IRMA Mesjid Agung Ciamis Gelar Pesantren Kilat Online, Terbuka untuk Umum

Pesantren kilat
Pesantren kilat online yang digelar Ikatan Remaja Mesjid (IRMA) Mesjid Agung Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski dalam kondisi pendemi virus Corona, namun tidak membuat Ikatan Remaja Mesjid (IRMA) Mesjid Agung Ciamis, Jawa Barat, berhenti dalam kegiatan dakwah syiar Islam. Mereka tetap menggelar pesantren kilat namun dilakukan secara online.

“Meski di tengah pandemi corona, tidak harus kita berhenti berkegiatan. Masih ada cara agar kegiatan tetap berjalan meski sebatas pertemuan yang dilakukan secara online,” kata Ketua IRMA Mesjid Agung Ciamis, Asep Nurul Huda, Selasa (28/04/2020).

Asep mengatakan kegiatan pesantren kilat yang digelar secara online ini sejalan dengan edaran Bupati Ciamis tentang pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan di tengah pandemi Corona.

“Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan DTA Qurrotal Ain. Meski pertemuannya secara online, namun kami sudah menyiapkan sejumlah metoda pembelajaran yang mudah dipahami oleh calon peserta. Insyalloh pelaksanannya bisa berjalan efektif meski tatap muka secara online,” ujarnya.

Untuk peserta, kata Asep, pihaknya membuka secara umum. Dalam kelas pembelajarannya pun dibagi dalam beberapa tingkatan, yaitu kelas SD, SMP dan SMA/SMK atau sederajat.

“Setiap peserta tinggal mempersiapkan smartphone dan bisa diakses di rumah masing-masing. Nanti ada sesi belajar tatap muka online dengan menggunakan aplikasi video call WhatsApp, aplikasi Zoom dan gooogle meet. Peserta pun akan dikirim video pembelajaran agar bisa ditonton berkali-kali. Hal itu agar peserta lebih mudah dalam memahami materi yang kami berikan,” terangnya.

Sementara materi pembelajaran yang akan diberikan, diantaranya mulai dari fiqih, sirah, tauhid, akhlak dan tahfidz al Qur’an. “Pesanteren kilat online ini sudah dijadwalkan akan dimulai dari tanggal 1 Mei sampai dengan tanggal 20 Mei. Pendaftaran masih dibuka dan setiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp. 50 ribu,” ujarnya.

Bagi yang berminat mengikuti pesantren kilat online yang digelar IRMA Mesjid Agung Ciamis, bisa menghubungi nomor handphone 083826598141.

“Meski tengah dirundung musibah pandemi corona, namun aktivitas ibadah di bulan suci ini harus tetap berjalan. Kami dari IRMA mengajak generasi muda di Ciamis untuk berpartisipasi dalam kegiatan pesantren kilat online ini,” pungkasnya. (Fahmi2/R2/HR-Online)