Jenis Lidah Mertua yang Cocok Buat Hiasan di Rumah

Jenis Lidah mertua
Beragam jenis lidah mertua yang cocok untuk hiasan di rumah. Foto: Net/Ist

Jenis Lidah Mertua memiliki banyak varian yang bisa untuk hiasan di rumah. Jenis tanaman dengan sebutan Sansevieria ini dikenal banyak manfaat untuk menangani masalah udara di sekitar rumah.

Meski Sansevieria memiliki puluhan jenis, namun secara umum tanaman yang bertekstur keras dan ujungnya lancip ini dibagi menjadi 2 bagian, yakni tanaman jenis daun panjang dan daun pendek.

Untuk daun panjang, biasanya daun tanaman ini bisa mencapai ketinggian 50 hingga 75 centimeter. Sedangkan daun pendek bisa mencapai 8 centimeter dan jenis ini yang sangat disukai untuk hiasan di dalam rumah.

Jenis Lidah Mertua untuk di Ruangan

Tanaman Sansevieria sangat dikenal di berbagai negara, bahkan sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk menghiasi ruangan dengan tanaman ini, berikut jenis-jenisnya untuk menjadi pilihan.

Sansevieria Twister

Tanaman jenis yang satu ini sangat cocok untuk dipajang di ruangan. Bentuknya yang spiral dengan list daun warna kuning dan tengahnya berwarna hijau sangat menarik untuk dipajang di rumah Anda.

Bentuknya yang kecil dan pertumbuhannya sangat baik ini, biasanya jenis lidah mertua ini dibanderol dengan harga kisaran hingga Rp 50 ribu.

Sansevieria Moonshine

Untuk jenis yang satu ini sangat berbeda dengan lidah mertua pada umumnya karena semua bagian daunnya berwarna hijau. Ukurannya yang relatif kecil, sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghias ruangan.

Soal harga, jenis yang satu ini hampir mirip dengan Sansevieria twister yang dijual mulai Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Sansevieria Pagoda

Bentuknya yang mirip pagoda, lidah mertua yang satu ini memiliki warna daun bagian pinggir kuning dan tengah hijau tua. Ukurannya yang kecil dan cantik sangat cocok untuk di ruangan.

Biasanya, jenis lidah mertua ini dihargai kisaran di bawah Rp 100 ribu hingga sampai Rp 200 ribu, tergantung dari jenis variannya.

Sansevieria Golden Hahnii

Lidah mertua yang satu ini juga tidak kalah menarik dari lainnya. Bentuknya yang mirip bunga mawar ini warnanya didominasi warna kuning dan tengahnya hijau.

Bentuknya yang mini juga sangat mudah untuk perawatannya. Selain itu, biasanya jenis ini dijual di bawah harga Rp 50 ribu.

Sansevieria Gold Banner

Selanjutnya, jenis lidah mertua yang satu ini dari segi warna didominasi warna kuning, sehingga diberi nama gold banner.

Sama seperti lidah mertuapada umumnya, perawatan yang satu ini juga sangat mudah. Sedangkan harga di pasaran biasanya di bawah Rp 100 ribu.

Sansevieria Gold Flame

Kemudian untuk jenis yang satu ini memiliki keunikan pada bagian daunnya yang tebal, didominasi warna kuning meski tidak seperti jenis gold banner.

Karakter daun gold flame yang tebal menjadikan lidah mertua ini tidak gampang busuk. Sedangkan di pasaran dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

Dari berbagai jenis lidah mertua yang disebutkan di atas merupakan beberapa yang bentuknya mini dari puluhan jenis yang ada. Karena itu, ini sangat cocok untuk menghiasi ruangan Anda. (Muhafid/R6/HR-Online)