HP Xiaomi Poco F2 Lolos Sertifikasi Komisi Ekonomi Eurasia (ECC)

hp xiaomi poco f2
HP Xiaomi Poco F2. Foto: ist/Net

HP Xiaomi Poco F2 merupakan salah satu smartphone Xiaomi yang telah disertifikasi oleh ECC atau Komisi Ekonomi Eurasia. Smartphone ini diperkirakan menjadi flagship terbaru Pocophone yang sangat dinanti kehadirannya.

Smartphone ini telah diketahui telah terdaftar pada 31 Maret lalu dan diberi nama Poco. Mengingat bahwa ia menjadi merk independen yang tidak berada di bawah Xiaomi lagi.

Sebenarnya perkiraan peluncuran Poco F2 ini akan terjadi pada 2019. Tetapi hal ini tidak terjadi, justru ada varian lain yaitu Poco X2 yang dirilis yang menjadi penamaan ulang dari Redmi K30.

Rumor lain yang beredar seperti spesifikasi dan desain yang sampai saat ini masih tertutup rapat. Bila benar smartphone ini akan segera dirilis, tentunya dalam waktu dekat akan beredar detail serta fitur dan spesifikasi smartphone ini.

HP Xiaomi Poco F2 Belum Rilis Flagship

Ada banyak pihak yang sempat merasa kecewa dengan hadirnya Poco. Sebab telah mengambil jalur yang tidak sama dengan apa yang telah membesarkan namanya dulu yaitu tidak merilis flagship.

Smartphone paling mutakhir yang dimiliki yaitu Poco X2. Ini merupakan smartphone papan tengah yang memiliki aspek mumpuni. Khususnya dalam sektor layar dengan kecepatan refresh 120hz.

Akan tetapi, prosesor yang diusung menggunakan Snapdragon 730G. Tidak berada satu tingkatan dengan para pendahulunya seperti Poco F1 yang membawa Snapdragon dengan seri 800.

Terkait belum dirilisnya HP Xiaomi Poco F2 ini, maka general manager dari Poco menjawab bahwa secara umum Poco adalah startup yang belum mempunyai cukup dana untuk memodali smartphone besutannya menggunakan prosesor atau chipset terbaik.

Chipset dengan seri 800 ini memiliki harga yang sangat mahal dan Snapdragon 865 telah menjadi generasi pertama yang menjadikannya jauh lebih mahal.

Untuk bisa menggunakan Snapdragon 855, maka performanya tak terlalu jauh dengan Snapdragon 845 di dalam ponsel cerdas Poco F1. Tetapi untuk menyematkan Snapdragon 865 pada transisi 4G ke 5G yang membuat harganya cukup mahal.

Oleh sebab itu,  pihak Poco ambil langkah untuk menggunakan chipset Octa-core Snapdragon 730G sehingga memiliki harga jauh lebih bersahabat.

Bocoran Poco F2

Dari berbagai bocoran yang beredar di internet, HP Xiaomi Poco F2 ini akan dibekali baterai 4000mAh. Selain itu, dipersenjatai dengan RAM 6GB serta ROM 64GB dan juga 128GB.

Semua itu masih dapat diperluas sampai dengan 256B. Bukan hanya itu saja, ponsel ini juga akan dilengkapi dengan teknologi 4G plus lengkap dengan dual VoLTE.

Merk dagang ini berhembus kabar pula bahwa Xiaomi tidak akan meluncurkan Mi 10 dan juga Mi 10 Pro di pasar india.

Kemungkinan terbesarnya perusahaan besutan dari Lei Jun itu akan menggantikan 2 jenis HP tersebut dengan Poco F2 yang mempunyai spesifikasi mirip.

Jika memang kabar HP Xiaomi Poco F2 itu benar adanya, tentunya hal ini sangat menarik. Sebab Mi 10 memiliki spek yang terbilang cukup gahar.

Mengacu pada bocorannya, ponsel tersebut telah berbekal chipset Snapdragon 865 yang berpadu RAM 12 GB serta GPU Adreno 650.

Dibekali dengan spesifikasi tangguh tersebut, tentunya akan membuat anda memiliki pengalaman main game dengan bebas lag.

Akan lebih bagus lagi bila Xiaomi membekali layarnya bukan hanya sekedar Super AMOLED, namun menggunakan frame rate 120Hz. Dengan begitu, game akan lebih maksimal.

Perlu waktu yang cukup lama untuk Poco dalam mempersiapkan smartphone penerus Pocophone F1. Sub Brand dari  Xiaomi ini kemungkinan akan meluncurkan HP Xiaomi Poco F2 tahun depan.

Bisa Jadi Poco F2 itu Tidak Ada

Sampai saat ini pihak general manager dari Poco masih menolak untuk mengkonfirmasi adanya Poco F2 yang diharapkan oleh para peminatnya merupakan flagship.

Di samping karena biaya yang sudah dijelaskan tadi, selain itu juga tidak terlalu yakin untuk membawa ponsel 5G ke pasar berkembang semisal negara India.

Seperti yang diketahui, Poco merupakan smartphone yang memiliki harga terjangkau. Pastinya akan menyalahi ideologi bila menyematkan konektivitas wi-fi di dalam perangkat yang memiliki harga murah dengan provider yang belum siap.

Sekarang, kita tunggu saja apakah HP Xiaomi Poco F2 memang benar-benar akan dirilis atau hanya sekedar isapan jempol belaka. (R10/HR-Online)

Loading...