Jenis Batuk dan Cara Mengatasinya

Jenis Batuk dan Cara Mengatasinya

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Jenis batuk dan cara mengatasinya. Ada berbagai macam jenis batuk yang sering Anda jumpai sehari-hari.

Apabila menjumpai penderita yang sedang mengalami batuk-batuk, sebaiknya menghindar karena Anda tidak tahu batuk jenis apa yang diderita.

Jenis Batuk

Batuk Asma

Batuk jenis ini biasanya merupakan salah satu gejala dari penderita asma. Penyakit asma merupakan penyakit akibat adanya peradangan pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan batuk akibat sulit bernafas.

Batuk ini muncul apabila penderita asma mulai kambuh. Biasanya pada malam hari atau pada saat penderita mengalami kelelahan.

Untuk mengatasi batuk jenis ini, penderita asma sebaiknya memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan obat dan perawatan yang tepat.

Batuk Karena Asam Lambung

Gangguan refluks pada asam lambung atau dalam bahasa medis disebut GERD merupakan gangguan produksi asam di lambung.

Asam lambung seharusnya hanya ada pada lambung. Akan tetapi pada penderita GERD, asam yang diproduksi pada lambung akan naik sampai ke tenggorokan. Hal ini membuat penderita tidak nyaman dan menyebabkan batuk.

Cara mengatasinya adalah dengan menyembuhkan terlebih dahulu gangguan pada asam lambung.

Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK)

Salah satu batuk yang terjadi karena penyakit paru kronis tidak bisa diremehkan begitu saja.

Penyakit kronis ini terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran pernafasan dan gangguan pada kantung yang ada di dalam paru-paru.

Penderita biasanya akan mengalami batuk berdahak yang berkepanjangan, sesak nafas, mudah lelah, dan rasa nyeri bagian dada.

Penderita paru-paru kronis seperti ini sebaiknya langsung ditangani oleh dokter spesialis paru dan mendapat penanganan yang tepat, sesuai dengan kondisi penderita.

Post Nasal Drip

Batuk semacam ini terjadi karena adanya lendir yang bertumpuk di area hidung dan tenggorokan.

Di dalam area hidung dan tenggorokan, terdapat lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembaban.

Namun apabila lendir tersebut bertumpuk, bisa menyebabkan batuk. Biasanya batuk semacam ini disebabkan karena suhu yang dingin.

Itu sebabnya batuk akan semakin parah pada saat malam hari. Jenis batuk seperti ini sering Anda jumpai di sekitar.

Cara mengatasinya, Anda bisa meminum air putih hangat setiap 30 menit sekali. Air hangat mampu meredakan lendir berlebih yang ada pada mulut dan tenggorokan.

Pneumonia

Pneumonia merupakan suatu penyakit yang disebabkan adanya infeksi virus dan bakteri. Penderita pneumonia juga terkadang merasa sesak nafas dan demam.

Gejala yang ditimbulkan pada penderita pneumonia berupa batuk kering dalam beberapa hari, kemudian berubah menjadi batuk berdahak sampai mengeluarkan lendir.

Jika Anda merupakan penderita pneumonia ringan, tidak perlu mendapat perawatan di rumah sakit.

Cukup dengan mengonsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter dan perbanyak minum air putih serta istirahat yang cukup.

Itulah jenis batuk dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Periksa gejala yang timbul dan segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (Deni/R4/HR-Onine)

Loading...