan adanya aplikasi yang membantu memudahkan jalinan komunikasi. Meskipun demikian, tak luput pula untuk menginginkan sebuah ketenangan saat mengakses media sosial.

Baca juga: Fitur Popular Photos Facebook Sedang Tahap Uji Coba dan Segera Dirilis

Alasan lain mengapa fitur Quiet Mode di Facebook ini dihadirkan juga di latarbelakangi dengan penyesuaian diri, rutinitas baru, lebih seringnya tinggal di dalam rumah, serta menetapkan batasan saat menghabiskan waktu online dengan cara yang lebih bisa membantu anda.

Seperti halnya membantu anda untuk fokus dengan keluarga maupun teman, tidur tanpa menemukan gangguan, dan yang paling penting adalah mengatur bagaimana anda menghabiskan waktu di dalam rumah.

Selain itu, Quiet Mode ini juga diharapkan bisa menjadi sebuah alat untuk membantu anda menemukan keseimbangan waktu yang tepat saat menggunakan Facebook.

Cara Kerja Fitur Quiet Made

Penggunaan fitur Quiet Mode ini memiliki cara kerja yang terbilang mudah. Anda cukup dengan mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Anda sendiri pun dapat menjadwalkannya supaya berjalan secara otomatis dengan waktu yang telah ditentukan.

Misalnya saja, jika anda bekerja dari rumah di mulai pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore, maka anda dapat mengatur fitur Quiet Mode di Facebook ini sehingga bisa berjalan secara otomatis selama anda bekerja. Anda pun tidak akan tergoda untuk membuang waktu di aplikasi Facebook. (R10/HR-Online)