Kampung Waspada Corona Dibentuk di Pangandaran

Kampung Waspada Corona Dibentuk di Pangandaran
Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, membentuk kampung waspada corona, Kamis (2/4/2020). Foto:Entang/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, membentuk kampung waspada corona, Kamis (2/4/2020).

Kepala Puskesmas Padaherang Suryati mengatakan, kampung waspada Corona ini merupakan inovasi terbaru dari Puskesmas Padaherang yang diterapkan di Desa Maruyungsari.

“Alhamdulillah, inovasi ini ternyata direspon positif oleh seluruh warga, terbukti di depan-depan rumah warga saat ini disediakan tempat cuci tangan berikut sabun dan lapnya,” ujar Suryati.

Kata dia, sebelum menerapkan inovasi tersebut, pihak Puskesmas bersama bidan desa memberikan edukasi kepada warga, bagaimana caranya mencuci tangan yang baik dan benar.

Selain edukasi cuci tangan, pihaknya juga menyampaikan apa itu virus corona dan bahayanya. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan tak ada salahnya warga berjaga-jaga dengan melalukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Selain menyiapkan tempat cuci tangan, kami juga berhadap warga bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumahnya masing-masing,” katanya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Ade Ruminah (Golkar), Cecep Nurhidayat (Perindo) dan Dyah Restu (Gerindra) meninjau langsung keberadaan kampung waspada Corona di Desa Maruyungsari.

Ade Ruminah mengapresiasi upaya masyarakat Desa Maruyungsari yang saat ini membantu kampung waspada corona.

“Ini luar biasa ya, antusias warga dalam pencegahan covid-19 ini sangat tinggi dan perlu dilakukan di desa lainnya di seluruh kabupaten Pangandaran. Pola hidup bersih dan sehat itu sangat penting guna mencegah virus corona,” katanya.

Pihaknya pun akan menginformasikan keberadaan kampung waspada corona ini ke Desa lain di Kabupaten Pangandaran, agar bisa ditiru dan diterapkan. (Entang/R8/HR Online)

Loading...