Ingin Membranding Bisnis Franchise Makanan Terlaris? Baca Ini Dulu!

Ingin Membranding Bisnis Franchise Makanan Terlaris, Baca Ini Dulu!
Membangun bisnis franchise makanan terlaris sebenarnya tidaklah sulit-sulit amat. Foto:Ist/Net

Membangun bisnis franchise makanan terlaris sebenarnya tidaklah sulit-sulit amat. Apalagi jika franchise makanan itu menjual barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang setiap hari pasti akan laris.

Yang justru sulit adalah membangun branding tanpa cela dan kualitas makanan yang dihasilkannya berkualitas sesuai standar. Inilah yang membuat usaha waralaba memiliki nilai jual yang tinggi.

Kelebihan bisnis waralaba yang utama adalah nama brand yang telah terbangun dan sistemnya yang telah teruji. Dibandingkan jenis waralaba lainnya, franchise makanan termasuk yang banyak diminati para pelaku bisnis.

Jika Anda perhatikan, ada banyak penjual makanan di pinggir jalan yang tampil memikat dengan gerobak makanannya yang menarik dan brand waralaba yang cukup dikenal. Mereka adalah pembeli franchise makanan terlaris.

Membeli waralaba memang banyak kelebihannya meskipun membutuhkan modal yang besar. Dengan brand dan sistem yang sudah ada, pembeli tinggal meneruskan usaha tersebut tanpa perlu repot memikirkan manajemennya.

Bisnis franchise atau waralaba, seperti dikutip Wikipedia, adalah pemberian hak untuk menjual suatu produk, jasa, atau layanan kepada orang atau perusahaan lain. Penjualan hak waralaba biasanya diikat dalam suatu kontrak dengan batas waktu tertentu.

Membangun Brand Bisnis Franchise Makanan Terlaris

Jika Anda berniat untuk membuat bisnis franchise makanan terlaris yang akan ditawarkan kepada pelaku bisnis lainnya, ada banyak faktor yang mesti dibangun. Berikut ini beberapa langkah penting merintis dan membangun usaha waralaba.

  1. Membuat Ciri Khas Usaha

Sukses sebuah bisnis sangat ditentukan adanya ciri khas yang membedakan dengan bisnis sejenis. Jika Anda ingin menjual donat, buatlah donat yang unik dan berbeda dari yang ada. Seperti donat ubi ungu, donat bentuk kotak, dan lainnya.

2. Standar Sistem Operasional Usaha

Untuk membangun standar sistem operasional usaha Anda harus rajin mencatat dan membukukan aktivitas yang Anda lakukan. Melalui proses yang lama, standar operasional dan prosedur (SOP) bisnis akan bisa dibangun dengan kuat.

3. Grafik Keuntungan Selalu Naik

Agar bisnis franchise makanan terlaris Anda mudah diduplikasi dan dijalankan orang lain, Anda harus membangun bisnis yang mampu memberikan laba yang selalu naik dari waktu ke waktu. Selalu catat progres yang Anda lakukan.

4. Pola Duplikasi yang Praktis

Merencanakan bisnis waralaba mesti direncanakan sejak awal. Dari aktivitas bisnis yang dijalankan, Anda harus membuat pola duplikasi agar nantinya bisa dengan mudah dipraktekkan dan dijalankan oleh franchise atau orang yang membeli waralaba Anda.

5. Supporting Management

Sebagai pemilik franchise makanan terlaris, Anda wajib memberikan dukungan atau supporting managemen untuk pembeli waralaba Anda. Dukungan ini meliputi aspek manajemen, keuangan atau pembukuan, hingga pemasarannya.

6. Mandaftarkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Branding merek dagang maupun sistem bisnis yang Anda bangun harus didaftarkan hak cipta atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Hal ini penting untuk melindungi bisnis Anda maupun kepentingan franchise yang membeli waralaba Anda.

7. Memiliki Badan Usaha atau Badan Hukum

Anda juga harus mendaftarkan usaha ada agar memiliki badan hukum yang jelas. Anda bisa mendaftar dalam bentuk CV atau PT. Badan hukum ini sangat penting untuk menjalin ikatan hukum dengan pihak lain.

8. Penawaran Prospektus Bisnis

Untuk menjual bisnis franchise makanan terlaris Anda perlu membuat penawaran prospektus bisnis kepada calon peminat. Prospektus ini berisi data usaha waralaba yang telah Anda bangun beserta berbagai keunggulannya.

9. Menyiapkan Kontrak Perjanjian

Hal penting lainnya yang juga harus disiapkan adalah kontrak perjanjian dengan calon pembeli waralaba. Isi kontrak ini juga perlu disesuaikan dengan jenis hak cipta yang akan ditawarkan sehingga jelas hak dan kewajiban semua pihak.

Itulah informasi tentang keuntungan membangun sebuah bisnis franchise makanan terlaris yang akan Anda tawarkan kepada pelaku bisnis lainnya. Dengan sistem yang baku dan keuntungan yang jelas, waralaba Anda akan lebih mudah dijual. (R9/HR Online)

Loading...