Jenis Tanaman untuk Taman Kering serta Tips Pemilihannya

Jenis Tanaman Untuk Taman Kering
Jenis Tanaman Untuk Taman Kering. Foto: Istimewa

Jenis tanaman untuk taman kering cukup beragam yang dapat anda terapkan di rumah anda. Saat ini desain taman kering banyak terdapat pada rumah dengan gaya minimalis.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan rumah yang nyaman, simpel dan elegan. Taman kering sangat sesuai diterapkan pada rumah dengan lahan yang tidak begitu luas.

Banyak jenis tanaman yang dapat anda terapkan pada taman tersebut. Sehingga dapat menciptakan sebuah taman yang terkesan elegan sesuai dengan yang anda diinginkan.

Jenis Tanaman untuk Taman Kering serta Tips Pemilihannya

Taman kering dapat dimanfaatkan sebagai elemen yang menghadirkan nuansa alam dari berbagai jenis tanaman serta batuan koral di dalam rumah anda.

Baca juga: Taman Rumah dengan Bonsai Cantik dan Indah Nan Unik

Jenis taman ini memiliki sifat yang minimalis, bersih dan praktis yang sering dikaitkan dengan rock garden. Akan tetapi, bukan berarti isinya hanya dalam bentuk bebatuan saja. Anda dapat menerapkan beragam jenis tanaman yang sesuai untuk taman kering.

Tips Memilih Tanaman Untuk Taman Kering

Tanaman hidup memiliki peran penting dalam memperindah suatu taman. Akan tetapi, dikarenakan taman kering berbeda dengan jenis taman basah, maka anda perlu memperhatikan secara jeli dalam pemilihan tanaman untuk taman kering.

Di bawah ini tips memilih jenis tanaman yang dapat anda terapkan di dalam rumah anda. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai.

Hindari Tanaman Besar

Taman kering pada umumnya diterapkan pada rumah minimalis atau rumah dengan lahan yang terbatas. Oleh karena itu, dalam menentukan tanaman,hendaknya anda menghindari tanaman dengan ukuran yang besar untuk mempermudah penyesuaian lahan yang dimiliki.

Pilih Tanaman Evergreen

Tanaman evergreen merupakan jenis tanaman yang tahan terhadap cuaca setempat serta dapat menyimpan air di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, tanaman evergreen cukup disiram sekali sehingga tidak membuat taman anda selalu basah.

Pilih Tanaman yang Minim Perawatan

Dalam hal ini, anda dapat memilih jenis tanaman yang pertumbuhannya lambat sehingga tidak diperlukan adanya pemangkasan rutin.

Sesuaikan Karakter Tanaman dengan Area Taman

Sebelum memilih jenis tanamannya, hendaknya anda menentukan terlebih dahulu lokasi area taman anda.

Selanjutnya anda dapat menentukan jenis tanaman yang dapat anda sesuaikan dengan area taman anda tersebut.

Terdapat tanaman yang sesuai dengan tempat teduh. Selain itu, ada juga jenis tanaman yang dapat tumbuh subur dengan sinar matahari penuh.

Pilih Tanaman yang Mudah Dibentuk

Susunan desain taman yang dapat dibentuk sesuai dengan keinginan merupakan salah satu ciri khas dari adanya taman kering.

Dengan memilih jenis tanaman untuk taman kering yang mudah dibentuk bertujuan agar pembentukan taman lebih fleksibel.

Jenis Tanaman Dalam Taman Kering

Di bawah ini beberapa tanaman untuk taman kering yang dapat anda terapkan di dalam rumah anda:

1. Tanaman Alocasia (Bira)

Tanaman ini merupakan jenis tanaman keras Rhizomataus atau Tuberous dengan daun berbentuk lebar yang berasal dari keluarga Araceae.

Tanaman ini merupakan tanaman yang cukup populer yang dapat mengimbangi tanaman populer lain, seperti aglaonema, anggrek, anthurium, kaktus dan yang lainnya.

2. Tanaman Kaktus

Jenis tanaman untuk taman kering lainnya adalah kaktus. Kaktus dapat tumbuh dalam waktu yang lama tanpa adanya air. Tanaman kaktus sering ditemukan pada tempat-tempat yang kering.

3. Tanaman Anthurium

Tanaman ini adalah salah satu tanaman dari keluarga Araceae. Memiliki bentuk daun yang sangat menawan dengan variasi yang banyak.

Tanaman ini juga masih berkerabat dengan tanaman hias yang populer lain, seperti keladi hias, alokasia, aglaonema, serta philodendron.

Baca juga: Desain Taman Dalam Rumah yang Menyejukkan Ruangan

Daya tarik dari jenis tanaman ini adalah memiliki daun yang unik, cantik, serta bervariasi. Warna daun hijau tua dengan tulang serta urat daun yang besar dan tampak sehingga menampilkan tanaman ini terlihat kekar.

4. Tanaman Sukulen

Sukulen merupakan jenis tanaman yang memiliki komponen yang lebih tebal dan berdaging. Hal ini bermanfaat untuk menyimpan air pada iklim kering atau keadaan tanah. Berasal dari kata latin Sucus yang berarti getah atau jus.

Masih banyak lagi jenis tanaman untuk taman kering yang dapat anda jadikan pilihan pada taman kering rumah anda. Ukuran lahan yang sempit tidak menghalangi anda untuk berkreatif menciptakan sebuah taman kering yang cantik di rumah minimalis anda. (R10/HR-Online)