Kamis, Juli 7, 2022
BerandaArtikelJadwal Belajar di TVRI 22 April 2020: Sejarah Budaya Maluku dan Tradisi...

Jadwal Belajar di TVRI 22 April 2020: Sejarah Budaya Maluku dan Tradisi Lenggang Nyai

Belajar dari rumah masih terus berlanjut, apa kamu sudah siap belajar hari ini? Sudah tahu jadwal belajar di TVRI 22 April 2020? Apa saja yang perlu persiapkan dan materi apa yang harus kamu pahami hari ini?

Di tengah pandemic Corona, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memutuskan untuk menggandeng TVRI dan membuat program Belajar dari Rumah yang bisa disaksikan oleh para siswa yang diliburkan.

Baca Juga: Nonton Streaming TVRI Program Belajar dari Rumah, Ini Cara dan Jadwalnya

Siswa mulai tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA bisa belajar sambil menonton TVRI. Karena itu kamu harus tahu dulu jadwal untuk belajar, agar bisa bersiap-siap dengan materinya.

Jadwal Belajar di TVRI 22 April 2020

Program Belajar dari Rumah di TVRI akan dimulai pukul 08.00 WIB. Siswa PAUD dan sederjat akan mulai belajar dalam acara ‘Jalan Sesama’ sampai pukul 08.30 WIB.

Selanjutnya pukul 08.30 sampai pukul 09.00 WIB saatnya siswa SD Kelas 1, 2, 3, dan yang sederajat menggikuti acara Sahabat Pelangi: Puisi Nisa Juara.

Pada pukul 09.00 sampai pukul 09.30 WIB saatnya siswa SD Kelas 4, 5, 6, dan yang sederajat belajar tentang Sejarah dan Budaya Maluku.

Bagi kamu yang masih duduk di kelas 4, 5, dan 6 SD kamu bisa minta orang tua untuk membimbing belajar. Jadi kamu bisa bertanya langsung ke orang tuamu apabila ada pelajaran yang tak bisa dimengerti.

Jadwal belajar di TVRI membahas tentang sejarag Maluku untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 SD. Sedikit sejarah Maluku yang mesti kamu tahu.

Maluku dikenal sebagai salah satu provinsi paling tua di Indonesia. Kawasan pulau-pulaunya membuat Maluku disebut sebagai kawasan seribu pulau. Ibukota provinsi Maluku ada di Ambon.

Konon, kepulauan Maluku dulunya terdiri dari beberapa kerajaan Islam. Bahkan nama Maluku sendiri berasal dari bahasa Arab Al Mulk yang artinya Tanah Raja-raja.

Maluku dikenal karena rempah-rempahnya. Karena itu tak heran banyak pelaut yang datang dari daratan Cina pada abad ke-7. Makanya Maluku dijuluki ‘Kepulauan Rempah’. Barang utama yang diperdagangkan adalah Cengkih dan Pala.

Kekayaan alam Maluku yang berlimpah membuat negara-negara di dunia berebutan, tak heran Maluku jadi incaran bangsa-bangsa Eropa. Mulai dari Portugis sampai akhirnya Belanda pernah menguasai Maluku. Jangan lupakan ini saat kamu berselancar tentang jadwal belajar di TVRI.

Selanjutnya budaya Maluku. Kamu harus tahu mulai bahasa yang digunakan di Maluku, masyarakatnya menggunakan bahasa Melayu.

Selanjutnya pakaian adat Maluku yang disebut baju Cale atau kain salele. Warnanya cerah perpaduan merah dan warna emas atau perak bergaris.

Tarian adat Maluku ada yang disebut tari Lenso, tari Cakalele, tari Saureka-reka atau disebut tari gaba-gaba, tari Bambu Gila yang mengandung unsur mistis, dan tari poco-poco.

Terakhir adalah rumah adat Maluku yang dikenal dengan nama Rumah Baileo. Rumah adat ini merupakan representasi budaya Maluku.

Jadwal Belajar di TVRI untuk SMP

Pada pukul 09.30 sampai pukul 10.00, giliran siswa-siswa SMP dan yang sederajat belajar tentang Tradisi Lenggang Nyai.

Tradisi ini lebih mengarah pada tarian khas Jakarta. Tari kreasi ini memiliki latar belakang sejarah yang unik, yakni berdasarkan sejarah Nyai Dasimah. Dia dikenal sebagai wanita cantik dari Betawi yang menikah dengan pria Belanda.

Sayangnya, Nyai Dasimah merasa terkekang, dia pun berusaha memperjuangkan kebebasannya. Perjuangan Nyai Dasimah inilah yang tercermin dalam Tarian Lenggang Nyai.

Jadwal belajar di TVRI selanjutnya pada pukul 10.00 sampai 10.30 giliran kamu yang duduk di SMA dan sederjat mengikuti pelajaran dalam program TVRI bertajuk ‘Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya’.

Acara kemudian dilanjutkan dengan program Sahabat Keluarga untuk orang tua dan guru. Tema kali ini terkait Nilai-nilai pada anak.

Program acara di TVRI akan diakhiri dengan pemutaran film nasional berjudul Garasi pada pukul 21.30 sampai pukul 23.30 WIB.

Buat kamu yang di rumahnya tidak bisa menangkap siaran TVRI, kamu tetap bisa belajar dari rumah melaui live streaming.

Kamu bisa mengakses laman website TVRI untuk menonton program Belajar dari Rumah. Kamu juga bisa menontonnya lewat website vidio.

Itulah jadwal belajar di TVRI, Rabu (22/4/2020) dan sejumlah materi yang harus kamu siapkan. Sudah siap? Selamat belajar ya. (Ndu/R7/HR-Online)