Hasilkan Oksigen di Bulan Menggunakan Emas oleh NASA

Hasilkan Oksigen di Bulan
Ilustrasi Hasilkan Oksigen di Bulan. Foto: istimewa

Hasilkan oksigen di Bulan merupakan salah satu rencana NASA. NASA memang berencana untuk membuat oksigen menggunakan emas.

Rencana NASA menjadi pusat perhatian sebab material yang akan digunakan adalah logam mulia. Berdasarkan rencana, NASA akan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Untuk mengubah senyawa ini, diperlukan beberapa alat khusus.

Peralatan yang akan digunakan ternyata sudah melekat pada bagian rover. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh NASA pada 21 April 2020.

NASA mengungkapkan bahwa akan ada kotak emas yang berfungsi untuk mengubah karbon dioksida. NASA juga menyebutkan bahwa nama kotak emas tersebut adalah Oxygen In Situ Resource Utilization Experiment.

Sebelumnya terdapat laporan bahwa rover yang dimiliki oleh NASA akan diluncurkan pada bulan Juli mendatang. Pada peluncurannya, kotak emas atau yang disebut MOXIE juga akan diluncurkan. Hal ini diungkapkan langsung oleh peneliti utama MOXIE, Michael Hecht.

NASA Berencana Hasilkan Oksigen di Bulan

Banyak rencana NASA terkait dengan luar angkasa. Mulai dari pengamatan yang lebih detail hingga beberapa eksperimen.

Objek yang digunakan adalah benda luar angkasa seperti planet dan satelit. Salah satu benda langit yang sering menjadi objek eksperimen adalah Bulan.

Sebenarnya tidak hanya Bulan saja, tetapi juga beberapa planet lain seperti Mars. Kali ini NASA berencana untuk hasilkan oksigen di Bulan.

Namun material yang digunakan adalah emas. Rover yang akan diluncurkan bulan Juli mendatang telah dikembangkan.

Sehingga rover tersebut bisa mengekstraksi potongan Mars. Kemudian hasilnya akan dibawa kembali ke Bumi. Disebutkan bahwa sampel tersebut akan dibawa kembali sekitar 2031 mendatang. Sampel tersebut juga digunakan untuk penelitian lebih lanjut mengenai Mars.

Dalam sebuah laporan Science Times disebutkan bahwa terdapat gagasan untuk membawa tangki kosong. Kemudian mengisinya dengan oksigen yang ada di planet Merah. Mengirim manusia ke Planet Mars merupakan ekspedisi yang penting. Apalagi manusia yang dikirimkan harus kembali dengan selamat.

Sehingga muncul gagasan untuk membuat propelan oksigen cair. Propelan oksigen ini adalah sesuatu yang dibutuhkan di luar angkasa. Para ilmuwan berpendapat untuk membuat propelan ini. Sehingga para astronom tidak perlu membawanya dari Bumi.

Rencana untuk hasilkan oksigen di Bulan ini membutuhkan banyak penelitian. Terlebih lagi emas memiliki karakteristik yang berbeda.

Material yang akan digunakan oleh NASA ini memang unik. Webby Feed juga mengungkapkan bahwa MOXIE akan dibuat dari emas.

Tujuannya adalah untuk memberikan kepastian dampak yang dirasa tidak terlalu besar. Mengapa harus menggunakan emas? Karena emas memiliki emisivitas yang begitu rendah.

Hal ini berarti bahwa emas tidak memberikan pancaran panas yang begitu efektif. Sehingga dapat berpengaruh pada kekuatan untuk bertahan hidup di suhu yang begitu panas.

Hasilkan Oksigen di Bulan Menggunakan Emas

Alasan untuk menggunakan emas juga diungkapkan oleh teknisi MOXIE Jim Lewis. Ia juga mengungkapkan hal yang sama terkait dengan emisivitas yang dimiliki emas. MOXIE ini nantinya akan berfungsi untuk menyuntikkan energi ke dalam anoda dan katoda.

Selanjutnya adalah memisahkan oksigen dan karbon dioksida. Pemisahan ini memberikan kemungkinan untuk melakukan ekstrasi sendiri. Sehingga bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan saat berada di Bulan.

Eksperimen ini benar-benar akan dilakukan menggunakan emas. Kotak emas atau MOXIE ini sangat berperan penting dalam pembuatan oksigen di Bulan. Banyak penelitian yang dilakukan untuk menyempurnakan gagasan ini. Hingga akhirnya dapat direalisasikan.

Rencana NASA untuk hasilkan oksigen di Bulan juga berpengaruh pada masa mendatang. Terkadang para astronom dikirimkan dengan membawa tangki oksigen yang sesuai kebutuhan.

Jika terlalu banyak, maka hal tersebut tidak akan efektif. Terlebih lagi dengan batas muatan yang harus dibawa ke luar angkasa.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara lain agar bisa bertahan hidup di luar angkasa. Waktu yang dibutuhkan pun diusahakan dalam waktu yang cukup lama.

Membuat oksigen di Bulan merupakan hal yang tepat. Emas yang akan digunakan untuk membuat oksigen juga masih dalam tahap penelitian. Sebab, eksperimen ini tidak selalu berhasil dalam jangka waktu dekat.

Material emas hasilkan oksigen di Bulan merupakan salah satu model uji coba. Sehingga emas belum diresmikan menjadi material untuk membuat oksigen. Penelitian ini juga digunakan untuk eksperimen masa depan. Terutama untuk kebutuhan menjelajah Bulan, bahkan planet Merah. (R10/HR-Online)