HP iPhone SE 2020 Terbaru Dibanderol Murah, Bagaimana Speknya?

HP iPhone SE 2020 Terbaru

HP iPhone SE 2020 akhir resmi dirilis baru-baru ini. Meski di tengah wabah virus Corona, namun iPhone SE 2020 yang merupakan besutan Apple ini tetap meluncurkan produk terbarunya itu.

Memang, rumor tentang iPhone seri terbaru sudah berhembus sejak lama. Namun Apple baru mengumumkan penerus iPhone SE pertama yang dirilis 2016 itu baru-baru ini.

Mengingat masih adanya wabah Corona, maka peluncuran seri ponsel ekonomis HP iPhone SE 2020 ini dilakukan secara online, pada Rabu (15/4/2020) kemarin.

Jika melihat dari sisi desainnya, ponsel besutan Apple yang dibanderol murah ini, mirip dengan Apple iPhone 8.

Penasaran seperti apa spesifikasi yang dibawa oleh iPhone SE versi terbaru ini, berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Spesifikasi HP iPhone SE 2020

Perusahaan teknologi Apple yang berpusat di California, Amerika Serikat, tidak segencar vendor asal China maupun Korea Selatan dalam memproduk handphone.

Seperti Vivo, Oppo, Realme, Samsung dan sebagainya yang sudah beberapa kali merilis produk terbarunya di tahun 2020 ini.

Mengutip dari GSM Arena, layar yang dimiliki oleh HP iPhone SE 2020 ini terbilang kecil, jika dibandingkan dengan ponsel baru besutan vendor lainnya.

iPhone memasang layar berukuran 4,7 inci di seri ponsel murah terbarunya ini. Bahkan layarnya ini lebih kecil dari seri lainnya yang sudah dirilis terlebih dulu.

Pada display-nya yang resolusinya 720 x 1334 piksel ini juga masih berpanel IPS LCD, serta memiliki bezel yang tebal atau lebar, dengan aspek rasio 16:9.

Namun tampilan layarnya ini mengusung Retina HD, dan dilindungi Ion-strengthened glass serta oleophobic coating.

Tapi display yang dimiliki HP iPhone SE 2020 ini sudah mendukung video 4K, serta pada tombol berandanya berfungsi sebagai TouchID. 

Sehingga tidak salah jika tampilan depan dari iPhone SE versi 2 ini mirip dengan seri 8, yang dirilis pada September 2017 lalu.

Sementara di bagian belakang dipasang logo Apple yang simetris di tengah-tengah. Untuk bahan materialnya terbuat dari panel kaca sentuhan glossy.

Sehingga bodi belakangnya ini memiliki kesan eleganserta makin mutakhir. Hal itu sesuai dengan material serta sentuhan yang tidak jauh berbeda dengan iPhone seri terbaru.

Sedangkan di bagian depan, iPhone SE ‘murah’ ini juga layarnya terbuat dari kaca (Gorilla Glass), dan frame dari aluminium.

HP terbaru besutan Apple ini memiliki ukuran dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm dengan bobot 148 gram.

Kamera

Sementara di sektor fotografi, HP iPhone SE 2020 atau versi terbaru ini hanya mengandalkan lensa tunggal di belakang.

Namun, Apple mengklaim bahwa lensa tunggal berkekuatan 12 MP bukaan f/1.8 itu, merupakan kamera tercanggih dari pabrikan asal AS ini.

Keunggulan dari kamera yang ada pada iPhone SE 2 tersebut meski lensanya hanya satu, namun sudah didukung prosesor A13 Bionic tercanggih degan Neural Engine.

Selain itu, dibekali juga fitur Dual-LED dual-tone flash, Smart HDR, Portrait Mode, serta dynamic range untuk video, dan juga fitur stereo recording.

Sedangkan di depan dipasang kamera selfie dengan resolusi 7 MP bukaan f/2.2. Fitur yang dimiliki pada kamera depan, Face detection, HDR, dan panorama.

Dapur Pacu dan Baterai

Seperti disinggung di atas, bahwa HP iPhone SE 2020 mengandalkan prosesor flagship A13 Bionic yang juga dipakai varian 11 Series untuk otaknya.

Sehingga dengan prosesor yang dipakainya itu, maka iPhone SE versi terbarunya ini memiliki performa paling cepat di tahun 2020.

Prosesor tersebut dibantu oleh CPU Hexa-core dan grafis Apple GPU (4-core graphics). Selain itu, ditopang juga RAM berkapasitas 3 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan internal dipasang kapasitas 64 GB, 128 GB dan paling besar sampai 256 GB.

Namun sayang bagian baterai HP iPhone SE 2020 tidak disebutkan kapasitasnya. Tapi yang pasti ponsel ini sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W.

Selain itu, iPhone SE terbaru ini juga sudah didukung Qi wireless charging atau pengecasan nirkabel juga.

Fitur atau spek lain dari iPhone SE 2 ini, untuk sistem oparasi berbasis iOS 13. Tersedia juga fitur Dark Mode. Untuk warna bisa memiliki hitam, putih dan merah.

Harga

Sementara untuk harga HP iPhone SE 2020 dijual 399 dollar AS, atau kurang lebih Rp 6,3 jutaan, untuk varian ROM 64 GB.

Sedangkan penyimpanan internal 128 GB dijual kisaran Rp 7,1 jutaan. Dan varian terbesar ROM 256 dipatok Rp 8,7 jutaan.

Harga iPhone SE 2020 ini dibanderol lebih murah dari seri iPhone 11, yang dijual US$ 699 atau kisaran Rp 11 juta, serta 11 Pro Max seharga US$ 1.099 atau sekitar Rp 17 jutaan. 

Sementara untuk mendapatkan HP iPhone SE 2020 bisa bisa didapatkan dengan prapemesanan atau pre-order mulai tanggal 17 April 2020. (Adi/R5/HR-Online)