Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita BisnisMengoptimalkan Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Kepuasan Pelanggan

Mengoptimalkan Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Kepuasan Pelanggan

Fungsi manajemen pemasaran produk memiliki peran vital dari sebuah bisnis. Dengan manajemen pemasaran yang terencana secara matang dan baik, bukan hanya keuntungan yang akan diperoleh namun keberlangsungan usaha.

Dalam dunia bisnis, pemasaran bukan hanya hal yang mesti dilakukan namun juga perlu direncanakan strateginya. Terlebih dengan tingginya persaingan bisnis yang ada saat ini tentunya membutuhkan strategi yang lebih efektif.

Pemasaran atau marketing merupakan bagian inti dari sebuah perusahaan. Pemasaran dilakukan untuk menawarkan produk yang dibuat oleh perusahaan kepada costumer dalam hal ini masyarakat luas yang membutuhkan jasa dan produk tersebut.

Proses pemasaran harus dilakukan secara efektif dan efisien sehingga memenuhi target yang disusun oleh perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan rancangan, evaluasi, analisis, kendali dan aturan dalam proses pemasaran yang biasa disebut fungsi manajemen pemasaran.

Seharusnya kegiatan pemasaran dilakukan oleh orang-orang yang kompeten di bidang marketing agar perusahaan mencapai keuntungan optimal. Keuntungan inilah yang akan digunakan oleh perusahaan dalam membiayai perusahaan agar tetap bekerja dan menghasilkan produk.

Manajemen pemasaran perlu dilakukan secara profesional agar perusahaan bisa meraih keuntungan dan senantiasa menghasilkan produk-produk terbaru dan berkualitas.

Dalam strategi pemasaran modern, perusahaan tak hanya mengejar keuntungan semata. Yang tidak kalah penting adalah manfaat dari produk tersebut yang juga harus bisa sampai ke konsumen dan dirasakan kegunaannya secara optimal.

Merencanakan Fungsi Manajemen Pemasaran Yang Efektif

Bentuk pemasaran yang bagus adalah pemasaran yang tidak pernah statis, selalu mengikuti perkembangan dan kondisi masyarakat. Perubahan ini terjadi akibat perubahan budaya internal maupun eksternal.

Untuk mencapai target pemasaran, ada beberapa fungsi manajemen pemasaran yang menjadi pokok perhatian para pelaku pemasaran. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Menyampaikan Produk

Para pelaku pemasar produk harus menyampaikan produk secara jelas kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengetahui apakah produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan mereka atau tidak.

Informasi yang disampaikan kepada konsumen tak hanya harus jelas namun juga dengan komunikasi yang baik. Jika konsumen merasa produk bisa memenuhinya tentunya mereka akan memilih produk yang ditawarkan.

2. Fungsi Penyedia Sarana

Penyedia sarana berfungsi agar produk bisa sampai ke tangan  konsumen dengan mutu yang baik. Bagian ini juga bertugas menjaga agar tidak ada kerusakan pada produk yang bisa menimbulkan kerugian perusahaan.

Fungsi manajemen pemasaran adalah mengatur hal yang berkaitan bagian pergudangan, komunikasi, dan penyortiran produk sesuai standar. Dengan mutu produk yang terjaga akan memberikan kepuasan untuk konsumen.

3. Fungsi Jual Beli

Para pelaku pemasar harus mempertimbangkan laba yang didapatkan dengan penetapan harga yang terjangkau oleh konsumen. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dan perusahaan mendapatkan keuntungan yang memadai.

4. Fungsi Riset

Perusahaan yang profesional akan selalu melakukan riset pasar. Hal ini juga merupakan fungsi manajemen pemasaran untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan yang berdampak pada penjualan produk.

Riset dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, evaluasi terhadap produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan penambahan nilai guna produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal ini berguna agar bisnis tetap eksis terus.

5. Evaluasi

Fungsi manajemen pemasaran dibutuhkan dan sangat menentukan eksistensi perusahaan ke depannya. Melalui pemasaran yang strategis dan terencana akan menentukan perputaran laba perusahaan yang digunakan untuk tetap menjalankan perusahaan tersebut.

Itulah sebabnya mengapa orang manajemen pemasaran dituntut untuk terus belajar, bekerja dan mencari solusi terbaik agar produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Evaluasi juga dibutuhkan agar produk sesuai kebutuhan dan mudah diperoleh masyarakat.

Dengan mengoptimalkan fungsi manajemen pemasaran, maka bukan saja peningkatan laba yang diukur namun juga harus dengan melihat seberapa besar konsumen mendapat kepuasan dari produk yang dibelinya. (R9/HR Online)