HP Redmi 8A Pro Melenggang di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

HP Redmi 8A Pro
HP Redmi 8A Pro yang baru hadir di Indonesia. Foto : Istimewa

HP Redmi 8A Pro resmi dipasarkan di pasar ponsel Indonesia pada Kamis (2/4/2020). Redmi 8A Pro ini sekaligus menambah daftar smartphone Redmi, setelah bulan kemarin diluncurkan juga seri 8A (reguler).

Kehadiran dari seri 8A Pro ini tentu lebih baik dari seri sebelumnya. Ada beberapa peningkatan dalam hal spesifikasi serta fitur yang dibawanya, seperti kamera serta desain.

HP Redmi 8A Pro sendiri merupakan smartphone yang masuk dalam kelas entry level, yang dijual dengan harga murah namun spek bisa diadu dengan ponsel lain di kelasnya.

Meski sudah mandiri atau terpisah dari Xiaomi, namun Redmi masih bagian dari vendor asal China ini. Hal itu dibuktikan dengan tercantumnya spesifikasi serta harga dari beberapa ponsel Redmi di situs Xiaomi Indonesia.

Sebelum hadir di Indonesia, seri Redmi 8A Pro terlebih dulu singgah di negara India. Namun apakah sama dengan spek yang hadir di Indonesia?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan spek Redmi 8A Pro di Tanah Air.

Spesifikasi HP Redmi 8A Pro

Seperti disinggung di atas, bahwa Redmi 8A Pro ini memiliki beberapa peningkatan ketimbang seri sebelumnya yaitu 8A.

Seperti halnya pada kamera yang dibekali dengan tiga lensa, dua di belakang dan satu lagi di depan.

Untuk di belakang ditanam dual kamera AI yang canggih. Diantaranya berkekuatan 13 MP sebagai lensa utama, dan 2 MP sebagai sensor kedalaman.

Fitur yang dibawa pada kamera belakang HP Redmi 8A Pro antara lain Ai Scene Detection serta Mode AI Portrait.

Untuk Fitur deteksi AI Scene secara otomatis bisa mengenali 27 skenario berbeda, serta bakal semakin menyempurnakan hasil jepretan.

Sedangkan sensor kedalaman 2 MP bekerja dengan lensa utama dan mempunyai efek bokeh yang sangat keren, sehingga mampu menghasilkan foto berkualitas DSLR.

Sementara untuk kamera selfie beresolusi 8 MP. Kamera depannya ini memiliki fitur AI Portrait dan AI Face Unlock.

Selain itu, kamera selfie pada Redmi 8A Pro ada mode potret yang bakal menghasilkan foto selfie dengan hasil mengagumkan.

Kelebihan lainnya dari HP Redmi 8A Pro ini adalah di sektor daya baterainya. Baterai yang hebat dengan kapasitas 5000 mAh.

Adapun dengan kapasitas tersebut, maka baterai yang ada di Redmi 8A Pro ini sanggup bertahan sampai 2 hari.

Jadi, kapasitas 5000 mAh itu bisa membantu Anda untuk bermain game lebih lama, menonton video lebih lama atau berbicara lebih lama.

Sementara untuk mereka yang tidak sabaran, jangan khawatir, pasalnya HP Redmi 8A Pro sudah dibekali dengan fitur fast-charging 18W, serta pengisi daya cepat 10W yang ada di dalam kotak.

Sedangkan untuk layarnya, Redmi 8A Pro memiliki ukuran display yang lebar yaitu 6,22 inci, beresolusi HD Plus.

Selain itu mempunyai tampilan Dot Drop yang bisa memuaskan saat melihat video. Bahkan, smartphone ini juga dilindungi Corning Gorilla Glass 5 terbaru, yang bisa memastikan dan melindungi ponsel tetap aman ketika terjatuh.

Performa Kencang

Spesifikasi HP Redmi 8A Pro lainnya, bagian otak dibekali prosesor yang hebat. Itu dibuktikan dengan dipasangnya chip Qualcomm Snapdragon 439, ber-CPU Octa-core yang memiliki kecepatan sampai 2,0 GHz.

Sebagai pendukung performa dipasang juga RAM berkapasitas 2 GB plus internal memori 32 GB, dan RAM 3 GB penyimpanan internal 32 GB.

Selain itu, disiapkan juga slot memori eksternal microSD jika diperlukan untuk menambah kapasitas penyimpanan. MicroSD bisa mencapai maksimal 512 GB.

Dengan adanya dapur pacu seperti itu, maka Redmi 8A Pro memungkinkan Anda untuk bisa multitasking dengan mudah. Serta prosesornya memberikan performa yang mulus dengan optimisasi daya yang sudah ditingkatkan.

Di bagian sektor keamanan ponsel bisa dikatakan hebat. Karena dengan adanya fitur AI Face Unlock maka ponsek akan yang aman, namun tetap cepat serta praktis saat membuka kuncinya.

Fitur lainnya yang tersedia, terdapat Radio FM Nirkabel. Dengan adanya fitur tersebut bisa mendengarkan radio di mana saja dan kapan saja dengan lebih mudah, tanpa repot-repot menghubungkan dengan earphone.

HP Redmi 8A Pro mempunyai peningkatan dalam hal desainnya. Diantaranya adanya lengkungan 3D di setiap sisi-sisinya, XLine yang ada di bagian belakang serta matte finish.

Sedangkan untuk bodinya supaya tidak licin saat digenggam, maka sudah dilengkapi dengan Aura XGrip Design.

Kelebihan lainnya dari Redmi 8A Pro yaitu sudah dilengkapi dengan sertifikat P21, yang artinya ponsel besutan vendor asal China ini tahan terhadap cipratan air. dan itu hanya tersedia di Indonesia saja.

Untuk harga Redmi 8A Pro yang tersedia dalam tiga pilihan warna yaki biru, putih dan hijau itu, dijual dengan harga Rp 1.549.000 (2 GB/32 GB), dan Rp 1.649.000 untuk RAM 3 GB/32 GB.

Meski saat ini sudah hadir di Indonesia, namun HP Redmi 8A Pro ini direncakan bakal tersedia di toko online seperti Erafone, Akulaku serta Lazada dan situs resmi Xiaomi Indonesia, akan tersedia 7 April 2020, mulai pukul 10.00 WIB. (Adi/R5/HR-Online)