Hoaks Bertebaran di Medsos Pasca Diumumkan 1 Pasien Positif Corona di Ciamis

pasien positif corona di Ciamis
Hoaks seputar pasien positif Corona di Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pasca Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengumumkan adanya pasien positif Corona di Ciamis, Rabu (1/4/2020), hoaks bertebaran di media sosial.

Baca Juga: Breaking News! Warga Ciamis Positif Corona, Terpapar dari Pemudik Zona Merah

Salah satunya kabar bohong yang disebar oleh AS, warga Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis. AS menyebutkan orang yang positif terjangkit Corona di Ciamis adalah warga Desa Jelegong, Kecamatan Cidolog.

Kabar tersebut diunggahnya di media sosial Facebook dan mendapat berbagai tanggapan dari warganet. Akibat perbuatannya AS kemudian meminta maaf karena hoaks yang telah disebarnya di hadapan aparat desa dan kecamatan.

“Pada sore ini, Rabu, tanggal 1 April 2020, saya ingin klarifikasi tentang status saya di Facebook yang menyebut orang-orang Jelegong telah positif terjangkit virus Covid-19,” kata AS pada video yang tersebar lewat aplikasi pesan WhatsApp.

Baca Juga: Beda Kasus Positif Corona Ciamis-Banjar, Pemudik vs Bukan Pemudik

AS mengakui status Facebook yang dikomentari banyak orang dan meresahkan masyarakat Desa Jelegong tersebut adalah tidak benar atau bohong. Dia pun mengaku tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan warga Desa Jelegong.

“Saya secara resmi tulus minta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatan saya tersebut, jika saya membuat berita bohong atau hoaks lagi di media apapun, maka saya bersedia dituntut secara hukum,” tandasnya.

Hoaks Meninggalnya Pasien Positif Corona di Ciamis

Selain hoaks orang Desa Jelegong positif terpapar Corona, kabar seputar kematian pasien positif Corona di Ciamis juga merebak.

Salah satunya seperti yang diposting di kolom komentar halaman Fans Page Harapan Rakyat Online. Salah seorang warganet mengatakan, pasien positif Corona di Ciamis sudah meninggal dunia.

Kami menelusuri kabar tersebut lewat Covid-19 Center Ciamis. Dari sana didapat penjelasan jika pasien positif Corona asal Ciamis tersebut masih hidup.

Selain itu, kami pun menghubungi kepala desa tempat asal pasien positif Corona tersebut. Dari kepala desa juga didapat informasi, pasien belum meninggal.

Sementara itu, sebelumnya Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengumumkan salah seorang warga Ciamis telah positif terpapar virus Corona, Rabu (1/4/2020).

Pasien tersebut berusia 72 tahun yang sudah sakit stroke dan terpapar Corona dari anaknya yang menjenguknya sewaktu dirawat di rumah sakit. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...