Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Ramadhan, Pengrajin Kolang Kaling di Cipaku Ciamis Mulai Tingkatkan Stok

Jelang Ramadhan, Pengrajin Kolang Kaling di Cipaku Ciamis Mulai Tingkatkan Stok

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Menjelang bulan Ramadhan, para pengrajin kolang kaling di Blok Alam Murbai/Pasir Pangangonan, Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai meningkatkan stok untuk pemenuhan permintaan pasar.

Rasim, salah seorang pengrajin kolang kaling, mengatakan, setiap menjelang bulan Ramadhan puasa tiba, warga di Blok Pasir Pangangonan menjalani usaha sebagai buruh pengrajin kolang kaling.

“Warga di sini hanya menerima buah aren yang dikirim dari pemodal untuk diproduksinya menjadi kolang kaling. Alhamdulilah, di balik darurat corona warga di sini tetap melakukan kegiatan usaha, meskipun hanya jadi buruh pengrajin kolang kaling,” kata Rasim, kepada HR Online, Sabtu (04/04/2020). 

Tokoh masyarakat setempat, Aris Hadiana, mengatakan, dengan adanya produksi kolang kaling, aktifitas warga dalam kegiatan usaha berjalan seperti hari-hari biasanya.

Menurutnya, adanya social distancing bukan berarti berdiam diri di dalam rumah. Meski demikian, bukan juga berarti warga tidak mengikuti arahan dan anjuran dari pemerintah.

“Akan tetapi karena daerahnya jauh dari pusat keramaian, yakni berada di bukit pasir, maka hal itu pun merupakan penerapan social distancing,” ujar Aris.

Sementara itu, Rohendi, pemodal usaha kolang kaling, menambahkan, walaupun produksi kolang kaling mulai di tingkatkan untuk stok bulan Ramadhan, namun jumlah para pekerja atau pengrajinnya dibatasi, dan tidak ada yang dari dari luar daerah.

Ia juga mengatakan, kolang kaling bisa dijadikan menu takjil saat bulan puasa, sebab memiliki kandungan protein dan vitamin sehingga permintaan pasar meningkat.

“Saya dibantu beberapa pengrajin, dan produksi kolang kaling ini mulai dikebut untuk stok bulan Ramadhan mendatang,” kata Rohendi. (Dji/R3/HR-Online)