Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita JabarJabar Bergerak Lepas 9 Truk Muatan Wastafel Portabel ke Sejumlah Pasar Tradisional

Jabar Bergerak Lepas 9 Truk Muatan Wastafel Portabel ke Sejumlah Pasar Tradisional

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 9 truk yang membawa bantuan wastafel portabel berbagai ukuran dilepas ketua umum Jabar Bergerak, Atalia Ridwan Kamil, Senin (13/4/2020).

Bantuan wastafel portabel itu datang dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat untuk memutus penyebaran Covid-19.

Total 135 wastafel portabel bakal disebar ke sejumlah pasar tradisional yang ada di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Kami dari Jabar Bergerak mengirim wastafel portabel yang diangkut oleh 9 truk. Bantuan ini atas kerjasama BI Jabar dan Jabar Bergerak dalam upaya mencegah penularan Covid-19,” ujar Atalia.

Nantinya tempat cuci tangan portabel ini akan diberikan ke pasar-pasar di zona merah, yaitu 5 kabupaten/kota yang pada hari Rabu mendatang bakal memberlakukan PSBB. Daerah tersebut Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Serta 3 kota lainnya, yakni Kota Depok, Kota Bogor, dan Kota Bekasi.

Selain itu, wilayah Bandung Raya juga bakal kebagian wastafel portabel, yakni Kabupaten bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, dan Kota Cimahi.

Daerah-daerah tersebut akan mendapatkan masing-masing 5 wastafel portabel untuk dipasang di pasar-pasar tradisionalnya. Begitupun ke daerah-daerah lainnya, juga akan mendapatkan masing-masing 5 tempat cuci tangan portabel.

“Mudah-mudahan selesai minggu ini,” kata Atalia.

Bukan itu saja, Atalia juga berharap, masyarakat yang mampu secara ekonomi juga ikut ambil bagian untuk membatu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami dari Jabar Bergerak bersama TP PKK Jabar juga sedang berupaya mendorong program ‘Dari Warga untuk Warga’,” ucapnya.

Selama program tersebut berjalan, tercatat sudah 2.700 paket sembako disalurkan bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Di sini kami ingin mendorong warga untuk saling bantu, setiap apapun masalah yang ada di masyarakat, kita harus cari solusinya bersama-sama,” tambah Atalia.

Sebagai ketua TP PKK Jawa Barat, Atalia juga telah mengeluarkan instruksi bagi 27 PKK dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mengadakan dapur umum. Dapur ini bisa ditempatkan di kantor-kantor desa maupun kelurahan.

“PKK berusaha jadi garda terdepan di masyarakat dalam berbagai hal, termasuk dalam kondisi sekarang ini,” katanya.

Wastafel Portabel untuk Jaga Pasar Tradisional Tetap Beroperasi

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, mengatakan, tempat cuci tangan portabel yang diserahkan kepada Jabar Bergerak, nantinya akan ditempatkan di pintu masuk sejumlah pasar tradisional di Jawa Barat.

Herawanto menjelaskan, pasar tradisional dipilih lantaran jadi ujung tombak dalam penyediaan bahan makanan. Termasuk pengendalian harga yang berpengaruh terhadap inflasi. Sehingga agar pasar tetap bisa beroperasi, maka protokol kesehatan harus dijalankan di pasar-pasar.

“Perekomonian di pasar harus tetap berjalan seperti biasa, tapi lantaran wabah Covid-19, maka diberlakukan aturan protokol kesehatan. Cara sederhana dengan memakai masker, namun kami dalam hal ini menyumbang wastafel portabel untuk mendorong agar kegiatan di pasar tetap berjalan,” katanya. (Ndu/R7/HR-Online)