Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BisnisMemulai Bisnis Jual Beli Rumah Tanpa Modal yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Jual Beli Rumah Tanpa Modal yang Menguntungkan

Bisnis jual beli rumah belakangan semakin marak saja. Yang menarik, bukan hanya kalangan broker saja yang menjalani usaha jual beli properti ini namun juga tak sedikit ibu rumah tangga yang ikut bermain.

Menjalankan bisnis properti jenis ini termasuk sangat potensial. Hal ini karena begitu tingginya kebutuhan masyarakat untuk memiliki rumah. Bisnis berjualan rumah juga termasuk abadi karena sampai kapan pun orang akan selalu membutuhkan hunian.

Baca juga: Desain Kontemporer Properti Rumah untuk Meningkatkan Nilai Jual

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa menjalankan usaha jual beli rumah termasuk bisnis risiko tinggi. Bahkan tak sedikit yang menilai perlunya modal besar agar bisa menjalankan bisnis properti ini.

Semua anggapan tersebut memang tidak salah namun juga tidak sepenuhnya tepat. Sebab Anda tak perlu memiliki badan hukum atau menjadi developer atau pengembang untuk menjalankan bisnis semacam ini.

Saat ini ada banyak perusahaan pemasaran properti yang bergerak khusus dalam marketing properti. Mereka bukanlah developer yang membangun rumah namun fokus pada bisnis jual beli rumah atau properti lainnya.

Anda bisa menjadi agen dengan mendaftarkan sebagai member perusahaan realti semacam itu. Selain itu Anda juga bisa menjadi tenaga pemasar freelance yang berusaha sendiri tanpa berafiliasi dengan perusahaan yang ada.

Membangun Jaringan Bisnis Jual Beli Rumah

Memiliki sebuah usaha yang menguntungkan tentunya membutuhkan perjuangan, termasuk dalam bisnis properti. Nah, berikut ini beberapa hal penting untuk meraih sukses dalam bisnis jual beli rumah

1. Menjalin Relasi

Bisnis properti tak harus bermodal besar. Anda juga tidak perlu membeli properti untuk menjalankan bisnis ini. Sebagai alternatifnya, Anda bisa membangun relasi dan menawarkan kerja sama dengan pemilik rumah yang akan menjual rumahnya.

Baca juga: Inilah Tips Investasi Properti untuk Hasil Menguntungkan

Dengan memulai peran sebagai makelar Anda bisa membangun bisnis jual beli rumah dan properti ini. Apalagi banyak orang yang ingin menjual atau menyewakan rumah namun kesulitan atau tidak tahu cara mengurusnya.

2. Awali dari Lingkungan Anda

Anda tidak perlu mencari properti yang lokasinya jauh untuk menjalankan bisnis properti ini. Anda bahkan bisa memulainya dari lingkungan terdekat, seperti tetangga, saudara, atau kenalan lain.

Mencari properti yang berada di sekitar tentunya akan lebih mudah dalam membangun kepercayaan. Tanpa perlu modal besar Anda bisa menjalin perjanjian yang saling menguntungkan, baik yang ingin menjual rumah ataupun yang ingin membelinya.

3. Menjaring Iklan

Ada banyak media jual beli rumah yang bisa dimanfaatkan untuk mencari properti yang ingin dijual atau dibutuhkan. Selain koran lokal, media sosial juga merupakan sarana yang efektif untuk mendapatkan produk properti.

Di Facebook ada banyak grup-grup termasuk grup properti yang menawarkan rumah atau properti. Tinggal hubungi saja pemilik atau orang yang membutuhkan rumah di iklan tersebut. Anda juga bisa menego nilai komisi yang Anda inginkan.

4. Lakukan Promosi Secara Efisien

Setelah Anda mendapatkan data rumah atau properti lain yang dipasarkan, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi yang efektif dan efisien. Media promosi yang bisa dimanfaatkan dengan biaya murah adalah iklan baris di koran lokal.

Baca juga: Alasan Memilih Investasi Properti, Jaminan Keuntungan yang Menjanjikan

Anda juga bisa memanfaatkan grup-grup di Facebook untuk memasarkan bisnis anda ini. Di FB Anda tak perlu memasang iklan jika penjualan melalui grup FB yang gratis saja sudah menggembirakan.

Selain itu Anda juga bisa menerapkan teknik promosi melalui email terhadap calon buyer potensial. Meskipun cara ini umumnya kurang efektif, namun langkah ini bisa dicoba jika beberapa cara sebelumnya kurang efektif.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menjalankan bisnis properti tanpa modal. Dengan sedikit kreativitas Anda bisa meraup untung tidak kecil dari usaha jual beli rumah ini. (R9/HR Online)