Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaArtikelHP Vivo Z6 5G Bawa Quad Camera dan Baterai Besar

HP Vivo Z6 5G Bawa Quad Camera dan Baterai Besar

HP Vivo Z6 5G dirilis akhir bulan Februari 2020 kemarin di negara asalnya, China. Smartphone Vivo Z6 5G ini masuk dalam kelas menengah.

Sebagai penerus dari generasi sebelumnya yakni HP Vivo Z5 yang dirilis Juli 2019, Vivo Z6 5G tentu dibekali dengan spek yang mengalami peningkatan.

Selain sudah terkoneksi dengan jaringan 5G, smartphone besutan Vivo ini juga mengandalkan prosesor Snapdragon 765G sebagai otaknya.

Bukan hanya itu, kelebihan dari HP Vivo Z6 5G adalah ditanam juga baterai berkapasitas besar ditambah fitur pengisian cepat yang canggih.

Kehadiran Vivo Z6 5G ini bisa menjadi warning bagi vendor lainnya yang sama-sama berjaringan 5G, seperti Samsung A51 dan A71, HP Oppo Reno3 dan masih banyak lagi.

Tentunya, Vivo Z6 5G ini bukan semata-mata ingin meramaikan pasar ponsel secara global. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan spek serta fitur terkini.

Penasaran seperti apa spesifikasi dan fitur yang dibawa oleh Z6 5G besutan Vivo ini? berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman GSM Arena.

Spesifikasi HP Vivo Z6 5G

Jika diberi embel-embel 5G tentu bukan hanya unggul dalam hal jaringan internet saja, melainkan speknya pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Chip Gunakan Snapdragon 765G

Salah satu keunggulan dari Vivo Z6 5G adalah pada bagian dapur pacunya dipersenjatai dengan chip Qualcomm Snapdragon 765G.

Chipset terbaru besutan Qualcomm ini resmi diperkenalkan akhir tahun 2019 lalu, di acara Snapdragon Tech Summit 2019 yang diselenggarakan di Hawaii.

Snapdragon 765G yang dipasang di HP Vivo Z6 5G ini merupakan chip untuk smartphone segmen kelas menengah.

Akan tetapi, chipset tersebut mempunyai performa serta dukungan teknologi 5G layaknya smartphone kelas flagship.

Selain itu, mengutip dari laman resmi Qualcomm, bahwa Snapdragon 765G memberikan pengalaman smartphone premium untuk para gamer, termasuk game 5G.

Performa HP Vivo Z6 5G juga didukung oleh CPU octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver), serta GPU Adreno 620.

Selain itu, ditopang juga RAM dua opsi yakni 6 GB dan 8 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 128 GB jenis UFS 2.1.

Sementara bagian software, sistenm operasinya (OS) berbasis Android 10.0, dan menjalankan antarmuka Funtouch 10.0.

Baterai

Beralih ke bagian daya baterai, HP Vivo Z6 5G dipasang baterai berdaya besar yaitu 5000 mAh. Ditambah perpaduan teknologi pengisian cepat SuperFlash Charge 44 watt.

Diklaim pihak Vivo, bahwa baterainya itu jika diisi selama 35 menit saja sudah bisa mengisi ulang sampai 70 persen. Sedangkan untuk full 100 persen memakan waktu 65 menit.

Sedangkan untuk menurunkan suhu panas hingga sepuluh derahat Celcius, maka jangan khawatir karena ponsel ini sudah dibekali teknologi pendingin yang canggih.

Teknologi pendingin tersebut hasil gabungan dari gel konduktif termal, liquid cooling tube, serta graphite heat sink multi-layer.

Layar

Pada bagian display, smartphone Vivo Z6 5G memiliki ukuran yang lebar mencapai 6,57 inci. Ditambah bezel yang tipis karena rasio layar 20:9 atau layar ke bodi 90,74 persen.

Sayangnya, pada layar tersebut belum berpanel Super AMOLED seperti yang dibawa ponsel kekinian. Namun layarnya tetap jelas karena memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel (FHD+).

Dengan ukuran layar yang luas itu, bakal memanjakan para penggunanya saat bermain game, nonton streaming atau mengakses sosial media.

Sementara untuk ukuran dimensi secara keseluruhan mencapai 164 x 75.1 x 9.2 mm, dengan bobot 201 gram.

Kamera

Sedangkan pada bagian sektor kamera, HP Vivo Z6 5G ini berbekal quad camera di bodi belakangnya. Itulah yang menjadi daya tarik dari ponsel ini.

Keempat kameranya itu masing-masing antara lain beresolusi 48 MP sebagai lensa utama dengan aperture f/1.79 (wide). Lalu 8 MP bukaan f/2.2 (ultra-wide), dengan jarak pandang 112 derajat.

Kemudian lensa 2 MP bukaan f/2.4 sebagai sensor kedalaman, dan 2 MP untuk mengambil jarak dekat atau lensa makro.

Kameranya tersebut memiliki kemampuan yang hebat, karena sudah dibekali fitur merekam video 4K, Hyper HDR, Super Night Scene 2.0 untuk cahaya yang minim, EIS serta output dengan format RAW.

Adapun susunan dari keempat kamera tersebut secara vertikal di bagian sisi kiri atas, dengan tiga berjejer ke bawah dan satu lensa berada di samping bersamaan dengan LED flash.

Sedangkan untuk kamera depan yang sangat dinantikan oleh para penggemar swafoto atau selfie, ponsel besutan Vivo ini memasang dengan resolusi 16 MP bukan f/2.4.

Kamera selfie Vivo Z6 5G itu dipasang di punch-hole atau lubang berukuran kecil, yang berada di sis kanan atas layar.

Sehingga dengan penempatan kamera depannya itu di sebelah kanan atas tidak di tengah-tengah, maka bisa memberika keleluasaan pengguna untuk menatap layar dengan nyaman.

Spek dan Fitur Lainnya

HP Vivo Z6 5G dalam sistem keamanan tidak memakai sensor sidik jari yang dipasang di dalam layar, melainkan kembali ke bentuk konvensional yaitu dipasang di bodi belakang.

Tidak lupa sebagai smartphone gaming, maka ponsel Vivo ini sudah dibekali fitur Multi-Turbo 3.0, yang bisa menambah performa melalui AI.

Selain itu, hadir pula fitur game lainnya seperti Game Box serta Game Space 3, yang bisa memanjakan para pencinta game mobile.

Untuk konektivitas sudah tersedia Bluetooth 5.1, dual WiFi, face unlock atau pemindai wajah alternatif sensor sidik jari, jack audio 3,5mm serta mendukung dual SIM.

Sementara bagian warna, Anda bisa memilih warna sesuai selera antara lain Aurora Black, Interstellar Silver atau  Ice Age.

Adapun harga Vivo Z6 5G saat ini dibanderol 399 dollar Amerika Serikat, jika dikurs ke rupiah seharga kisaran Rp 6.182.923.

Namun tidak tahu apakah HP Vivo Z6 5G ini bakal hadir di Indonesia atau tidak. Tapi jika melihat dari spek di atas, maka ponsel ini layak ditunggu kehadirannya di Tanah Air. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img