Jenis Tanaman untuk Taman Jepang Ciptakan Nuansa Rileks dan Damai

Jenis Tanaman untuk Taman Jepang Ciptakan Nuansa Rileks dan Damai
Jenis tanaman untuk taman Jepang ciptakan nuansa rileks dan damai. Foto:Ist/Net

Jenis tanaman untuk taman Jepang yang tepat bisa menciptakan kesan rileks dan juga damai di lingkungan rumah anda. Oleh sebab itu, anda harus paham bahwa dalam setiap konsep taman pemilihannya tidak boleh sembarangan.

Hal ini dikarenakan konsep taman mempunyai nilai estetika masing-masing. Seperti konsep taman Jepang. Bila hal tersebut diabaikan begitu saja, maka konsep yang anda tentukan pastinya tidak dapat tercipta.

Bukan hanya itu saja, taman yang anda buat bahkan bisa terlihat kusam. Dengan demikian, kesan damai dan juga rileks tidak akan anda peroleh.

Rekomendasi Jenis Tanaman untuk Taman Jepang

Di dalam pembuatan taman Jepang, anda bisa membangun dan mengusung konsep gaya tradisional dari negara Jepang. Jenis tanaman ini memang berbeda dari taman-taman lainnya.

Namun taman ini memiliki sisi keunikan tersendiri yang bisa menghadirkan pemandangan eksotis gaya Jepang. Dari segi tanaman hias yang dipilihnya, penataan konsep dari tata ruang dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menerapkan desain taman gaya Jepang di rumah anda. Taman gaya Jepang merupakan taman yang penuh dengan kesejukan dan ketenangan di sekelilingnya.

Sebab, prinsip taman ini adalah kesederhanaan yang bisa menciptakan rasa rileks dan damai di lingkungan rumah.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tanaman yang cocok untuk melengkapi keindahan taman Jepang yang ada di rumah anda.

Bambu Jepang

Saat ini bambu Jepang sudah mulai banyak diminati oleh pecinta tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Jenis tanaman ini sangat cocok diaplikasikan bila anda memiliki taman gaya Jepang.

Ukuran pohonnya yang kecil dan memiliki warna hijau yang segar membuat pohon bambu ini pas untuk menjadi pagar rumah. Disamping ditanam sebagai tanaman hias dan juga pagar rumah, bambu Jepang juga bisa dijadikan sebagai bonsai yang cantik.

Keunikan bonsai bambu Jepang adalah ukurannya kecil, tapi tetap sama seperti bentuk aslinya. Dengan demikian, bambu jepang menjadi salah satu rekomendasi jenis tanaman untuk taman Jepang yang anda miliki.

Kokedama

Mungkin anda masih asing dengan istilah kokedama. Ini merupakan lumut dengan tanah yang berbentuk bundar. Selain itu, tanaman kokedama ini akan menyatu dengan hijaunya taman indah yang ada di sekelilingnya.

Kokedama ini menjadi wujud dari seni tanaman modern yang bisa memadukan bunga dan dedaunan yang mempunyai ciri khas unik. Pembuatannya mengandalkan tanah lumpur yang dipadatkan dan berbentuk bundar seperti bola.

Selanjutnya tanah tersebut dilapisi tanaman lumut lembut yang berwarna hijau. Kemudian tanah bundar ini digunakan untuk menopang tumbuhan di atasnya,

Jenis tanaman untuk taman Jepang ini bisa dipajang di rak. Bisa juga digantung atau diletakkan taman anda dengan kotak penyimpanan yang cantik. Desain taman Jepang rumah anda pasti akan semakin indah.

Rumput Jepang

Tanaman rumput Jepang ini menjadi salah satu tanaman hias yang bisa anda terapkan di taman gaya Jepang di rumah anda.

Disamping bisa memberikan kesan yang sejuk dan asri, rumput Jepang juga bisa menyerap genangan air yang ada di taman,

Taman yang ada di rumah anda bisa terlihat lebih indah dengan paduan warna rumput hijau yang kontras dengan bunga cerah yang ada di taman.

Rumput ini juga sering disebut dengan rumput jarum. Ujungnya meruncing dan sering digunakan sebagai rumput penghias taman. Jenis rumput ini juga cocok dijadikan sebagai jenis tanaman untuk taman Jepang anda.

Kamboja Jepang

Taman bergaya Jepang biasanya dilengkapi dengan tanaman bonsai. Salah satu jenis tanaman yang bisa anda pilih untuk menghiasi taman Jepang di rumah anda adalah kamboja Jepang.

Tanaman kamboja Jepang ini memiliki perawatan yang mudah. Anda tak perlu sering-sering menyiramnya. Selain itu, daya tarik dari kamboja Jepang sendiri sangat unik.

Bunga ini memiliki berbagai macam warna yang bisa anda pilih. Seperti warna merah muda, merah terang, dan warna lainnya. Kecantikan tanaman ini bukan hanya bisa dilihat dari bunganya saja.

Jenis tanaman untuk taman Jepang yang satu ini mempunyai bentuk akar yang menonjol dan sangat menarik. Sehingga kamboja Jepang sangat cocok dibuat menjadi bonsai untuk memperindah taman anda. (R10/HR Online)