HP Oppo A12 Hadir di Indonesia, Smartphone Low End Tapi Fitur Canggih

HP Oppo A12
HP Oppo A12 yang baru saja hadir di Indonesia. Foto : Oppo Indonesia

HP Oppo A12 akhirnya ikut serta meramaikan persaingan ponsel kelas menengah ke bawah di Indonesia. Ya, HP entry level besutan Oppo ini baru saja hadir di Tanah Air.

Ketersediaan ponsel Oppo A12 di pasar smartphone Indonesia itu, setelah diketahui masuknya seri ini di situs resmi Oppo Indonesia.

Sekaligus, kehadiran smartphone Oppo A12 dari vendor asal Tiongkok ini, menambah keluarga dari seri A, setelah sebelumnya juga meluncur di Indonesia seri A31 dan sebagainya.

Adapun peluncuran Oppo A12 di Indonesia dilakukan melalui teleconference digital. Serta dilakukan acara diskusi bersama media, yang merupakan strategi baru OPPO supaya terus eksis.

HP Oppo A12 hadir dengan fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekarang ini.

Seperti, pada bagian kamera belakang ganda yang sudah dibekali Artificial Intelligence (AI), baterai yang bisa tahan lama, serta beberapa smart fitur lainnya guna melengkapi kegiatan sehari-hari.

“Ponsel ini hadir menyasar pengguna yang ingin memiliki smartphone dengan kamera mumpuni, baterai terbaik dengan teknologi yang hadir lewat fitur pintar,” kata PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A, seperti dalam rilis yang diterima HR Online.

Spesifikasi HP Oppo A12

Oppo sepertinya terus menggempur pangsa ponsel di kelas menengah sampai entry level. Hal itu dibuktikan dengan dirilisnya seri A12.

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, namun dalam hal sepesifikasi atau kemampuan tidak kalah bersaing dengan sesama smartphone di kelasnya.

Penasaran seperti apa spesifikasi HP Oppo A12 yang baru saja hadir di Indonesia? berikut ini penjelasannya yang HR Online rangkum dari situs resmi Oppo Indonesia.

Layar dan Desain

Oppo A12 sendiri mengusung konsep technology for everyone, sehingga tentunya dibekali dengan fitur-fitur terkini.

Smartphone yang baru saja hadir di Indonesia ini mempunyai layar berukuran 6,22 inci, dengan model water drop.

Selain itu, untuk resolusinya mencapai 1520 x 720 piksel atau HD+, serta aspek rasio dari layar ke bodi 19:9.

Kelebihan dari HP Oppo A12 ini pada bagian layarnya dilengkapi filter cahaya biru. Filter tersebut bertujuan untuk melindungi mata, sehingga dapat mencegah ketegangan mata ketika menonton video atau bermain game.

Sementara untuk desainnya mirip dengan Realme C2, yang merupakan sub brand dari Oppo. Ponsel ini mempunyai desain stylist 3D Diamond Blaze.

Desainnya tersebut bisa memberikan corak di bodi bagian belakang perangkat, yang warnanya bisa berubah-ubah.

Desain Oppo A12 yang ergonomis itu berbodi melengkung, serta beratnya ringan hanya 165 gram. Menjadikan seri A12 terasa nyaman ketika digenggam satu tangan.

Pada bagian bodi belakang juga dilengkapi kunci fingerprint atau sidik jari, serta teknologi Face Unlock untuk membuka layar ponsel cuma dalam waktu 0,08 detik.

Performa

Sementara di sektor performa, untuk HP Oppo A12 ini tidak usah diragukan lagi. Pasalnya, perangkat ini mendapat dukungan dari chip MediaTek Helio P35.

Selain itu, dapur pacunya itu dibantu oleh RAM dengan kapasitas 4 GB, serta penyimpanan internal 64 GB.

Namun, jika penyimpanan internal tersebut kurang besar, maka bisa ditambahkan dengan menggunakan slot microSD sampai 256 GB.

Dengan dukungan prosesor octa-core fabrikasi 12 nm, maka Oppo A12 bisa memberikan pengalaman bermain game serta menonton yang mulus.

Selain itu, RAM dan penyimpanan yang luas itu bisa digunakan untuk membuka aplikasi secara bersamaan, serta menyimpan gambar, aplikasi dan lagu lebih banyak.

Belum lagi adanya dukungan baterai yang lumayan besar, yaitu dengan kapasitas 4.230 mAh.

Diklaim pihak Oppo bahwa baterainya itu bisa bertahan sampai 17 jam untuk menonton video HD online, atau 8 jam untuk bermain game.

Kamera

Kamera pada HP Oppo A12 tidak kalah canggih. Meski kelas low-end, namun perangkat ini dibekali dengan double camera (2 kamera) di belakang.

Kedua kamera belakangnya itu masing-masing berkekuatan 13 MP sebagai lensa utama, dan 2 MP untuk kamera portrait.

Yang bikin menarik dari kamera Oppo A12 yaitu disertakan juga fitur 6x Digital Zoom, mode Burst, Portrait Style, serta Dazzle Color Mode yang umumnya terdapat di Oppo kelas menengah.

Untuk kamera utamanya itu bisa menangkap objek sampai detail terkecil, seingga memberikan hasil foto yang jernih dan tajam.

Sedangkan lensa portrait 2 MP memberikan efek bokeh yang sempurna. Dengan begitu bisa membantu Anda menghasilkan gambar dengan hasil seperti profesional.

Nah untuk kamera depan dipasang lensa 5 MP dengan bukaan f/2.0, lengkap dengan fitur AI Beautification.

Fitur Lainnya

Pada bagian software, sistem operasi atau OS HP Oppo A12 ColorOS 6.1 dnegan berbasis Android 9.

Fitur lainnya juga tidak kalah kerena, diantaranya Riding Mode yaitu mode berkendara agar tetap fokus ketika di jalan, dengan cara memblokir semua panggilan atau notifikasi.

Kemudian fitur Smart Assistant, yang menyediakan akses ke aplikasi favorit, kalender, berita olahraga, serta monitor kebugaran dalam satu tempat.

Sedangkan fitur lainnya Dirac, Soloop Smart Video Editor untuk mengedit hasil rekaman video, dan Game Boost untuk mengoptimalkan game di smartphone.

Harga

Oppo A12 yang hadir di Indonesia tersedia dalam dua opri atau varian warna, yakni biru serta hitam.

Sedangkan untuk ketersediaan perangkat ini bisa didapat via jaringan toko online, seperti JD.ID, Akulaku, Blibli, Tokopedia, Shopee, dan lazada.

Atau bisa dengan memanfaatkan layan pemesanan perangkat lewat aplikasi Whatsapp (WA) resmi Oppo Indonesia, yang nomor kontaknya 0815-955-0000.

Sedangkan untuk harga resmi dari HP Oppo A12 saat ini dijual Rp 2.499.000. (Adi/R5/HR/Online)