Internet HP Ingin Ngebut, Begini Solusinya dan Dijamin Tidak Lemot Lagi

Internet HP Ingin Ngebut

Internet HP ngebut memang dambaan setiap orang. Sebab tidak sedikit yang mengalami koneksi internet di HP sangat lemot kaya keong.

Padahal, masing-masing provider seluler menawarkan koneksi internet yang kencang. Jika provider itu memang memberikan jaringan intenet yang ngebut, maka lemotnya internet bisa jadi dari smartphone yang Anda gunakan.

Memang, saat ini aktivitas berselancar di dunia maya lebih banyak menggunakan smartphone. Salah satu buktinya adalah pembaca HR Online yang lebih dari 60 persen memakai ponsel Android.

Terlebih sekarang dengan adanya wabah pandemi virus Corona, membuat beberapa pekerja dan pelajar harus beraktivitas di rumah. Hal itu untuk memutus mata rantau penyebaran Covid-19.

Untuk melaporkan hasil pekerjaan atau belajar pastinya harus menggunakan internet. Nah bagaimana jadinya jika koneksi Internet HP tersebut malah lemot?.

Belum lagi untuk mengusir rasa bosan karena work from home atau WFH, biasanya diobati dengan cara bermain game online atau membuka media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya.

Sedangkan untuk memainkan game online terlebih permainan seperti Fire Fire, PUBG atau Call of Duty Mobile, dibutuhkan koneksi internet HP yang lancar dan kencang.

Nah, supaya koneksi internet di ponsel Android tidak lola serta tidak mengecewakan, Anda dapat melakukan cara sederhana berikut ini.

Solusi Internet HP Ngebut

Jika koneksi internet di smartphone Anda lelet karena setingan pada APN, maka bisa dirubah sesuai dengan provider masing-masing.

Namun, masalah internet yang lemot bukan dari itu saja. Bisa jadi dari smartphone itu sendiri.

Pasang SIM Card Intenter di Slot Pertama

Untuk ponsel pintar model sekarang terlebih buatan China, biasanya disediakan dua slot atau lebih untuk SIM card.

Sedangkan pemasangan kartu SIM memang ada aturannya, walaupun jika salah tentu tidak masalah atau berdampak pada HP serta jaringan itu sendiri.

Lebih baik, pasang kartu SIM yang biasa digunakan untuk internet di HP pada slot bagian pertama.

Apa alasannya? Slot SIM card yang pertama biasanya diprioritaskan sehingga jaringan internet tetap kuat dan stabil serta ngebut. Dan itu lebih lancar ketimbang SIM card dipasang di slot kedua atau lainnya.

Namun bila Anda hanya memakai satu SIM card saja, alangkah baiknya non aktifkan mode dual sim standy by, supaya ponsel Android lebih fokus ke jaringan SIM card yang Anda pakai.

Mengapus Recent Aplikasi

Recent aplikasi yang sudah dihapus dapat menjadikan internet HP lebih ngebut dari sebelumnya.

Itu disebabkan karena aplikasi yang sudah Anda buka dan kemudian ditutup, sebetulnya masih bekerja namun dengan status pending. Jadi saat Anda membuka kembali aplikasi tersebut, maka proses tidak akan lama.

Akan tetapi, masalahnya meski aplikasi sudah ditutup namun masih bekerja secara sembunyi atau pending tentu akan memakan prosesor serta RAM pada ponsel Android tersebut.

Selain itu, aplikasi tersebut juga tetap menguras internet HP. Pasalnya, software itu tertap berjalan di latar belakang serta memerlukan koneksi internet.

Lantas, cara paling aman adalah dengan menghapus aplikasi yang baru saja dibuka. Sehingga HP dan jaringan internet tidak lemot.

Mambatasi Aplikasi yang Memerlukan Internet

Langkah selanjutnya untuk membuat koneksi internet HP menjadi super kencang, yaitu dengan membatasi aplikasi yang membutuhkan data internet.

Cara ini bisa dengan merubah pengaturan bawaan yang terdapat di smartphone, ata juga bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang dapat diperoleh dari app store atau play store.

Sedangkan untuk pembatasan aplikasi tersebut adalah yang jarang dipakai oleh Anda, serta memprioritasan aplikasi yang rutin Anda gunakan untuk bermain internet.  

Walaupun solusi tersebut bisa dikatakan ribet karena harus mematikan atau mengaktifkan aplikasi yang membutuhkan data, namun cara ini terbilang tokcer untuk menjadikan koneksi internet HP makin kencang. Sebab, cuma memfokuskan pada aplikasi tertentu saja.

Lokasi atau Tempat Juga Berpengaruh

Masing-masing provider memiliki keunggulan tersendiri terutama di segi geografis. Jadi, kualitas serta kekuatan sinyal masing-masing provider berbeda-beda tergantung dari wilayah yang Anda tinggali.

Semisal, di lokasi A provider B sangat bagus jaringannya, namun belum tentu provider C bisa bagus. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mengecek apakah sinyal dari provider itu bagus atau tidak, Anda bisa memakai aplikasi dari pihak ketiga, atau dapat juga mengakses situs yang menyediakan jasa mengetes kualitas atau kecepatan internet.

Selain itu, internet HP yang ngebut atau lemot juga bisa dipengaruhi oleh ruangan. Tidak sedikit kasus yang jika di dalam rumah koneksi internet malah jelek, tapi saat keluar rumah lebih bagus.

Pasalnya, untuk yang berada di luar ruangan tidak ada hambatan atau sinyal lebih bebas diterima, karena tidak ada penghalang seperti tembok bangunan atau rumah.

Bukan hanya itu, waktu juga berpengaruh terhadap kecepatan internet HP. Seperti kasus untuk provider 3, yang lebih dari jam 6 sore sampai tengah malam koneksi internet menjadi lemot.

Karena di jam segitu sedang sibuk-sibuknya atau banyak yang memakan internet untuk provider 3, sehingga kecepatan internet mejadi menurun.

Menonaktikan Pembaharuan otomatis OS serta Aplikasi

Internet HP menjadi lemot bisa juga karena update atau pembaruan OS (sistem operasi). Sebab, saat melakukan update tersebut dibutuhkan koneksi internet yang lumayan besar.

Selain itu, saat proses update OS juga menjadikan ponsel pintar Anda lebih lambat, bahkan ada yang sampai lag, jika berbarengan dengan membuka aplikasi.

Begitu juga dengan update secara otomatis pada aplikasi, yang sama-sama memerlukan koneksi internet.

Hal tersebut disebabkan karena sistem pada smartphone lebih prioritaskan update aplikasi, supaya aplikasi yang Anda pakai berada di versi terbaru.

Untuk itu, alangkah baiknya yang tadinya proses update secara otomatis sebaiknya dirubah menjadi manual. Sehingga tidak mengganggu koneksi internet HP. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...