HP Samsung Galaxy S21 Hadir dengan Kamera Selfie Bawah Layar

HP Samsung Galaxy S21
HP Samsung Galaxy S21. Foto: Istimewa

HP Samsung Galaxy S21 sepertinya bakal segera hadir menyusul seri sebelumnya, Galaxy S20. Hal ini diungkapkan oleh Ice Universe melalui akun Twitternya @Universe.

Dimana disebutkan bahwa Samsung Galaxy S21 akan mengusung teknologi kamera selfie bawah layar. Saat ini pun Samsung sedang mengevaluasi kelayakan teknologi tersebut.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy S21

Layar smartphone yang bersih dengan adanya bezel serta kamera depan merupakan salah satu tujuan utama pengembangan teknologi saat ini.

Oleh karena itu, beragam konsep mulai diperkenalkan seperti punch hole, notch, hingga kamera tersembunyi dengan menggunakan mekanisme pop up.

Samsung Galaxy S21 merupakan produk smartphone keluaran Samsung berikutnya yang bakal hadir setelah Samsung Galaxy S20. Akan tetapi, sampai saat ini perusahaan Samsung belum memberikan pengumuman resmi mengenai ponsel satu ini .

Hal yang wajar apabila Samsung menyematkan teknologi kamera pada layar HP Samsung Galaxy S21. Galaxy series dikenal sering membawa kemampuan kamera yang cukup mumpuni.

Hal ini dibuktikan pada seri Galaxy sebelumnya yakni Galaxy S20 Ultra yang telah menawarkan keunggulan kamera dengan ukuran 108 MP.

Pada kamera S20 Ultra juga telah dilengkapi adanya lensa periscope yang mampu memberikan kemampuan zoom hingga 100x.

Sebagai salah satu smartphone generasi terbaru, tentu kita mengharapkan adanya beragam fitur canggih dari Samsung Galaxy S21 ini.

Kamera HP Samsung Galaxy S21

Tentu anda mengharapkan seri Galaxy S21 dibangun di atas pondasi yang telah terdapat pada seri Galaxy S20.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan Ice Universe, spesifikasi pada perangkat Galaxy S21 tidak banyak berubah secara signifikan dari seri sebelumnya yakni Galaxy S20.

Smartphone ini kemungkinan akan mengusung quad camera yang berkualitas tinggi dengan 3x optical zoom optik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HP Samsung Galaxy S21 juga kemungkinan akan mengusung teknologi kamera bawah layar. Hal ini bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Penerapan Teknologi Kamera Bawah Layar

Banyak sekali tantangan yang dihadapi Samsung untuk mewujudkan penggunaan teknologi tersebut. Mulai dari intensitas cahaya menuju sensor hingga kepadatan pixel yang sesuai dengan layar.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, namun sangat diharapkan Galaxy S21 mampu melakukan lompatan ke prosesor Snapdragon 865 Qualcom.

Menurut info yang beredar, prosesor ini mampu memberikan peningkatan penting dalam hal kecepatan keseluruhan, masa guna baterai, serta dalam hal multitasking.

Terdapat suatu kesulitan dalam penggunaan teknologi kamera bawah layar pada HP Samsung Galaxy S21, yakni dalam mengombinasikan fungsi kamera serta fungsi layar dalam satu waktu.

Seperti yang diketahui, sensor kamera mempunyai fungsi dalam menangkap cahaya. Selain itu, juga adanya kepadatan layar justru dapat menghalangi kamera dalam memperoleh cahaya.

Dengan adanya kepadatan layar smartphone yang berada di kisaran 400an ppi, transmisi cahaya menuju kamera di bawah layar akan sangat rendah.

Oleh karena itu, hendaknya mengurangi kepadatan layar pada area kamera untuk dapat meningkatkan transmisi cahaya pada kamera smartphone tersebut.

Namun langkah tersebut pun ternyata masih mendatangkan kendala baru, yakni salah satunya mengenai perbedaan piksel antara bagian kamera HP Samsung Galaxy S21 dengan bagian layar lainnya.

Ketika dioperasikan akan nampak perbedaan warna yang cukup jelas pada bagian kamera serta bagian lainnya. Hal ini dikarenakan hingga saat ini teknologi pada kamera di bawah layar belum siap untuk diproduksi secara massal.

Dengan menggunakan teknologi kamera bawah layar, bertujuan untuk memberikan tampilan real-estate yang lebih besar serta dengan tampilan yang tidak terputus.

Terdapat takik besar dan kecil serta kamera self-up pop-up meskipun implementasi kameranya tampaknya dapat memberikan ruang layar terbanyak serta diperlukan adanya penambahan bagian yang bergerak pada ponsel.

Layar HP Samsung Galaxy S21

Pada seri sebelumnya memiliki layar 120Hz yang sangat halus. Namun layar tersebut dapat menguras daya tahan baterai.

Oleh karena itu, Samsung Galaxy S21 sangat diharapkan dapat memperbaiki kekurangan seri Galaxy S20 tersebut.

Dalam upaya mencapai realestate layar maksimum, kamera selfie di bawah layar merupakan langkah nyata bagi para produsen smartphone. Sayangnya, hingga kini Samsung belum pernah menampilkan secara keseluruhan fisik dari Samsung Galaxy S21.

Untuk dapat melihat bagaimana HP Samsung Galaxy S21 akan hadir, maka vendor biasanya akan membuat sebuah purwarupa guna menguji seberapa baik teknologi tersebut akan bekerja. (R10/HR-Online)